Pencarian populer

Meski Sakit Keras, Puasa Aminah Cendrakasih Belum Pernah Bolong

Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

Aminah Cendrakasih saat ini memang hanya bisa terbaring di atas ranjangnya. Penyakit stroke mata akibat glukoma yang telah dideritanya selama beberapa tahun terakhir, membuat Aminah tak bisa lagi bergerak bebas seperti dahulu kala.

Meski demikian, kondisi tersebut tak menggangu aktivitasnya, apalagi beribadah. Di momen Ramadan kali ini, Aminah masih menjalani ibadah puasa seperti orang-orang pada umumnya.

“Jalaninya gini saja. Yang penting puasa. Waktu salat, salat. Salat sama puasa jangan sampai ditinggal,” ucap Aminah ketika ditemui di kediamannya di kawasan Pinang, Tangerang, Selasa (28/5).

Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

Wanita berusia 81 tahun ini mengaku bahwa puasanya hingga saat ini masih berjalan lancar. Ia mengatakan bahwa sejak awal puasa hingga kini dirinya belum pernah batal sekali pun.

“Belum. Insyaallah. Niatnya sih kalau sampai Lebaran, itu mau puasa lagi enam hari,” tutur Aminah.

Menurut Aminah, selama bulan puasa dirinya hanya berusaha untuk terus berzikir. Biasanya, ia melakukan zikir di malam hari, ketika matanya sulit terpejam.

“Kalau malam enggak bisa tidur ya zikir ini tangan sampai pegal, kan kalau malam enggak bisa tidur,” tutur Aminah Cendrakasih.

Pemain Si Doel mengunjungi Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan

“Kita zikir terus, kita tahu lah pasti pulang, siap-siap lah pokoknya dikasih kesempatan nih di tempat tidur enggak kemana-mana, ngelayap ya enggak, 5 tahun cukup lama dong sepanjang waktu,” tambahnya.

Pemain sinetron 'Di Atas Sajadah Cinta' ini kemudian menjelaskan bahwa kondisi kesehatannya kini dalam keadaan yang baik. Jika ditanyakan soal penyakitnya, Aminah hanya mengaku tengah menjalani penyakit tua saja.

“Kalau dibilang sehat, ya sehat. Tapi kan kalau sudah tua ada saja. Enggak bisa melihat. Enggak bisa bangun, duduk enggak kuat. Semua di tempat tidur, makan dan apa,” tukasnya.

Aminah Cendrakasih menjalani proses syuting. Foto: Giovanni/kumparan

Saat perayaan Lebaran nanti tiba, Aminah Cendrakasih mengaku tidak mendapatkan pantangan apapun soal menu makanan. Padahal, sebagian besar menu makanan khas Lebaran biasanya dihindari oleh orang-orang yang menderita penyakit seperti kolestrol, diabetes, dan lain-lain.

“Enggak ada (pantangan), aku makan duren, makan daging kambing, aku enggak punya darah tinggi, enggak punya apa. Sementara kita cuma jaga saja makan ini dikit gitu, tahu kalau ini enggak boleh (makan) banyak,” pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61