Pencarian populer

Motoran Artis Selama Ramadhan, Buka Kelas Ngaji Juga Sahur on the Road

Omesh Foto: Munady/kumparan

Bulan Ramadhan bukan berarti memberi batasan bagi orang-orang untuk melakukan aktivitas. Termasuk menjalankan hobi berkendara dengan motor.

Alfie Alfandy dan Ananda Omesh adalah dua orang selebriti yang tetap menjalankan kegemarannya berkendara dengan sepeda motor di bulan Ramadhan kali ini.

Bahkan, bersama komunitasnya masing-masing, mereka juga sudah merencakan berbagai kegiatan yang bisa memberi dampak positif bagi masyarakat.

Aktor Alfie Alfandy misalnya. Bersama komunitas 'Bikers Dakwah', ia menambah kegiatan rutin. Selain Subuh Morning Ride dan Kopi Darat, juga membuka kelas membaca Al-Quran.

Alfie ingin membantu orang-orang yang belum bisa membaca Al-Quran untuk belajar bersama-sama. Tidak sekadar bisa membaca dengan baik, seperti tajwid dan pelafalan, tapi juga sekaligus mengambil makna dari setiap ayat yang dibaca.

“Kalau kita bikinnya dari nol, hukum ikhfa, iqlab, idgham itu apa, dijelaskan dari awal sampai paham,”ujar Alfie kepada kumparan saat ditemui di kawasan Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Loading Instagram...

Di kegiatan ini, Alfie mengajak rekan-rekannya, alumni dari pondok pesantren Darul Musthafa di Hadramut, Yaman dan beberapa ustaz lainnya. Pada 2017 lalu, Alfie memang sempat menimba ilmu di pondok pesantren tersebut.

Di bulan Ramadhan ini, secara khusus ia ingin mengajak siapapun untuk tidak malu memulai belajar membaca Al-Quran.

“Bulan Ramadhan ini kita khususkan ‘ayo yang mau belajar Quran jangan malu, daftar, namanya tulis, dia mau belajar dari awal atau enggak’,” ujar Alfie.

Kelas Quran tersebut dibuka untuk umum dan hanya diadakan setiap Senin, Selasa, dan Rabu. Meski begitu, mereka telah mendapat cukup banyak peminat.

“Seminggu tiga hari, biar enggak bosan orang. Alhamdulillah antusias orang umum sangat banyak,” imbuh Alfie.

Dan rencananya, program ini tidak hanya berhenti di bulan Ramadhan, tapi juga di masa-masa selanjutnya.

Loading Instagram...

Tak hanya Alfie, Ananda Omesh juga memiliki hobi motoran. Salah satunya bersama komunitas “Motorbaik Indonesia” yang ia gagas.

Dan di bulan Ramadhan ini, Omesh bersama komunitasnya juga menambah beberapa aktivitas. Yang paling jelas, Omesh tidak riding di pagi atau siang hari. Tetapi dipindah ke malam hari.

“Biasanya sunmori, Sunday morning ride, kalau bulan puasa tuh berubah trennya. Pasti malam Minggu, mereka jalan lewat dari jam 19.00 sampai 20.00 WIB habis buka bersama bareng keluarga atau temannya,” tutur Omesh kepada kumparan saat dihubungi via sambungan telpon.

Selama bulan Ramadhan, suami dari Dian Ayu ini memanfaatkan toko motor miliknya yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sebagai titik kumpul. Biasanya mereka akan berkumpul pada Sabtu malam hari, hingga menjelang dini hari.

Loading Instagram...

Baru setelah itu mereka melanjutkan kegiatan sosial seperti Sahur on the Road sambil berbagi rezeki sahur kepada masyarakat. Selain itu, di bulan Ramadhan kali ini, mereka sudah merencanakan berbagi kasih ke panti asuhan.

Riding bareng-bareng ke sana untuk buka puasa bersama,” jelas Omesh.

Sampai saat ini, mereka masih membicarakan kapan acara tersebut dapat dilaksanakan. Mereka sedang mencari waktu yang tepat agar banyak orang yang terlibat.

“Di grup masih ngobrol-ngobrol, karena kan menyesuaikan waktu teman-teman ini yang cukup sulit dengan kesibukan masing-masing terutama schedule di bulan puasa, jadi insyaallah di minggu kedua atau minggu ketiga, kita sepakati,” imbuh Omesh.

Namun di tahun sebelumnya, ayah dua orang anak ini mengatakan bahwa cukup banyak selebriti Tanah Air yang terlibat. Beberapa di antaranya adalah Tora Sudiro, Gading Marten, Imam Darto, Poppy Sovia, Nabila Putri, Dimas Anggara dan Kevin Julio.

Loading Instagram...

Mereka berharap, berbagai hal positif yang mereka dilakukan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Selain itu juga memberikan image positif terhadap komunitas motor, yang mungkin masih mendapat citra negatif bagi masyarakat.

Namun lebih dari itu, adalah memberi kepuasan bagi mereka dalam berkendara motor sambil menikmati keindahan alam dan bertemu masyarakat luas.

Karena, seperti yang diutarakan Alfie Alfandy sebelumnya, bahwa berkendara adalah bagian dari perjalanan spiritual.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57