Pencarian populer

Membandingkan Justin Bieber dan The Weeknd, Siapa Lebih Unggul?

Justin Bieber dan The Weeknd (Foto: AFP/Valerie Macon & AFP/Angela Weiss)

Kehidupan asmara Justin Bieber memang selalu menjadi sorotan publik. Apalagi saat pelantun lagu 'Sorry' itu menjalin kasih dengan Selena Gomez, yang membuat para penggemar mereka memberi julukan 'Jelena' alias Justin dan Selena.

Namun setelah menjalin hubungan selama hampir 3 tahun, Bieber dan Selena memilih untuk mengakhiri hubungan mereka. Dan putus dari Bieber, pelantun lagu 'Wolves' itu langsung dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan musisi The Weeknd.

Justin Bieber, Selena Gomez, The Weeknd (Foto: Instagram)

Hal inilah yang membuat kerap mereka dibandingkan satu sama lain. Keduanya sosok yang sukses membuat heboh netizen, bukan hanya persoalan asmara, tapi juga karya dan prestasi mereka selama ini di industri musik Internasional.

Lalu apa saja keunggulan mereka masing-masing? Berikut rangkuman kumparan (kumparan.com).

1. Penghasilan

Justin Bieber (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)

Dilansir dari Forbes, pendapatan yang dicapai oleh Bieber pada 2017 sebanyak USD 83,5 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun. Musisi asal Kanada itu berhasil mengumpulkan penghasilan terbesar dalam perjalanan kariernya.

Sumber penghasilannya ini berasal dari seluruh rangkaian show-nya yang berjumlah 105 show, kerjasama dengan rumah mode asal Amerika Serikat, Calvin Klein, dan melucurkan aplikasi emoji miliknya sendiri yang diberi nama JustMoji.

Sementara itu, The Weeknd, berhasil meraup penghasilan pada 2017 sebesar USD 92 juta atau setara dengan 1,2 triliun. Musisi yang juga berasal dari Kanada itu sukses setelah lagunya tercatat menghasilkan 5,5 miliar streaming.

Selain itu, ia juga menghasilkan USD 1,1 juta atau Rp 14 miliar dari setiap rangkaian tur yang bertajuk ‘Starboy: Legend of the Fall World Tour’.

“Musisi tidak akan menghasilkan uang dari musik seperti yang kami lakukan di zaman sekarang. Itu semua tidak akan terjadi, sebelum kamu bisa mengguncang panggung musik,” ujar The Weeknd.

2. Album

The Weeknd (Foto: Flickr)

Sepanjang kariernya, Bieber telah menelurkan empat buah album, yang pertama adalah ‘My World 2.0’ (2010) berhasil terjual sebanyak 7 juta album di seluruh dunia, ‘Under the Mistletoe’ (2011) terjual sebanyak 2,2 juta album di seluruh dunia, ‘Believe’ (2012) terjual sebanyak 3,6 juta album di seluruh dunia, dan album ‘Purpose’ terjual sebanyak 6,3 juta album di seluruh dunia.

Total keseluruhan album Bieber yang berhasil terjual adalah sebanyak 19,1 juta album di seluruh dunia. Untuk album yang paling laris miliknya adalah album pertama yang bertajuk ‘My World 2.0’ (2010), sedangkan album dengan penjualan terendahnya yaitu album keduanya ‘Under the Mistletoe’ (2011).

The Weeknd hingga saat ini baru menelurkan tiga buah album, yang pertama yaitu ‘Kiss Land’ (2013) berhasil terjual sebanyak 237 ribu album di Amerika Serikat, ‘Beauty Behind the Madness’ (2015) berhasil terjual sebanyak 3,6 juta album di seluruh dunia, dan ‘Starboy’ (2016) berhasil terjual sebanyak 5 juta album di seluruh dunia.

Albumnya yang paling laris adalah album ‘Starboy’ (2016) dan album yang paling rendah penjualannya yaitu album pertamanya ‘Kiss Land’ (2013). Total penjualan album milik The Weeknd berhasil meraup sebanyak 8,8 juta album.

3. Penghargaan

Justin Bieber (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)

Dilansir dari Aceshowbiz, pelantun 'Baby' ini diketahui sudah banyak masuk dalam sebuah ajang penghargaan yang membuatnya sukses memenangkan 217 penghargaan. Bieber juga tercatat masuk sebagai nominasi sebanyak 397 kali.

Dari sepuluh kali masuk dalam nominasi ajang penghargaan Grammy Awards, Bieber hanya mampu memenangkan satu piala pada 2016, sebagai ‘Best Dance Recording’ untuk single ‘Where Are U Now’.

Berbeda dengan Bieber yang telah memenangkan ratusan ajang penghargaan, The Weeknd baru berhasil mengumpulkan 67 penghargaan yang berhasil ia menangkan dan 181 kali hanya masuk sebagai nominasi.

Walau tak memenangkan penghargaan sebanyak Bieber, dari delapan kali masuk dalam nominasi ajang penghargaan Grammy Awards, ia berhasil memenangkan dua piala pada 2016, untuk kategori ‘Best Urban Contemporary Album’ untuk ‘Beauty Behind the Madness’ dan ‘Best R&B Performance’ untuk ‘Earned It (Fifty Shades of Grey)’.

4. Media Sosial

Penampilan unik The Weeknd di Grammy Awards. (Foto: Lucy Nicholson/Reuters)

Akun media sosial selebriti biasanya digunakan untuk berbagi kegiatan yang dilakukan dan menjalin hubungan dengan penggemar. Semakin banyak jumlah pengikut, biasanya semakin tinggi popularitasnya. Untuk akun sosial media milik Bieber termasuk yang banyak diikuti oleh penggemarnya.

Facebook official Justin Bieber disukai oleh 78 juta orang. Sedangkan akun Twitter-nya @justinbieber diikuti oleh 105 juta orang, 317 ribu orang yang diikuti, dan lebih dari 30 ribu cuitan. Akun Instagram pribadinya yang bernama @justinbieber memilliki 96,2 juta pengikut, 76 orang yang diikuti, dan 4285 unggahan foto dan video.

Instagram The Weeknd dan Justin Bieber (Foto: Instagram @theweeknd & @justinbieber)

Sedangkan akun media sosial The Weeknd, akun Facebooknya itu diikuti oleh 7,3 juta orang. Akun Twitter pribadinya @theweekend diikuti oleh 8,43 juta dan 2844 cuitan. Akun Instagram-nya @theweeknd memiliki 16,4 juta pengikut, 642 orang yang diikuti, dan 13 unggahan foto dan video.

Jika dilihat secara keseluruhan, Justin Bieber memang lebih unggul dibanding The Weeknd. Walaupun untuk penghasilan di tahun 2017, dimenangkan oleh The Weeknd, namun dalam hitungan penjualan album, Bieber jauh lebih unggul. Dan untuk penghargaan, meski penyanyi berusia 23 tahun itu berhasil memenangkan ratusan penghargaan, tapi The Weekend berhasil membawa pulang dua piala Grammy, sedangkan Bieber hanya satu.

Selain itu Bieber jauh lebih eksis di media sosisl ketimbang The Weeknd.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.34