Pencarian populer

Pesan Perpisahan Kinal 'JKT48'

Kinal JKT 48. (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

Devi Kinal Putri memutuskan untuk lulus dari JKT48. Pengumuman kelulusan Kinal disampaikan pada saat acara ‘Dirimu Melody JKT48 Handshake Festival' yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta, pada 25 Maret lalu.

Kemarin diselenggarakan graduation event bertajuk 'Forever Jeanne D’Arc' di Thamrin Nine Ballroom, Thamrin, Jakarta Pusat. Tujuannya untuk melepas kelulusan Kinal.

Acara graduation event itu tak hanya diisi dengan penampilan dari para member JKT48. Ada satu momen khas dalam acara kelulusan, yakni member yang lulus membacakan surat. Isinya mengenai kenangan selama menjadi member, pesan untuk para member yang masih aktif, hingga ucapan terima kasih.

Perempuan berusia 22 tahun itu mengungkapkan awal perjalanannya di JKT48. Pada awalnya, Kinal menyampaikan bahwa dirinya merupakan member yang tidak terlalu dikenal dibanding member lainnya. Hingga akhirnya, ia bisa meraih jabatan Kapten pertama dari Tim J.

"Aku pikir dulu tidak sesulit ini. Untuk menjadi idol di grup ini bahkan sangat susah. Harus pintar, harus banyak yang doain dan tentu saja beruntung. Apalagi awalnya aku bukan member top JKT48. Bukan yang menari di depan, member terpilih pun bukan," kata Kinal.

Menurut Kinal, perjuangannya selama di JKT48 tidaklah mudah. Ia mengenang mengenai waktunya yang banyak dihabiskan di tol.

"Jadi, aku selalu berusaha lebih keras. Karena aku sampai di sini itu susah. Waktu aku masih SMA, harus tiap hari pulang pergi Bandung-Jakarta. Sebagian besar masa sekolah aku. Aku habisin di jalan tol. Memang iya, tetapi aku, sih bakal sukses di sini," ucap Kinal.

Graduation Event Kinal JKT48 (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)

Kinal selalu menanamkan dalam pikirannya bahwa ia harus sukses. Kadar kesuksesan bagi dia adalah mampu membahagiakan orang lain. Berawal dari terpilih menjadi Kapten Tim J, Kinal menjadi lebih berambisi untuk menolong member lain.

Saat membacakan suratnya, Kinal tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada keluarga dan penggemar yang mendukungnya selama ini. Tak lupa, ia berterima kasih kepada Tim J dan Tim KIII yang turut membantunya saat menjadi kapten.

"Untuk member, selama ini mungkin banyak dari kalian yang merasa belum siap ditinggal senior-seniornya. Kalian harus kuat di JKT48 ini, karena tanpa kamu pun kalian pasti bisa. Generasi baru, kalian harus semangat. Kalian semua harus bisa melampaui senior-seniornya. Semangat ya, lakukan yang terbaik, buat hati kalian senang," pesan Kinal kepada seluruh member JKT48.

Graduation Event Kinal JKT48 (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)

Beberapa member di JKT48 juga memberikan kesan dan pesan kepada Kinal. Salah satunya adalah Cindy Yuvia atau yang kerap disapa Yupi. Menurut Yupi, Kinal terkadang merasa tidak percaya diri.

"Kak Kinal itu kadang-kadang enggak pede kalau misalkan dia itu cantik. Dia merasa dirinya itu terlalu cowok. Kalau bagi aku, ya, aku ngelihat Kak Kinal, tuh, kayak cantik dengan caranya sendiri," ujar Yupi.

Selain kurang percaya diri, Yupi mengatakan bahwa Kinal merupakan perhatian dan tegas. Hal itu membantu para member lain untuk menjadi lebih baik. Ia pun memberikan semangat kepada Kinal.

"Kak Kinal terus mendukung kami dari kejauhan, dari operation ya. Terus, semangat terus Kak Kinal," ucap Yupi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: