Pencarian populer

Penampilan Gugun Gondrong Sebelum dan Sesudah Sakit Tumor Otak

Perubahan Gugun Gondrong Sebelum dan Sesudah Sakit Tumor Otak. (Foto: Instagram @jakmaniamedan_1928 dan YouTube: Noval Alwynni. Infografik: Basith Subastian.)

Gugun Gondrong dikenal sebagai artis multitalenta di era 90-an dan 2000-an awal. Bukan cuma piawai menjadi model, Gugun juga piawai menjadi presenter dan aktor.

Namun, ia sempat terserang tumor otak ganas pada 2008 yang sedikit banyak mengubah kehidupan sehari-harinya. Gugun telah 10 tahun sembuh dari tumor otak dan Kumparan ingin melihat perubahan penampilannya sejak belum menderita sakit hingga saat ini.

1. Model majalah ternama era 90-an

Muhammad Gunawan Hendromartono atau yang dikenal dengan nama panggung Gugun Gondrong, memulai kariernya di industri hiburan Indonesia sebagai model majalah. Di era 90-an, Gugun sering nampang sebagai cover boy di majalah Aneka bersama artis-artis, seperti Melly Manuhutu, Ari Sihasale, juga almarhum Nike Ardila.

Memang sejak era 90an, Gugun terkenal karena senyum manis dan rambutnya yang amat lebat dan gondrong. Selain itu, gaya berpakaian Gugun pun selalu keren berkat tubuh yang tinggi, dan tegap.

Selama menjadi model majalah Aneka, Gugun juga dekat dengan sosok ustaz Jefri Al Buchori. Namun, ketika Gugun terus aktif di dunia hiburan sebagai presenter dan pemain film, Jefri justru memilih untuk menjadi seorang ustaz dan kian dikenal dengan panggilan Ustaz Uje.

Setelah lama mendalami dunia modelling, Gugun beralih profesi menjadi presenter di acara ‘Bokis’ yang tayang di TPI. Ia pun kerap menjadi bintang tamu di acara komedi ‘Ngelaba’ bersama grup Patrio yang digawangi Parto, Eko, dan Akrie.

2. Mendirikan Jak Mania

Tahun 1997 sangatlah bersejarah bagi Persija FC. Sebab, kala itu The Jakmania didirikan sebagai rumah resmi bagi pendukung Persija FC. Gugun Gondrong dan Diza Rasyid Ali, Manajer Persija saat itu, merupakan dua orang yang paling berjasa dalam proses pembentukan The Jakmania.

Hari peresmian The Jakmania tentu terekam oleh kamera dan terlihat di sana bahwa Gugun tampil keren mengenakan jersey Persija yang berwarna oranye. Rambut gondrongnya diurai dan terlihat pula ada jenggot dan kumis yang dibiarkan tumbuh tipis.

3. Mengidap penyakit tumor otak

Gugun Gondrong (Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan)

Pada 2004, Gugun mulai menjalin hubungan dekat dengan Anna Marissa dan mulai memangkas pendek rambut gondrongnya. Tiga tahun berselang, Gugun dan Marissa menikah di Pusat Primata Schmutzer, Ragunan, Jakarta Selatan.

Baru satu tahun menikah, tepatnya pada 2008, Gugun koma karena terserang tumor otak ganas. Kala itu, Gugun menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan. Sebelumnya Gugun juga sempat terjatuh di kamar mandi.

Ia juga sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Menurut tim dokter yang menangani di Singapura, otak Gugun terkena bakteri staphylococcus aureus.

Sejak saat itu, Gugun mulai banyak mengalami perubahan pada fisiknya hingga terpaksa mundur dari dunia hiburan Indonesia.

4. 10 tahun pulih dari tumor otak

Gugun Gondrong bersama Ibunda (Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan)

Setelah sakit, Gugun memang tidak lagi memelihara rambut gondrongnya. Meski Gugun selalu berusaha untuk tersenyum menyambut orang-orang, di masa awal penyembuhan tubuhnya kurus dan tatapan matanya pun selalu terlihat kosong.

Ia tak bisa berkomunikasi dengan baik dan harus selalu dibantu oleh sang ibu. Namun, cinta Gugun pada The Jakmania dan Persija terus abadi. Ia terlihat senang berada di tengah kawanan The Jakmania mengenakan baret oranye sembari terus mengacungkan jempol dan telunjuk yang menjadi simbol The Jakmania.

Gugun pun telah berhasil sembuh dari tumor otak ganas selama kurang lebih 10 tahun. Senyumnya terus mengembang dan tubuhnya pun mulai berisi.

Selain itu, pancaran mata Gugun Gondrong juga mulai bersinar kembali. Ia pun mampu berkomunikasi sedikit demi sedikit dengan orang-orang meski terkadang masih butuh bantuan sang ibu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36