kumparan
13 Nov 2018 12:09 WIB

Ronal Surapradja Koleksi Ratusan Kaus Band

Ronal Surapradja. (Foto: Twitter/@RockNal)
Komedian Ronal Surapradja punya hobi mengoleksi kaus-kaus band. Pria berusia 41 tahun ini mengaku punya banyak kaus band favoritnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Ronal, dia memulai hobinya tersebut sejak masih duduk di bangku SMA. Kesukaanya tersebut kian menjadi ketika dirinya sudah memiliki penghasilan sendiri.
Saat ini, kaus yang dimilikinya terbilang sudah sangat banyak. Ronal bahkan kesulitan ketika diminta untuk menghitung berapa banyak kaus yang dimilikinya.
“Enggak pernah ngitung, tapi kalau saya pakai baju ini hari ini, saya baru pakai satu tahun setengah atau dua tahun lagi,” ungkapnya ketika ditemui di kawasan Tebet beberapa waktu lalu.
Saking banyaknya, Ronal Surapradja bahkan tak pernah mengenakan baju yang sama dalam waktu berdekatan. Berbagai baju tersebut merupakan hasil buruannya dari berbagai toko di dalam maupun di luar negeri.
Hunting, ada yang dari Indonesia dari asing, menonton ketika konser, beli dari teman-teman, macem-macem,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Ronal, tumpukan kaus-kaus band-nya tersebut merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan pada anak-anaknya. Saat ini, bapak dua anak itu sudah mulai menularkan hobinya tersebut pada kedua anaknya.
“Jadi, saya paling seneng foto sama anak saya dengan baju band yang sama, pakai (kaus) Beatles, foto bareng. (Ada) David Bowie, U2, Sonic Youth, Joy Division,” ucap Ronal.
Lebih lanjut, dia bernostalgia soal kaus band pertamanya, yakni band yang melantunkan 'Vertigo', U2. Sayangnya, kaus yang didapatnya dari salah satu toko di kota Bandung tersebut sudah tak ada lagi karena dijadikan lap oleh ibunya kala itu.
“Saya pulang, dijadiin lap pel sama si Mama. (Saya bilang) ‘Mama, ini mahal banget (nilainya), makin jelek makin bagus Mama’,” pungkas Ronal Surapradja.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan