Pencarian populer

Upaya Rano Karno Lestarikan ‘Si Doel’ hingga Anak Cucu

Rano Karno 'Si Doel The Movie' (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Aktor Rano Karno bersama beberapa pemain film ‘Si Doel The Movie’ lainnya, seperti Maudy Koesnadi, Mandra, dan Suti Karno, melakukan napak tilas ke makam pemain sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’, Benyamin Sueb, Pak Tile, dan Basuki, Jumat (6/7).
ADVERTISEMENT
Saat melakukan napak tilas, mereka juga datang bersama dua orang anak bernama Rey Bong dan Ahmad Zulkhair, yang juga terlibat di 'Si Doel The Movie'. Tujuan kedua anak itu diajak untuk dikenalkan terhadap tokoh-tokoh ‘Si Doel’ yang telah tiada.
“Nanti pun film ini berkelanjutan, dia tidak boleh lupa kepada buminya, tidak boleh lupa kepada akarnya. Edukasi saja kepada anak-anak, jangan pernah kita lupakan,” kata Rano saat ditemui di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Jumat (6/7).
Pria berumur 57 tahun itu berharap ‘Si Doel’ bisa dilestarikan dan dikenal secara turun temurun kepada anak dan cucu, sebagai salah satu aset budaya Betawi.
“Saya berharap ini jadi satu bridging ya. Kalau dibilang kekayaan kami, ya tinggal ‘Si Doel’. Ini yang ingin kami berikan ke anak cucu. Kalau ‘Si Doel’ berkelanjutan, mereka yang mewakili saya,” ucap Rano.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tujuan napak tilas sebagai salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi dengan para pemeran sinetron yang tayang pada 1994 itu. Apalagi sekarang, mereka sudah punya kesibukan masing-masing.
Foto pemeran film ‘Si Doel The Movie’ di makam Benyamin Sueb, TPU Karet Bivak. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Rano, misalnya. Selain berkecimpung di dunia entertainment, pria kelahiran Jakarta itu juga terjun ke dunia politik. Dia pun pernah menjabat sebagai Gubernur Banten. Kesibukan di kancah politik membuat Rano mesti meninggalkan dunia akting untuk sementara waktu.
“Terutama saya, sudah sepuluh tahun meninggalkan dunia film, setelah saya mengabdi ke provinsi dan saya balik ke rumah dan ke ‘Si Doel’. Tentu untuk mencari keberkahan, kita kunjungi ke orang-orang yang telah berjasa,” ucap Rano.
Foto pemeran film 'Si Doel The Movie' di TPU Srengseng, Jakarta Selatan. (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Tak mau melupakan jasa para pemain sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' yang telah tiada, Rano akan memasukkan suara mereka di film 'Si Doel The Movie'.
ADVERTISEMENT
“Bahkan, di film nanti kita tampilkan suara-suara mereka. Bukan gambar, tapi suara mereka agar kita tidak pernah melupakan orang yang berjasa kepada kita. Itu tujuannya, seperti itu,” ujar Rano.
Film ‘Si Doel The Movie’ akan tayang pada 23 Juli mendatang di bioskop Belanda. Hal tersebut dilakukan karena tingginya minat penonton Indonesia yang tinggal di Negeri Kincir Angin itu. Sedangkan di Tanah Air, baru akan tayang pada 2 Agustus 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81