Pencarian populer

Salmafina Sunan Soal Mengurangi Teman: Gue Merasa Itu Beban

Salmafina Sunan Foto: instagram/salmafinasunan

Setelah insiden video dirinya diduga sedang mabuk viral, Salmafina Sunan memutuskan untuk menghapus pertemanannya dengan sejumlah orang. Putri pengacara Sunan Kalijaga itu merasa sudah dipermalukan oleh temannya yang dengan sengaja mengunggah video dirinya diduga berada di kelab malam tersebut.

Keputusan ini diambil Salmafina Sunan lantaran ia akhirnya menyadari bahwa tidak semua orang berteman dengannya secara tulus. Kebaikan yang selama ini Salmafina berikan ternyata malah dimanfaatkan oleh orang-orang sekelilingnya.

"Mungkin karena banyak yang palsu nih temen gue, gue in a state dimana gue merasa teman itu beban. Soalnya temen2 gue kalo pergi gue yang bayar itu udah pasti beban wkwk banyak yang gatau diri soalnya, kalo sedih gue yang nenangin, kalo susah gue ikut kebawa susah dan setelah semuanya gue malah dijahatin," ungkap Salmafina di Instagram Story-nya, Rabu (27/3).

Salmafina Sunan Foto: Munady Widjaja

Dari masalah ini Salmafina belajar untuk tidak mudah percaya apalagi bergantung pada orang lain. Terlebih dengan mereka yang masih sepantaran dengannya yang belum tentu bisa memberikan bantuan ketika ia sedang kesulitan.

"Yang paling gue gamau lagi adalah kalo misalnya gue punya temen, mereka merasa berhak tau kehidupan pribadi gue, memposisikan seolah 'peduli'' padahal mah nggak. Mereka cuma penasaran aja sama hidup gue dan sering kali setelah mereka penasaran dan mereka dapet apa yang mereka penasaranin mereka bakalan cerita ke orang lain," katanya.

Seperti yang pernah Salmafina Sunan alami sendiri. Orang-orang yang dekat dengannya selama ini justru dengan mudah membeberkan aib dirinya. Hal inilah yang kemudian membuat Salmafina merasa tidak lagi membutuhkan banyak teman.

Salmafina Sunan buka suara soal keputusannya mengurangi jumlah temannya. Foto: instagram/salmafinasunan

"Banyak temen seru? Udah pernah ngerasain dan semuanya saling ngomongin satu sama lain. KAGA ADA serunya. Adanya Beban. Lo nutupin aib temen lo aja, temen lo bongkar aib lo kok," lanjut perempuan yang akrab disapa Alma itu.

Sejak kejadian itu, Salmafina Sunan memilih untuk berbagi cerita dan meminta saran dari mereka yang sudah lebih berpengalaman. Misalnya ke orangtua atau psikolog.

"Advicer juga gak bisa sembarangan, lo harus bisa filter harus bisa tau kira-kira mereka ini pengalamannya udah lebih banyak belom dari lo. Lo harus bisa mengerucutkan lingkaran sehingga yang ada cuma orang-orang yang beneran baik dan peduli," tegasnya.



Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk mendapatkan berita terkini dan terlengkap.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59