kumparan
24 Jul 2018 16:08 WIB

Rano Karno Kenang Benyamin Sueb di Gala Premiere ‘Si Doel’ di Belanda

Rano Karno, Keluarga 'Si Doel' tiba di Pathe Tuschinski, Amsterdam, Senin (23/7) (Foto: Caroline Pramantie/kumparan)
Penayangan perdana ‘Si Doel The Movie’ yang digelar di Pathe Tuschinski, Amsterdam, Belanda, pada Senin (23/7) waktu setempat berjalan dengan lancar.
ADVERTISEMENT
Tepuk tangan meriah para penonton pun menggema di area Tuschinski saat pemutaran film telah selesai dilaksanakan. Bahkan, saat para pemain ‘Si Doel The Movie’ dipanggil naik ke atas panggung, para penonton yang terdiri dari undangan VIP, pihak KBRI, dan pecinta ‘Si Doel’ di Eropa seolah tak henti-hentinya memberikan applause.
Dari atas panggung, Rano Karno, sutradara selaku pemain film garapan Karnos Film dan Falcon Pictures ini juga sempat menyampaikan salam dari Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam film ‘Si Doel’.
Saat ini Mak Nyak hanya bisa terbaring lemah di ranjang. Matanya pun buta karena penyakit glaukoma yang dideritanya. Tapi, kondisi itu tak menyurutkan semangat Mak Nyak untuk terlibat dalam film ‘Si Doel The Movie’.
ADVERTISEMENT
“Semoga film ini bisa diterima dan dimengerti. Ini adalah perjuangan panjang dari seorang anak yang sekarang hanya punya satu ibu yang lumpuh dan buta. Ibu, Mak Nyak, menitip salam kepada semua orang di Belanda. Beliau melihat kami live di Instagram,” ungkap Rano.
Dalam kesempatan itu, Rano sempat menjawab pertanyaan salah satu penonton dari Belanda yang bertanya tentang apa tantangan terberat dalam menggarap semua cerita ‘Si Doel The Movie’.
Gala Premier Film 'Si Doel The Movie' di Belanda (Foto: Caroline Pramantie/kumparan)
Aktor kelahiran 8 Oktober 1960 ini kemudian menuturkan bahwa cerita ‘Si Doel The Movie’ dimulai saat Rano kecil yang baru berusia 8 tahun sudah mulai membaca novel ‘Si Doel Anak Betawi’ karya Aman Datuk Madjoindo. “Dan saya memulai karier di dunia film dengan langsung menggarap sinetron ‘Si Doel’,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Rano sempat mengenang satu dialog yang pernah diucapkan mendiang Benyamin Sueb. Ya, Benyamin pernah berperan sebagai Babe dalam sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yang booming di era '90-an. Dialog tersebut mengingatkan Rano bahwa dulu, ada seorang bapak yang berharap sosok Doel bisa menjadi seorang gubernur.
“Doel, makanya gue sekolahin lo supaya pinter, jangan bodoh kayak gue. Jangan cuma jadi sopir oplet saja lo. Jadi dong, Gubernur,” kira-kira seperti itu percakapan antara Doel dan ayahnya.
Keluarga 'Si Doel' tiba di Pathe Tuschinski, Amsterdam, Senin (23/7) (Foto: Caroline Pramantie/kumparan)
Lalu, siapa yang menyangka kalau kalimat yang terucap di sinetron itu akhirnya menjadi kenyataan. Aktor berusia 57 tahun ini pernah menjabat sebagai Gubernur Banten periode 2014-2017.
“Yang bikin film ini unik ya, karena film ini yang bikin saya jadi Gubernur provinsi Banten,” ujar Rano dengan tersenyum.
ADVERTISEMENT
“Jadi, ada pesan Babe, semoga dia jadi Gubernur saat di sinetron dulu dan akhirnya kenyataan dia jadi Gubernur,” timpal Hans.
‘Si Doel The Movie’ akan tayang serentak pada 2 Agustus 2018. Gala premiere di Indonesia akan diselenggarakan pada 28 Juli mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·