kumparan
15 Jan 2018 11:10 WIB

Roro Fitria Ungkap Kebiasaan Makan Bunga Kantil Selama 14 Tahun

Roro Fitria. (Foto: Andre Josua Deneam Simanjuntak/kumparan)
Nama Roro Fitria selama ini memang tak pernah lepas dari sorotan. Bukan hanya soal harta kekayaan yang dimiliki oleh perempuan yang gemar dipanggil Nyai ini, tapi juga hal-hal yang berbau mistis yang melekat dengan dirinya.
ADVERTISEMENT
Ada saja hal mistis yang dilakukan oleh pemain sinetron 'Islam KTP' ini yang terkadang membuat netizen geleng-geleng kepala. Salah satunya kebiasaan Roro melakukan ritual ditambah dengan kebiasaannya memakan bunga kantil yang telah dilakukannya sejak 14 tahun yang lalu dan sesuai dengan kalender jawa.
"Udah 14 tahun yang lalu, rutin setiap malam selasa kliwon, malam jumat kliwon, malam kelahiran aku, sama malam satu suro juga,” ujar Roro saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Buat pemain film 'Bangkitnya Suster Gepeng ini,' makan bunga kantil bukanlah sesuatu yang ekstrem. Bahkan Roro mengatakan hal yang sama juga pernah dilakukan oleh aktris horor legendaris Suzanna.
"Itu enggak ekstrem. Sudah banyak (yang suka makan bunga) kayak zaman dulu yang mungkin kita tahu juga ada ibu Suzanna. Kalau saya bunga kantil, kalau ibu Suzanna, bunga melati," lanjutnya.
Roro Fitria saat Ritual (Foto: Instagram/ @roro.fitria1989)
Roro mengatakan bahwa ritual yang dilakukannya di Malam Satu Suro membuatnya mendapatkan energi tertinggi dan hal itu dirasakan memiliki dampak postif dalam hidupnya.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah pada saat ini saya menjadi pribadi yang bijak, bisa menyikapi segala hal yang terjadi di dunia ini dengan positif," akunya.
Meski kebiasaannya tersebut dirasa tak lazim oleh sebagian orang, namun bagi Roro ini merupakan adat istiadat yang sudah turun temurun dari leluhur perempuan kelahiran Yogyakarta ini. Banyaknya bunga yang harus dimakan oleh pemilik nama asli Raden Roro Fitria Nur Utami ini juga harus berjumlah ganjil.
"Berapa saja tapi ganjil, misal tiga atau tujuh," ucapnya lagi.
Roro Fitria saat Ritual (Foto: Instagram/ @roro.fitria1989)
Bukan hanya rutin memakan bunga yang kerap dikenal sebagai cempaka putih ini tapi Roro juga rutin untuk bertapa di dalam sebuah goa dan berendam dengan bunga tujuh rupa. Goa yang menjadi tempat Roro menghabiskan waktunya untuk bertapa adalah Goa Panepen, Goa ini berada di pinggir Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Perempuan berusia 30 tahun ini mengaku sempat kena santet saat ia 'absen' menjalani ritual. “Pernah kan di Instagram, keluar darah tanganku, ada di YouTube Roro Fitria kena santet," ungkap pelantun ‘Jedag Jedug’ ini.
Hanya saja ia enggan untuk menjelaskan lebih lanjut terkait masalah guna-guna tersebut. Sementara itu pemain film 'Gunung Kawi' ini juga dengan tegas menolak jika ia disebut sebagai sosok yang musyrik atau menyekutukan Tuhan karena ritual yang biasa ia lakukan selama ini.
"Saya enggak suka kalau dibilang musyrik, karena saya masih salat 5 waktu. Lebih tepatnya saya itu Islam kejawen," tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·