Pencarian populer

Rano Karno Bangga 'Si Doel' Akan Tayang Perdana di Belanda

Rano Karno di kantor kumparan (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Dalam hitungan hari, seluruh keluarga besar 'Si Doel' akan segera bertolak ke Belanda dalam rangka menghadiri gala premiere 'Si Doel The Movie'. Padahal, di Indonesia, film yang diangkat dari sinetron legendaris yang populer di era tahun '90-an ini baru akan tayang serentak di Indonesia pada 2 Agustus mendatang.

Hal ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi Rano Karno, sutradara sekaligus pemain 'Si Doel'. Rano mengungkapkan bahwa dia tak pernah menyangka kalau film garapan Karnos Film dan Falcon Pictures ini bisa tayang di Tuschinski, salah satu bioskop ternama di Belanda yang berdiri sejak tahun 1921.

"Saya kaget. Jujur ya, begitu lihat dan tahu tempatnya saya kaget. Bahkan, saya ada saudara di Belanda dan saya bilang (soal penayangan 'Si Doel') dan dia lebih kaget. Karena tempat itu benar-benar prestisius," ungkap Rano Karno saat ditemui di acara syukuran 'Si Doel The Movie' ke Belanda di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (16/7).

Pemain film 'Gita Cinta dari SMA' ini mengatakan memang tak sembarang film yang bisa diputar di bioskop Tuschinski. Hanya film-film pilihan yang bisa tayang di bioskop yang bisa menampung sekitar 1.000 penonton ini.

Bahkan, kata Rano, awalnya film 'Si Doel' akan ditayangkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Belanda.

"Kan di Kedutaan ada auditorium dan saya pikir enggak masalah karena biasanya film Indonesia memang diputar di sana. Jadi ini sih, yang bikin surprise. Orang-orang yang kita undang gala premiere di Belanda saja kaget," tutur Rano sambil tersenyum.

Syukuran 'Si Doel The Movie' ke Belanda (Foto: Caroline Pramantie/kumparan)

Antusiasme masyarakat Indonesia yang berada di Belanda juga yang diakui Rano sebagai salah satu alasan mengapa 'Si Doel' akhirnya tayang perdana di Belanda. Selain itu, pria berusia 57 tahun ini juga tak memungkiri banyak permintaan dari banyak penonton setia 'Si Doel' yang tinggal di Eropa untuk tayang di negaranya.

"Dari Belgia, Prancis, Jerman, mereka minta diputar di masing-masing negara. Babak belur lah kita, ha-ha-ha. Selain itu, juga banyak blogger di Eropa yang minta agar ditayangkan di Inggris. Tapi, kita pusatkan semuanya di Belanda. Mereka nanti akan datang ke Belanda untuk ikut gala premiere film 'Si Doel The Movie',” bebernya.

Rano juga menambahkan, gala premiere 'Si Doel The Movie', selain mengapresiasi warga Indonesia yang ada di Belanda, juga akan memperkenalkan budaya Betawi kepada orang Belanda. Ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Rano dan seluruh keluarga besar si 'Doel'.

Pemain Si Doel The Movie. (Foto: Caroline Pramantie/kumparan)

"Tentu bangga film kita ditonton oleh masyarakat Belanda yang punya sejarahnya (soal Indonesia) juga. Bagi saya, bukan hanya masalah ditonton tapi kebudayaan kita ditonton. Itu kebanggaannya, kebudayaan Betawi masih bisa dilihat di film ini," jelasnya.

Sementara itu, produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan, gala premiere 'Si Doel The Movie' di Belanda, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan buat mereka juga.

"Karena sinetron 'Si Doel' memang sangat fenomenal jadi banyak yang penasaran dengan kelanjutannya. Bukan hanya penggemar dari Indonesia, dari luar negeri banyak yang penasaran,” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Film 'Si Doel The Movie' akan tetap menampilkan para pemain lawasnya, seperti Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, Suti Karno, Ahong, dan para pemain baru seperti Rey Bong dan Kurtubi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63