Pencarian populer

Membandingkan Kesuksesan 'Jumanji' 1995 dan 2017

Jumanji dan Jumanji: Welcome to the Jungle. (Foto: Instagram/@mikeyw426 dan dok. IMDb)

'Jumanji' menjadi salah satu film Hollywood yang berhasil perhatian di era 90-an. Film garapan Joe Johnston itu diangkat dari sebuah novel fiksi karya Chris Van Allsburg.

Film yang ditulis oleh Van Allsburg, Greg Taylor, Jonathan Hensleigh, dan Jim Strain itu dibintangi oleh aktris dan aktor ternama, seperti mendiang Robbin Williams, Kristen Dunst, David Alan Grier, Bonnie Hunt, Jonathan Hyde, dan Bebe Neuwirth.

Jumanji 1995. (Foto: Youtube/Film YouTube)

Film yang dirilis pada 15 Desember 1995 itu bercerita tentang seorang anak bernama Alan Parrish yang terjebak dalam papan permainan Jumanji ketika sedang memainkan bersama sahabatnya, Sarah Whittle pada 1969. Setelah 20 tahun, kakak beradik Judy dan Peter Shepherd menemukan papan permainan tersebut.

Tak disangka, mereka malah kehadiran sosok Alan yang terperangkap dalam permainan itu sebelumnya. Alan muncul sebagai orang yang sudah dewasa. Setelah menimbulkan kekacauan yang disebabkan ketika bermain papan Jumanji, mereka berencana menyelesaikan permainannya agar semua bisa kembali seperti normal.

Berdasarkan ulasan dari situs yang menyediakan informasi tentang film dari seluruh dunia, Rotten Tomatoes, film 'Jumanji' berhasil mendapat rating 50 persen dengan nilai 5,6/10. Angka ini hasil ulasan dari 34 orang. Dari situs lainnya, CinemaScore memberikan nilai A- dari skala A+ sampai F terhadap film tersebut.

Film distribusi TriStar Pictures itu berhasil menjadi salah satu dari sepuluh film terlaris pada 1995. Biaya produksi yang diperlukan untuk membuat film berdurasi 104 menit itu sebesar USD 65 juta atau setara dengan Rp 868 miliar. 'Jumanji' berhasil meraup keuntungan dari hasil penayangan diseluruh dunia sebesar USD 263 juta atau Rp 3,5 triliun.

Film Jumanji (Foto: Instagram @jumanjimovie)

Kemudian, film 'Jumanji' kembali dirilis pada era milenial. Film bergenre komedi itu tayang di bioskop pada 20 Desember 2017 dengan judul ‘Jumanji: Welcome to the Jungle’.

Film distributor Sony Pictures Entertainment itu dibintangi oleh aktor dan aktris yang tak kalah hebat dengan film yang pertama. Mereka adalah Dwayne Johnson, Jack Black, Kevin Hart, Karen Gillan, Nick Jonas, dan Bobby Cannavale.

Tak lagi menemukan sebuah papan permainan seperti film sebelumnya, film keduanya dikemas lebih kekinian. Film 'Jumanji: Welcome to the Jungle’ bercerita tentang empat murid SMA yang menemukan sebuah konsol video game yang sudah usang di sebuah gudang. Ketika memainkan permainan tersebut, mereka langsung ditarik ke dalam hutan yang berada di dalam permainan dan berubah menjadi avatar yang telah dipilih sebelumnya.

Jumanji: Welcome to the Jungle. (Foto: Youtube/Sony Pictures Entertainment)

Ketika berada di dalam hutan, mereka harus menghadapi tantangan dan rintangan yang berbahaya. Hal lain yang berbeda adalah setiap orang yang ada dalam permainan pasti memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri yang dimiliki oleh masing-masing karakter. Kekuatan mereka itu digunakan untuk melawan dan mengalahkan para musuh.

Film 'Jumanji: Welcome to the Jungle’ berhasil merebut hati penonton. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film karya Jake Kasdan itu mendapat rating 76 persen dengan nilai 6,1/10 berdasarkan hasil ulasan dari 175 orang. Masih sama dengan film yang pertama, CinemaScore memberi niai nilai ‘A-‘ dari skala A+ sampai F.

Film 'Jumanji: Welcome to the Jungle’ mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding film pertamanya, yaitu sebesar USD 110 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Film itu meraup keuntungan USD 676 juta atau Rp 9 triliun dari penayangan di seluruh dunia.

Loading Instagram...

Di Indonesia, film berdurasi 119 menit itu menjadi salah satu film terlaris dalam waktu dua minggu penayangan. Hal itu membuat salah satu pemeran film 'Jumanji: Welcome to the Jungle', Dwayne ‘The Rock’ Johnson menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Indonesia.

"Aku salut kepada Indonesia. Terima kasih para pecinta 'Jumanji', kami nomor satu di Indonesia," kata Johnson dalam video yang diunggah di akun Instagram miliknya @therock.

"Yang keren mengenai Indonesia. Pada akhir pekan kedua, kami telah menjadi film terbesar Sonny yang pernah ada. Biar saya katakan lagi, yang pernah ada," lanjutnya.

Dua film ‘Jumanji’ ini sama-sama berhasil meraih kesuksesan. Namun, film ‘Jumanji: Welcome to the Jungle’ mendapat keunggulan lebih dari segi nilai dan keuntungan yang diraih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: