Pencarian populer

Tangan Dingin Southgate Buat Ibnu Jamil Jagokan Inggris di Piala Dunia

Ibnu Jamil (Foto: Tika/kumparan)

Kemenangan tim nasional (timnas) Inggris 6-1 atas Panama memastikan The Three Lions lolos ke 16 besar dalam perhelatan Piala Dunia 2018. Hal ini tentu mendatangkan kebahagiaan bagi presenter Ibnu Jamil, lantaran Inggris merupakan timnas yang dia jagokan di Piala Dunia.

“Inggris gue (jagokan) di Piala Dunia,” kata Ibnu saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, pria berusia 36 tahun itu tak mau terlalu sesumbar. Sebab, ia melihat rekam jejak Inggris di Piala Dunia memang tak terlalu spesial.

Dari segi mental, menurut Ibnu, Inggris masih kalah jika dibandingkan Jerman dan Brazil. Padahal, dia menambahkan, hal itu amat diperlukan sebuah tim di dalam sebuah kompetisi.

“Mental tuh, jadi alat atau senjata buat tim-tim peserta Piala Dunia ini bisa berbicara banyak,” ucap Ibnu.

Ibnu Jamil. (Foto: Munady Widjaja)

Namun, kehadiran Gareth Southgate sebagai pelatih Inggris membuat Ibnu merasa optimistis tim jagoannya tersebut bisa memperoleh hasil yang positif di Piala Dunia 2018. Hal itu telah terbukti dari penampilan apik Inggris di fase grup.

Meski ada pandangan bahwa Southgate adalah sosok yang terlalu baik, namun Ibnu menilai pelatih berusia 47 tahun itu membuktikan bahwa dia bisa mengatur timnya dengan baik.

“Southgate ini bisa jadi leader buat Inggris dan pemain-pemain mudanya. Toh, yang dibutuhkan Inggris tuh, leadership sama mental,” ungkap Ibnu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60