Pencarian populer

Penata Suara Film Tanah Air, Khikmawan Santosa, Meninggal Dunia

Ilustrasi kematian Foto: Reuters/Ivan Alvarado
Kabar duka datang dari industri perfilman tanah air. Salah satu penata suara film terbaik, Khikmawan Santosa, meninggal dunia pada Sabtu (11/5) dini hari.
ADVERTISEMENT
Khikmawan meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan lalu lintas di daerah Puncak, Jawa Barat. Informasi ini pertama kali didapat dari unggahan instagram produser, sutradara yang juga komika, Ernest Prakasa.
Loading Instagram...
"Dukacita teramat sangat dalam. Salah satu sound designer terbaik tanah air, Khikmawan Santosa (Kiki), mendadak berpulang dinihari tadi karena kecelakaan. Sungguh kehilangan yang luar biasa baik buat gw pribadi maupun bagi seluruh perfilman Indonesia. RIP, Ki. ❤️," tulis Ernest Prakasa dalam unggahannya, Sabtu (11/5).
Saat dihubungi lewat sambungan telepon, Ernest Prakasa membenarkan kabar tersebut. Berdasarkan informasi yang ia terima, Khikmawan terlibat kecelakaan sekitar pukul 03.00 WIB.
"Gue dapet broadcast itu jam 6 pagi, kecelakaan di daerah Puncak," ujar Ernest Prakasa kepada kumparan.
ADVERTISEMENT
Ernest belum mendapat informasi tambahan mengenai kronologi kecelakaan. Ernest yang pagi ini sedang ada acara, tidak bisa langsung menuju ke rumah duka.
"Dipastikan meninggal dunia, tapi kronologinya seperti apa, jenis kendaraannya apa, gue belum tahu. Kebetulan pagi ini gue ada acara jadi enggak bisa ke rumah duka," kata Ernest.
Tidak berlebihan memang menyebut Khikmawan Santosa sebagai penata suara terbaik di industri perfilman tanah air. Dilansir dari filmindonesia.or.id, pria yang akrab disapa Kiki ini mengawali kariernya sebagai boom operator.
Sarjana seni dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini kemudian pertama kali terlibat di perfilman tanah air lewat film 'Virgin' sebagai sound recordist dan film 'Browniess' sebagai sound editor.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, kariernya terus menanjak. Terbukti dengan berbagai prestasi yang ia raih, seperti Penata Suara Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2013 lewat film 'Sang Kiai' serta penghargaan yang sama di ajang FFI tahun 2017 lalu lewat film 'Pengabdi Setan'.
"Kalau gue enggak salah, dia juga pemegang Piala Citra terbanyak untuk sound design. Film gue juga semuanya, dari yang pertama sampai keempat, semuanya yang pegang sound dia," kata Ernest.
Ernest Prakasa. Foto: Giovanni/kumparan
Di mata Ernest, Khikmawan adalah pribadi sekaligus partner kerja yang sangat enak untuk bekerja sama. Kiki, kata Ernest, memiliki standar kualitas bekerja yang luar biasa.
"Makanya gue shock banget, sampe beneran deg-degan karena baru ketemu dia hari Selasa kemarin dan ngobrol-ngobrol," kata Ernest.
ADVERTISEMENT
Saat ini jenazah Khikmawan Santosa disemayamkan di Villa Inti Persada (Cluster The Regent) Jl. Merapi Blok B6 No 12A, Pamulang Timur, Tangerang Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80