kumparan
29 Okt 2017 16:06 WIB

Sakit-sakitan, Aminah Cendrakasih Tetap Semangat Syuting 'Si Doel'

Bintang Si Doel menjenguk Aminah Cendrakasih (Foto: @si.rano Instagram)
Sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' yang sempat eksis di tahun 1990-an akan segera diangkat ke layar kaca dan memulai proses syuting di bulan Februari 2018 mendatang.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, ada satu adegan yang sudah mereka jalankan beberapa waktu yang lalu, yaitu adegan yang membutuhkan peran Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak di dalamnya.
Rano Karno sebagai pemeran utama dan juga sutradara dalam film ini, sengaja mendahulukan syuting Mak Nyak, dikarenakan kondisi tubuh Aminah yang saat ini sudah semakin lemah, dan hanya bisa berbaring di tempat tidur saja.
Wanita berusia 79 tahun tersebut menderita penyakit stroke mata akibat glukoma yang telah dideritanya selama beberapa tahun terakhir. Sehingga, membuat Aminah tak bisa lagi bergerak bebas seperti dahulu kala.
"Kemarin kita udah syuting sama Nyak yang pertama. Itu yang saya utamakan sekali, melihat kondisi Nyak yang sekarang sudah seperti ini. Saya minta tolong semua kru dan pemain untuk bantu saya. Kita mau memberi sesuatu buat Nyak," ungkap Rano, ketika ditemui di kediamannya, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (29/10).
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Meskipun kondisinya semakin lemah, namun mantan gubernur Banten tersebut sempat terkejut melihat semangat Aminah yang masih tinggi saat menjalani syuting 'Si Doel the Movie'.
"Ternyata Mak Nyak, begitu syuting, semangat luar biasa. Nyak kan sudah buta, enggak bisa baca skenario, jadi harus dibacakan. Tapi pas syuting hafal semuanya dialognya kayak enggak ada apa-apa," jelas Rano.
Babe dan Enyak di sinetron Si Doel (Foto: Karnos Film)
Adik kandung Rano Karno, Suti Karno, yang juga ikut syuting bersama Aminah, mengatakan bahwa seniornya itu mampu menjalani proses syuting dengan lancar tanpa harus berkali-kali mengulang adegan.
"Enggak ada kesulitan sama sekali syuting sama Mak Nyak, saya merasa Mak Nyak luar biasa sekali, saya syuting itu enggak retake berkali-kali. Dan alhamdulillah, Nyak luar biasa, daya ingatnya luar biasa, dialog kita juga lancar, enggak ada hambatan," kenangnya.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Walaupun sudah bertahun-tahun sakit dan hanya bisa berbaring saja, namun ternyata Aminah tak pernah mengeluhkan kondisinya itu kepada pemain 'Si Doel the Movie' lainnya. Ia selama ini justru sangat menantikan kapan film tersebut akan diproduksi.
"Kalau kita lihat kondisi sekarang Nyak emang sehat, cuma kita enggak tahu ya karena dia udah 5 tahun cuma tiduran aja, matanya enggak bisa lihat, enggak bisa bangun, cuma kalau fisik moga-moga bisa sehat terus. Dia enggak pernah cerita apa-apa juga sih sama kita," kata Suti.
"Ya dan ternyata dia emang selalu nungguin kapan Si Doel ada lagi. Saya kalau lebaran kan suka ngunjungin Nyak. Dia tanya kapan shooting Si Doel lagi. Nyak bilang, 'Cepetan dong, Nyak sudah begini'. Bahasa-bahasa gitu yang anda paham maksudnya apa (kondisi badan sudah menurun)," timpal Rano.
ADVERTISEMENT
'Si Doel the Movie' akan mulai menjalani proses pengambilan gambar pada Februari 2018 mendatang di Belanda dan Indonesia. Jika film ini sukses, kemungkinan Rano Karno akan kembali memproduksi 'Si Doel' dalam bentuk sinetron.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan