Pencarian populer

Siapa yang Akan Memenangkan ‘Best Rap Album’ di Grammy Awards 2018?

Lima musisi masuk Nominasi "Best Rap Album 2018" (Foto: AFP PHOTO / ANGELA WEISS/SUZANNE CORDEIRO/JEAN BAPTISTE LACROIX)

Perhelatan akbar Grammy Awards 2018 akan segera digelar pada 28 Januari mendatang. Puluhan musisi dari berbagai penjuru dunia siap untuk berlomba mendapatkan penghargaan musik paling bergengsi itu.

Salah satu kategori di Grammy Awards 2018 yang banyak menyita perhatian adalah ‘Best Rap Album’. kumparan (kumparan.com) mencoba untuk mengulas 5 album dari Kendrick Lamar, Jay Z, Migos, Tyler, The Creator, dan Rapsody.

1. Kendrick Lamar (album Damn)

Kendrick Lamar (Foto: Facebook @kendricklamar)

‘Damn’ adalah studio album keempat Kendrick Lamar yang dirilis pada 14 April 2017. Kehebatannya menggabungkan berbagai unsur, mulai dari trap, R&B, sampai pop, menjadikan album yang penuh kritik sosial ini menyenangkan untuk di dengar.

Album ini banyak membahas tentang berbagai keresahan yang Lamar alami semasa hidupnya. ‘Damn’ seolah menyambungkan berbagai titik, mulai dari Lamar kecil yang takut pada ibunya, Lamar remaja yang takut dibunuh polisi, hingga Lamar dewasa yang takut terkekang popularitas.

Sampai akhir 2017, ‘Damn’ telah berhasil terjual 910.000 kopi di Amerika dan menjadikannya album terlaris ketiga, tepat dibawah album ‘Divide’ milik Ed Sheeran dan ‘Reputation’ milik Taylor Swift.

Di Grammy Awards 2018, Lamar berhasil masuk nominasi di 7 kategori. Selain itu, ini adalah kali ketiga studio album Lamar masuk sebagai nominasi Grammy. Lamar jelas punya peluang yang sangat besar untuk memenangkan ‘Best Rap Album’ di Grammy Awards 2017.

Lawan terberatnya bisa jadi datang dari sang rapper lawas, Jay Z.

2. Jay Z (album 4:44)

Jay-Z (Foto: Wikimedia Commons)

‘4:44’ adalah album ke-13 dari Jay Z yang dirilis pada 30 Juni 2017. Dalam album yang banyak memberi kritik sosial ini, memasuki berbagai unsur seperti funk, progressive rock, reggae, dan soul, menunjukkan betapa kaya dan luasnya pengetahuan musik Jay Z.

Semua orang tahu bahwa Jay Z memiliki karier yang begitu gemilang. Sejak album pertamanya yang dirilis tahun 1999, Jay Z telah berhasil membangun sebuah kerajaan hip hop dan menginspirasi banyak rapper muda di era sekarang.

Dibalik ego sang raja rap yang sangat tinggi, dalam single ‘4:44’ di album ini, ia justru meminta maaf pada sang istri, Beyonce, atas perlakuannya yang buruk selama ini.

Video

Selain itu, dalam album ini ada pula lagu ‘Smile’. Lagu tersebut salah satu penghormatan Jay Z kepada sang bunda, yang ternyata ini memendam hasrat seksualnya sebagai seorang lesbian. Bahkan Gloria Carter, ibunda Jay-Z, juga sumbang suara di lagu tersebut.

Dengan masuk dalam nominasi ‘Best Rap Album’, artinya ‘4:44’ sukses membawa Jay Z mendapat 8 nominasi di Grammy Awards 2018. Sebelumnya, Jay Z sudah 3 kali memenangkan Grammy Awards di kategori ini.

Di tahun ini ia mungkin akan kesulitan karena harus berhadapan dengan Kendrick Lamar dan Migos, rapper muda yang kariernya kini tengah meroket.

3. Migos (album Culture)

Video

'Culture' adalah studio album Migos yang kedua. Rilis pada 27 Januari 2017, dalam album ini Migos melakukan kolaborasi dengan beberapa artis, seperti DJ Khaled, Gucci Mane, 2 Chainz, Travis Scott, dan Lil Uzi Vert.

Migos merupakan grup rap yang kini banyak membawa banyak perubahan di industri rap dunia. Triplet rapping yang biasa mereka lagukan disetiap lagunya berhasil ciptakan tren di musik hip hop. Selain itu, mereka juga ciptakan berbagai gerakan dan tarian, seperti gerakan dab, yang biasa remaja milenial lakukan.

Laku terjual lebih dari 1 juta kopi di Amerika, album ‘Culture’ sukses memuncaki Top R&B/Hip Hop Album di Billboard 200 Amerika. Meski punya kesempatan yang tak terlalu besar untuk memenangkan Grammy Awards 2018, Migos tetap menjadi salah satu grup rap yang layak diperhitungkan di tahun-tahun ke depan.

4. Tyler, The Creator (album Flower Boys)

Video

'Flower Boy' adalah album alternative hip hop karya Tyler, The Creator yang dirilis resmi pada 21 Juli 2017. Hingga saat ini, album ‘Flower Boy’ telah terjual sebanyak 70 ribu kopi.

Album ini merupakan bentuk permintaan maaf Tyler setelah di album-album terdahulu ia sering membuat lirik yang mendiskreditkan kaum wanita dan LGBT.

Meski punya makna mendalam dan komposisi musik yang hebat, album ‘Flower Boy’ sepertinya akan kalah dalam perebutan ‘Best Rap Album’ di Grammy Awards 2018. Namun, ‘Flower Boy’ artinya sukses membawa nama Tyler, The Creator yang sebelumnya tak pernah berhasil menjadi nominasi di Grammy Awards.

5. Rapsody (Laila’s Wisdom)

Video

'Laila's Wisdom' adalah studio album kedua dari rapper wanita asal Amerika, Rapsody, yang rilis pada 22 September 2017. Saat membandingkan dengan album pertamanya, ‘Laila’s Wisdom’ terdengar jauh lebih segar dan cocok dengan karakter suara Rapsody.

Dalam album ini, Rapsody banyak mengutarakan rasa terima kasih kepada sang nenek yang sejak kecil telah terus mendidiknya. Di album ini, ia juga ingin para penggemar untuk selalu menghormati para senior dan orang tua selama mereka masih hidup.

Rapsody adalah satu-satunya wanita yang masuk nominasi ‘Best Rap Album’ di Grammy Awards selama 10 tahun terakhir. Meski mungkin takkan memenangkan kategori ini, Rapsody patut berbangga hati karena sukses menorehkan prestasi baru di kalangan rapper wanita.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36