Pencarian populer

Olla Ramlan Menangis saat Mengenang Sang Ayah

Olla Ramlan di TPU Tanah Kusir (Foto: Sarah Yulianti Pratama/kumparan)
Duka tengah melanda Olla Ramlan dan keluarganya. Sang ayah, Muhammad Ramlan, meninggal dunia pada Senin (4/6) di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Jenazah Muhammad dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Selasa (5/6). Pada prosesi pemakaman, Olla tampak didampingi sang suami, Aufar Hutapea, dan anak mereka, Sean Michael Alexander. Adik Olla, Cynthia Ramlan, juga turut hadir.
Seusai pemakaman, Olla dan Cynthia bersedia bicara mengenai ayah mereka kepada para wartawan. Pada kesempatan tersebut, keduanya ditanya mengenai hal apa yang tak bisa dilupakan dari almarhum.
Suasana prosesi pemakaman ayah Olla Ramlan. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Olla kala itu mengenang kedekatan sang ayah dengan anak-anaknya. Pesinetron berusia 38 tahun itu juga mengaku tak dapat melupakan bagaimana lelaki yang dipanggilnya Abah tersebut memperlakukan semua anaknya.
"Abah itu selalu dekat, ya, sama anak-anaknya, baik anak cewek atau cowok. Dia memperlakukan anak-anaknya itu spesial sekali, ya," ujar Olla dengan nada sendu dan ekspresi penuh duka.
ADVERTISEMENT
"Jadi, kasih sayang dan cintanya itu enggak bisa diomongin dengan kata-katalah," lanjut Olla yang telah tak kuasa menahan air mata. Ia pun kembali menangis seperti ketika jenazah sang ayah dimakamkan.
Cynthia kemudian turut berbagi kenangan mengenai sosok sang ayah. Menurut aktris kelahiran 19 September 1987 itu, banyak hal yang telah dilakukan ayahnya kepada mereka.
"Abah mengajarkan kami untuk menerima satu sama lain. Abah yang selalu bisa menyatukan kami. Banyak hal yang Abah lakukan. Semoga itu bisa menjadi amalan Abah," tuturnya.
Olla Ramlan bersama suami dan ayahnya (Foto: Instagram @ollaramlanaufar)
Olla dan Cynthia juga berkisah mengenai kondisi sang ayah sebelum meninggal dunia. Menurut Olla, ayah mereka diduga mengidap kanker hati sejak sekitar setahun yang lalu.
"Kemungkinan sakitnya itu sudah dua tahun, ya. Abah itu kanker hati, yang kebetulan saat diketahui juga sudah menjalar," beber Olla.
ADVERTISEMENT
Kala itu, menurut Cynthia, sang ayah masih harus menjalani endoskopi untuk memastikan apakah penyakitnya benar adalah kanker hati seperti yang dikatakan dokter. Hanya saja, ayahnya menolak.
Ayah mereka tetap enggan menjalani pemeriksaan lebih lanjut hingga pada akhirnya ia mengeluh sesak napas dan minta dibawa ke rumah sakit pada Minggu (3/6) malam. Tanpa disangka, setelah dirawat di rumah sakit sejak Senin pagi, pada sore harinya ia meninggal dunia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86