• 0

Menyandingkan ‘Si Doel’ dan ‘Wiro Sableng’, Sinetron yang Difilmkan

Menyandingkan ‘Si Doel’ dan ‘Wiro Sableng’, Sinetron yang Difilmkan


Si Doel the Movie dan Wiro Sableng.

Si Doel the Movie dan Wiro Sableng. (Foto: Instagram/@wirosablengofficial dan @sidoelthemovie_)
Sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ dan ‘Wiro Sableng’ mungkin sudah tidak asing lagi bagi generasi yang besar di era 90-an. Keduanya sepertinya menjadi tontonan wajib masyarakat kala itu, karena ceritanya yang menarik.
‘Si Doel Anak Sekolahan’ pertama kali tayang di televisi pada tahun 1994. Sinetron yang dibintangi oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedy, Cornelia Agatha, Mandra, Aminah Cendrakasih, dan mendiang Benyamin itu, menceritakan mengenai kehidupan Doel dan keluarganya.
Doel yang merupakan anak pertama keluarga Sabeni diminta oleh sang ayah untuk menjadi seorang insinyur, yang kala itu dianggap begitu prestise oleh setiap orang tua. Sabeni yang merupakan sopir oplet rela bekerja keras untuk memenuhi keinginannya tersebut.
Sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ sarat akan budaya. Ya, budaya betawi begitu kental di sinetron itu.
Sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ juga tetap mempertahanakan nilai-nilai tradisional. Padahal saat itu arus modernisasi sudah mulai masuk ke Jakarta.
Kesuksesan sinetron yang jumlah episodenya mencapai 162 ini terlihat dari beberapa penghargaan yang berhasil diraih. Salah satunya adalah Sinetron Drama Terpuji pada Festival Film Bandung.

Si Doel Anak Sekolahan

Si Doel Anak Sekolahan (Foto: Istimewa)
Kini ‘Si Doel Anak Sekolahan’ telah diangkat menjadi film layar lebar dengan judul ‘Si Doel The Movie’. Film tersebut telah tayang di bioskop sejak 2 Agustus lalu.
Rano mengatakan rencana pembuatan film 'Si Doel The Movie' sudah muncul sejak dua tahun lalu. Kala itu, ia bertemu dengan Maudy dan Cornelia. Dukungan diberikan keduanya kepada Rano.
“Itu membuat saya surprise. Sejak saat itu baru saya menulis (naskah)," kata Rano.
Kesuksesan diraih oleh film ’Si Doel The Movie’. Film tersebut mendapatkan dua penghargan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Pemeran 'Si Doel The Movie'

Pemeran 'Si Doel The Movie' (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Pemberian penghargaan tersebut langsung diberikan oleh ketua MURI, Jaya Suprana, kepada para pemain Si Doel. Dua rekor yang dipecahkan oleh film bertema Betawi tersebut ialah Film Pertama Indonesia yang Tayang Perdana di Belanda, dan Film dengan Gala Premiere Dua Hari Berturut-turut.
Setelah tayang di bioskop sejak 2 Agustus lalu, hingga kini jumlah penonton film ‘Si Doel The Movie’ sudah mencapai 1 juta lebih. Ke depannya, Rano akan berupaya untuk melestarikan ’Si Doel’ sebagai salah satu aset budaya Betawi.
“Kalau dibilang kekayaan kami, ya tinggal ‘Si Doel’. Ini yang ingin kami berikan ke anak cucu. Kalau ‘Si Doel’ berkelanjutan, mereka yang mewakili saya,” ucap Rano.
Selain ‘Si Doel’, ‘Wiro Sableng’ juga diangkat ke layar lebar. Kisah Wiro Sableng diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Bastian Tito.
Wiro yang terlahir dengan nama Wira Saksana dari sejak kecil dilatih oleh gurunya bernama Sinto Gendeng. Wiro merupakan pendekat yang terkenal dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah ‘212’ di dadanya.

Wiro Sableng

Wiro Sableng (Foto: Youtube/Arfan Dewa)
Di serial sosok Wiro Sableng diperankan oleh Herning Sukendro alias Ken Ken. Ia mendapatkan peran tersebut setelah pada 1995 berkenalan dengan Herry Topan, pencari bakat dalam dunia sinetron.
"Herry Topan mempercayakan saya untuk memerankan tokoh Wiro Sableng yang ditayangkan di RCTI, saat itu animo masyarakat terhadap sinetron tersebut diterima dengan baik," kata Ken Ken kepada kumparan.

Wiro Sableng

Suasana adegan film 'Wiro Sableng'. (Foto: Dok. Lifelike Pictures)
Untuk film layar lebarnya, Vino G. Bastian dipercaya untuk menjadi sosok Wiro Sableng. Pada awalnya, ia enggan untuk menjadi pemeran utama dan memilih aktif di belakang layar saja.
Tapi, pria berusia 36 tahun itu akhirnya menerima tawaran bermain di film ‘Wiro Sableng’ karena menerima motivasi dan dukungan dari orang di sekitarnya. “Ini adalah tanggung jawab terbesar saya untuk film Indonesia," kata Vino.
Sheila Timothy, selaku produser, memutuskan mengangkat ‘Wiro Sableng’ ke layar lebar karena cerita yang kuat dan menarik. “Saya sebagai produser akan bodoh jika tidak memproduseri film ‘Wiro Sableng’,” ucapnya.
Selain Vino, film ‘Wiro Sableng’ dibintangi oleh Sherina Munaf, Yayan Ruhian, dan Cecep Arief Rahman. Film ‘Wiro Sableng’ tayang di bioskop pada 30 Agustus mendatang.

HiburanFilm Si DoelWiro Sableng 212Versus Celeb

presentation
500

Baca Lainnya