Pencarian populer

Saat Masih Kecil, Zaskia Adya Mecca Kabur Ketika Disuruh Mengaji

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Munady Widjaja)

Setiap manusia pasti pernah melewati beberapa kejadian yang mengubah pola pikir mereka selama hidup. Hal itu terjadi pada aktris Zaskia Adya Mecca yang kini telah berhijab, menjadi seorang ibu, dan bersahaja.

Namun, siapa sangka di balik itu semua, Zaskia pernah mengalami berbagai kejadian berharga dan tak terlupakan dalam hidupnya. Ibu empat anak pun mulai bercerita dengan mengisahkan dirinya saat masih kecil dulu. Istri Hanung Bramantyo ini mengaku, dia pernah kabur ketika disuruh mengaji oleh orang tuanya.

“Kalau aku dulu ketika ngelihat guru ngajiku, aku lari ke kamar,” kata Zaskia saat dijumpai di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Munady Widjaja)

Pada saat itu, Zaskia menganggap mengaji merupakan hal yang sangat membosankan. Apalagi, dengan cara pengajarannya yang terlalu pasif dan monoton.

“Karena dulu ngaji itu membosankan sistemnya. Kalau guru yang sekarang, baca Al-Quran itu menyenangkan. Kayak huruf hijaiyahnya kita buat rumah-rumahan, buat dari sedotan,” terang Zaskia. “Jadi, yang anak kecil ngerasa bahwa itu fun. Mereka main kertas warna, tempel glitter, padahal mereka lagi baca Al-Quran.”

Namun, ulah nakalnya itu membuahkan hasil yang mencengangkan. Pemain sinetron 'Cinta SMU' ini mampu khatam membaca Al-Quran sebanyak delapan kali sejak Zaskia masih duduk di bangku SD.

Setelah cukup paham dengan semua pelajaran yang dia dapatkan, kini Zaskia malah lebih giat membaca Al-Quran. Tak lupa, Zaskia juga memahami makna dan isi dari Kitab Suci itu sendiri.

“Kalau cuma sekadar khatamin Al-Quran, sudah. Tapi, aku ngerasa cuma sekadar baca, khatam, kelar, kok, aneh? Kalau dulu bangga banget, kan. Akhirnya rasanya aku merasa enggak ada artinya kalau aku enggak paham,” kata perempuan berusia 30 tahun itu.

“Kalau dulu yang aku pahami, baca semua ayatnya, selesai, khatam. Tapi sekarang, aku memaknainya lebih dalam, enggak cuma sekadar baca bahasa Arabnya, tapi juga terjemahannya. Itu menurut aku. Khatam kalau kita enggak paham, itu kan yang bahaya. Sudah berkali-kali tapi enggak pernah paham. Sekarang lagi mencoba baca bahasa Indonesianya. Jadi bisa paham,” sambungnya.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia. (Foto: Munady Widjaja)

Dari semua pengalaman itu, Zaskia langsung menerapkan kepada anak-anaknya agar selalu mengaji. Sampai-sampai, pemain film 'Ayat-ayat Cinta' itu kini mempunyai sebuah lembaga untuk membaca Al-Quran.

“Anak-anakku ngelihat guru ngajinya, mereka ‘marilah’ nyambut. Mereka lari, happy banget. Akhirnya aku sama guru ngaji anakku itu, kita bikin lembaga. Sekarang kita punya lembaga belajar membaca Al-Quran dan Iqra. Insyaallah, rencananya pengin bikin sekolah tahfiz Al-Quran juga,” tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59