Pencarian populer

Motoran Artis, Tak Sekadar Hobi Tapi Juga Kontemplasi Diri

Alfie Alfandy, pesinetron yang juga founder Bikers Dakwah. Foto: Instagram/@alfiealfandy

Berkendara dan mengoleksi sepeda motor adalah salah satu hobi yang paling banyak digemari masyarakat. Termasuk para selebriti tanah air. Namun, apakah kegemaran para selebriti hanya terbatas pada berkendara dan koleksi? Tentu tidak.

Di balik keglamoran para selebriti yang ditunjukan lewat koleksi motor yang mereka miliki, ada juga kebaikan yang kerap mereka bagikan kepada orang lain.

Seperti aktor yang juga pesinetron, Alfie Alfandy. Lewat hobinya itu, ia menggagas sebuah kegiatan bernama Bikers Dakwah, yakni wadah bagi orang yang suka mengendarai motor dan bisa membawa ilmu agama saat kembali ke rumah.

“Jadi, enggak cuma ketawa-ketawa terus pulang dengan tangan kosong, tapi nongkrong, kopdar, segala macam, ada ilmu yang dibawa pulang,” ujar Alfie kepada kumparan saat ditemui di kawasan Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Loading Instagram...

Bikers Dakwah ada sejak 3 Juni 2018, tepat saat bulan Ramadhan. Namun munculnya bikers dakwah kata Alfie bermula saat perjalanannya ke Hadramaut, Yaman untuk memperdalam ilmu agama pada 2017 silam. Sepulang dari sana, Alfie merasa mendapat sebuah petunjuk.

“Kalau bahasa kita, itu perintah dari guru lewat mimpi, cuma isyarat gitu. Terus, ada perintah seperti itu, istikharah, harus ngapain. Ketemu guru yang di sini, dibilang, ‘Alfie dakwah sama orang jangan tunggu di majelis, tapi jemput mereka’. Ya sudah, bikin Bikers Dakwah,” ucap Alfie.

Kegiatan yang dilakukan Bikers Dakwah di antaranya adalah kopi darat (kopdar) yang dilaksanakan di minggu ke-2 setiap bulannya, dan Subuh Morning Ride atau submori, pada minggu ke-4.

Saat Submori, biasanya Alfie dengan anggota komunitas Bikers Dakwah yang hingga kini memiliki lebih dari 150 anggota, berkumpul di satu masjid tertentu. Biasanya di Masjid Al-Bina di Senayan, Jakarta Pusat. Mereka mulai berkumpul sekitar jam 4 dini hari yang diawali dengan salat Subuh berjamaah. Setelah salat Subuh berjamaah, mereka biasa bertukar pikiran dan berbincang.

“Tentang Allah, Rasulullah, perkara yang dekat dengan kehidupan kita. Kalau sudah agak terang sedikit, baru kita riding,” ujar pemeran Ustaz Jefry Al Bukhari di film ‘Hijrah Cinta’ ini.

Loading Instagram...

Selain di dalam kota, Alfie dan komunitasnya juga touring ke luar kota. Seperti Batu Karas, Majalengka, dan Pengalengan.

Jenis motor yang digunakan saat touring pun beragam. Mulai dari motor gede hingga motor bebek. Alfie sendiri biasanya ia menggunakan motor Royal Enfield dan Harley Davidson miliknya.

Dalam bikers dakwah, Alfie juga menyebut ada beberapa rekan artis yang terlibat. Hanya saja, kegiatan yang padat membuat mereka tidak bisa rutin mengikuti kegiatan.

Berkendara Sebagai Perjalanan Spiritual

Bagi Alfie, berkendara dengan sepeda motor juga sebagai perjalan spiritual. Karena pada saat berkendara, seseorang dihadapkan langsung dengan kebesaran sang pencipta seorang diri. Tanpa ada yang melindungi di sisi kiri, kanan, depan ataupun belakang.

Pengendara motor akan langsung berhadapan dengan angin dan benda yang ada di luar. Atau dengan kata lain, berserah diri kepada Allah.

Saat berkendara dengan motor juga jadi waktu yang tepat untuk melakukan kontemplasi diri. Seorang diri, merenung atas apa yang telah dilakukan selama ini. Tidak jarang Alfie bisa menangis saat berkendara motor.

“Ketika lagi di motor, kalau malu nangis di atas sajadah, nangis di atas motor, kita pakai helm, kacamata, enggak ada yang liat,” katanya sambil tersenyum.

Loading Instagram...

Berbagai kenikamatan didapat oleh Alfie ketika ia menjalani touring sambil dakwah tersebut. Ia bisa merasakan suasana yang jarang ia temui.

Untuk bagian dakwah, Alfie tidak melakukannya secara terang-terangan. Namun, dia memilih untuk melakukannya secara halus, lewat selipan obrolan sesama anggota atupun pengendara motor lain.

“Dakwahnya malah santai, selipan, dakwahnya bukan tiba-tiba duduk, ngejogrokin orang, tapi cuma bilang saja hal yang sepele, ‘musala di mana? Wudhunya dimana?’, ‘di sana’, dia tahu tempat salatnya, ya sudah kita duluan wudhu, ketika dia belum juga, ‘mau bareng enggak? Kalau mau ayuk bareng,” kata Alfie.

Dari Bikers Dakwah, Alfie berharap para pengendara motor bisa lebih mencintai Allah.

“Pencapaiannya adalah pengin mereka semua makin cinta sama Allah, sama Rasullullah. Pengin mereka, kita di hatinya enggak ada dunia, tapi yang punya dunia di hatinya,” ucapnya.

Rencananya, Alfie ingin mengajak anggota komunitasnya untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk umrah bersama. “Kita umrah bareng atau ke Yaman kita ziarah, kita ketemu orang-orang saleh di sana,” beber Alfie.

Loading Instagram...

Tak hanya Alfie, artis lainnya yang juga mengambil lebih makna positif saat berkendara motor juga dilakukan presenter Ananda Omesh. Ia bahkan menjadi penggagas komunitas yang ia beri nama 'Motorbaik Indonesia'.

Kegiatan tersebut sudah ada sejak tahun 2016, yakni diawali dengan gerakan sosial. Kala itu, Omesh dan beberapa rekannya sudah sering melakukan touring ke berbagai daerah di tanah air. Hanya saja, tujuan mereka sekadar jalan-jalan dan menikmati alam sambil berkendara.

Hingga akhirnya mereka memutuskan bekerja sama dengan Indonesia Mengajar. Dimana Omesh dan rekan-rekannya ikut mengajar ke berbagai sekolah dalam perjalanan mereka dari Jakarta ke Yogyakarta selama satu pekan.

“Memang tujuannya enggak sekedar motoran,” ujar Omesh saat dihubungi kumparan via sambungan telepon.

Loading Instagram...

Tahun berikutnya, saat diselenggarakan Pilkada DKI Jakarta, mereka membuat riding dari Yogyakarya menuju Bali yang diberi nama ‘Menjadi Indonesia’. Di setiap kota yang dilewati, mereka berhenti untuk bertemu tokoh-tokoh nasional. Termasuk ziarah ke makam Bung Karno.

Rasa empati mereka juga muncul saat terjadi gempa yang mengguncang Lombok pada 2018 lalu. Omesh bersama para pengendara lainnya, pergi ke Lombok. Di sana, mereka membantu mendirikan beberapa bangunan yang hancur.

“Selama seminggu kami keliling Lombok, membangun taman bacaan, musala, dan sedikit memberikan trauma healing untuk semua korban,” kata Omesh.

Loading Instagram...

Motorbaik Indonesia yang diikuti sejumlah selebriti lainnya seperti Isa 'Bajaj' dan Melki 'Bajaj' juga telah menyiapkan rencana kegiatan di tahun ini. Salah satunya touring melintasi perbatasan negara tetangga.

“Berikutnya kami (touring) dari Sumba, NTT, sampai Timor Leste, insyaAllah,” pungkas Ananda Omesh.

Namun sebelum kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan, baik Omesh dan Alfie juga telah memiliki rencana besar di bulan Ramadhan kali ini. Menggagas kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Simak tulisan selanjutnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61