kumparan
20 Jan 2019 16:07 WIB

Sutradara Film 'Coco' Pamit dari Pixar Setelah 25 Tahun Mengabdi

Lee Unkrich. (Foto: AFP/Valerie Macon)
Kabar mengejutkan dari dunia perfilman dunia. Sutradara yang menggarap film animasi 'Coco' dan 'Toy Story 3', Lee Unkrich, memutuskan hengkang dari Pixar, studio film khusus animasi komputer milik Disney.
ADVERTISEMENT
Hal ini diketahui dari unggahan Unkrich di Twitter-nya, @leeunkrich. Dia mengunggah GIF yang memperlihatkan salah satu karakter di film 'Toy Story', Woody, sedang melambai ke kamera.
"Setelah 25 tahun yang luar biasa, aku memutuskan untuk meninggalkan Pixar. Sudah tiba waktunya untuk memulai petualangan yang baru," tulisnya.
Untuk menjelaskannya, sutradara berumur 51 tahun itu kembali mengunggah tweet yang menceritakan betapa bersyukurnya dirinya telah menjadi bagian dari keluarga Pixar selama 25 tahun.
"Dengan berat hati, aku harus memberi tahu kalian bahwa aku harus meninggalkan Pixar. Hari terakhirku adalah 15 Februari 2019. Mustahil bagiku untuk mengungkapkan secara lengkap betapa serunya perjalanan 25 tahun ini, dan betapa berartinya bekerja dengan orang-orang yang luar biasa dengan bakat-bakat fenomenal mereka."
ADVERTISEMENT
"Banyak di antara kalian seperti keluarga bagiku, dan hal itu hampir tidak bisa dipahami, khususnya membayangkan tidak lagi berada di Pixar dengan kalian. Tapi, kehidupan itu adalah tentang perubahan, dan ini sudah saatnya untuk menghadapi tantangan dan petualangan baru."
"Aku tidak pergi untuk membuat film di studio lain. Sebaliknya, aku berharap untuk menghabiskan waktu yang aku butuhkan dengan keluargaku dan mengejar minat yang telah lama terbakar. Mungkin, aku punya hal-hal lain yang bisa aku ceritakan nanti."
Lee Unkrich. (Foto: AFP/Carl De Souza )
"Aku benar-benar bersyukur atas kepemimpinan Pixar dan Disney yang telah percaya padaku, menjadi mentorku, dan memperjuangkanku selama bertahun-tahun. Aku juga berterima kasih pada kalian yang telah cinta dan jiwa pada film-film yang kita buat bersama. Kalian adalah puncak dari talenta dan semangat. Kalian juga menjadikan seni sebuah hal yang penting dan berarti untuk dunia. Pengalamanku dengan (film) 'Coco' memperlihatkan akan sedalam apa cerita yang kita buat untuk seseorang dan budaya-budaya yang ada."
ADVERTISEMENT
"Aku sering bilang pada orang-orang kalau hal terburuk bekerja di Pixar adalah aku tidak bisa melihat film terbaru Pixar tanpa mengerjakannya dan mengetahui prosesnya. (Kini), aku akan menjadi yang pertama melihat apa yang kalian buat bersama," tulisnya.
Unkrich pertama kali bekerja di Pixar pada tahun 1994 sebagai Editor Film. Selama 25 tahun bekerja di Pixar, Unkrich pernah bekerja sebagai penulis naskah film, animator, hingga sutradara.
Sebagai sutradara, Unkrich pernah membesut dua film, yakni 'Toy Story 3' dan 'Coco'. Keduanya sukses besar di pasaran. 'Toy Story 3' meraup keuntungan sebesar USD 1 miliar atau Rp 14,1 triliun, sedangkan 'Coco' meraih Rp 11,4 triliun.
Film Coco terpilih jadi Film Animasi Terpuji versi Festival Film Bandung 2018 (Foto: Dok: Disney Movie)
Ayah tiga anak ini juga pernah memenangkan piala Oscar atas karyanya. Dia memenangkan piala 'Best Animated Feature Film of the Year' untuk 'Toy Story 3' pada 2010 dan piala 'Best Animated Feature Film' untuk 'Coco' pada 2017 bersama Darla K. Anderson.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan