Pencarian populer

Winky Wiryawan vs Dipha Barus, Siapa DJ Favoritmu?

DJ Winky Wiryawan dan DJ Dipha Barus (Foto: Instagram @winkywiryawan912 dan @diphabarus.)

Winky Wiryawan dan Dipha Barus merupakan dua di antara pemain Disc Jockey (DJ) Tanah Air yang cukup konsisten berkarya hingga saat ini. Meski sama-sama menyandang gelar DJ, tapi keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Winky sudah lebih dulu terjun ke dunia hiburan, dan julukan DJ Winky juga sudah sangat akrab pada dirinya. Ia memulai karier sebagai DJ sekitar tahun 2001.

Selama lebih dari 20 tahun berkutat sebagai DJ, Winky pun telah melahirkan karya yang bertajuk 'Tokyo' (2005) dan 'Flower Transformer' (2007). Pria yang akan menginjak usia 40 tahun ini pun masih tetap konsisten berkarya dengan pekerjaan yang dekat dengan dunia malam.

Selain aktif di dunia DJ, Wingky juga mencoba peruntungan di dunia seni peran. Debutnya di dunia seni peran ditunjukkan lewat film 'Jelangkung' (2001). Kemudian tawaran untuk menjadi bintang film terus berdatangan hingga saat ini.

Tercatat sudah lebih dari 15 judul film yang pernah dibintanginya. Beberapa di antaranya 'Titik Hitam', 'Mengejar Matahari', 'Janji Joni', 'Berbagi Suami', 'Badai Pasti Berlalu', 'Gara-gara Bola', 'Demi Dewi', '3Sum', hingga 'Rocker Balik Kampung'.

Berkat kemampuan aktingnya, Winky diganjar penghargaan dalam acara MTV Indonesia Movie Awards 2004 sebagai 'Best Crying Scene' dan MTV Indonesia Movie Awards 2007 sebagai 'Most Favorite Supporting Actor'. Ia juga beberapa kali menjadi nominasi di Festival Film Indonesia (FFI).

Loading Instagram...

Meski sudah cukup banyak berkutat di dunia seni peran, tidak membuat suami Asmara Siswandari alias Kenes ini meninggal dunia musik. Ia mengaku tetap aktif tampil sebagai DJ pada malam hari.

Tak hanya sebagai DJ dan pemain film, Winky juga mulai mencoba bergabung bersama grup musik Rahasia Intelijen hingga Fun On A Weekend.

Sementara Dipha Barus--sebenarnya--sudah mencintai dunia musik sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kala itu, dia mulai coba-coba untuk bermain bass.

Loading Instagram...

Refensi musik pria bernama lengkap Dipha Kresna Aditya Barus ini semakin luas, setelah mendapatkan ilmu dari sepupunya yang juga penggagas Irama Nusantara, David Tarigan.

Sempat kuliah desain grafis di Limkokwing University, Malaysia, dan bekerja di negara tersebut tidak membuat Dipha betah tinggal di negeri tentangga. Ia pun memilih kembali ke Indonesia dan mulai mendalami hobinya sebagai DJ.

Keseriusannya sebagai DJ diganjar penghargaan dari Paranoia Awards 2013 sebagai 'Best Electro DJ' dan 'DJ of the Year' di Paranoia Awards 2014. Sejak saat itu, kemampuannya sebagai DJ terus berkembang.

Debut karyanya sebagai DJ diketahui ketika dirinya merilis 'Move Your Bomboclat' pada 2015. Nama DJ berusia 32 tahun ini semakin dikenal pecinta musik elektronik setelah melahirkan single 'No One Can Stop Us' bersama Kalulla pada 2016.

Dipha juga sempat dijuluki DJ Syariah oleh rekan-rekannya sesama DJ. Hal itu terjadi lantaran dalama daftar permintaan manggungnya atau riders-nya untuk sebuah acara, ia memilih meminta air putih dan pisang ketimbang minuman beralkohol.

DJ Dipha Barus (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Meski saat ini belum terjun ke dunia film seperti Winky, Dipha lebih memilih untuk fokus di dunia musik. Sejumlah karya musiknya juga sudah dilahirkan Dipha selama terjun di industri musik, mulai dari 'Lemme Get That' yang berduet dengan Rinni Wulandari dan Teza Sumendra, 'All Good' dengan Nadine, hingga 'Decide' dengan A. Nayaka, Matter Mos & RamenGvrl'.

Karya-karya Dipha sebagai DJ pun diganjar penghargaan 'Song of the Year' di Indonesian Choice Awards 2016. Lalu, dia juga memenangkan sebagai 'Karya Produksi Dance/Electronic Terbaik' di ajang Anugerah Musik Indonesia 2017.

Selain dikenal sebagai DJ, Dipha juga kini mulai bekerja di belakang panggung sebagai komposer dan produser. Bersama Raisa dan Marco Steffiano 'Barasuara', mereka membentuk Juni Studio yang berada di bawah manajemen Juni Records.

Meski berbeda nasib, Winky dan Dipha sama-sama menunjukkan kemampuan dan prestasi mereka masing-masing di dunia electronic dance music atau EDM. Jadi, di antara Winky dan Dipha, siapa DJ favorit kamu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61