Pencarian populer

Pelawak Gareng Rakasiwi Meninggal Dunia

Gareng Rakasiwi. (Foto: Instagram/@kampayojogja)

Pelawak sekaligus seniman asal Yogyakarta, Gareng Rakasiwi, meninggal dunia, Jumat (9/2). Gareng Rakasiwi mengembuskan napas terakhir di usia 52 tahun pada pukul 03.30 WIB di Rumah Sakit Adelia, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dwianto alias Gareng Rakasiwi masih berada di rumah duka Desa Donoloyo, RT 3 Tamanan, Banguntapan, Bantul. Rencananya pemakaman akan dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB.

Belum diketahui penyebab meninggalnya Gareng. Namun, sederet ucapan belasungkawa untuknya langsung membanjiri lini masa di jagat maya.

Gareng Rakasiwi termasuk salah satu pelawak populer di Yogyakarta. Ia dikenal sebagai anggota kelompok lawak Trio GAM alias Guyonan Ala Mataram.

Gareng mulai terjun ke dunia kesenian pada 1993. Pada awalnya, Gareng menekuni lawak karena desakan ekonomi. Namun akhirnya ia menjadikan lawak sebagai jalan hidup karena kecintaannya terhadap kesenian.

Tidak hanya melawak secara berkelompok, Gareng juga mahir melakukan stand up comedy. Terbukti dengan keikutsertaannya di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV (SUCI) yang pertama pada 2011.

Kala itu, Gareng merupakan kontestan SUCI pertama yang membawa alat musik saat tampil. Ciri khas itu kemudian menginspirasi pelawak tunggal dari Surabaya, Dodit Mulyanto.

Gareng sering memparodikan lagu dengan berbagai bahasa daerah dalam materi lawaknya. Meskipun pada akhirnya terhenti di 9 besar, cintanya pada seni lawak tidak pernah pudar dan ia makin aktif melawak baik di tempat asalnya Yogyakarta hingga tampil di luar kota bahkan luar negeri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: