kumparan
16 Mei 2018 17:49 WIB

Woody Allen: Aku adalah Pengidap Neurosis

Woody Allen. (Foto: AFP/Alberto Pizzoli)
Sutradara film Woody Allen merupakan salah satu sutradara paling berpengaruh pada zaman modern. Hal itu terbukti dengan karya-karya filmnya yang terkesan intelektual seperti 'Blue Jasmine', 'Midnight in Paris', 'Annie Hall', 'Manhattan', hingga film animasi 'Antz'.
ADVERTISEMENT
Siapa sangka, pria kelahiran New York, AS, 1 Desember 1935, tersebut takut masuk ke dalam lift dan melewati terowongan?
“Aku tidak suka masuk ke dalam lift. Aku juga tidak suka pergi melewati terowongan," kata Allen seperti dikutip People.
Ternyata, tak hanya itu keanehan dalam hidup Allen. Pria berusia 82 tahun itu juga dikabarkan membenci beberapa hal, beberapa di antaranya adalah serangga, rusa, anjing, kucing, ikan, burung nuri, hamster, ketinggian, ruangan kecil, dan tempat yang ramai akan orang. Dia juga tidak suka terpapar sinar matahari, melihat warna-warna terang, dan berhadapan dengan anak-anak.
Woody Allen. (Foto: AFP/Alberto Pizzoli)
“Aku adalah seorang pengidap neurosis dengan cara yang lebih ramah. Maksudnya, aku punya banyak kebiasaan yang berhubungan dengan neurosis,” ucapnya seperti dikutip Reuters.
ADVERTISEMENT
Allen pun menceritakan kehidupannya sebagai seseorang yang mengidap penyakit neurosis.
“Aku suka pancuran mandiku berada di ujung ruangan, bukan di tengah. Aku memotong pisang menjadi tujuh potong setiap pagi sebelum aku menaruhnya ke dalam mangkuk berisi cereal,” jelasnya. "Hal ini tidak menyakiti orang lain, tapi mereka neurotik."
Meski demikian, ada beberapa orang yang merasakan dampak dari penyakit yang diidap Allen tersebut. Kala itu, film Allen yang berjudul 'Anything Else' ditayangkan di Venice Film Festival 2003. Untuk mencapai lokasi konferensi pers, Allen dan yang lain harus menggunakan lift.
Namun, sutradara film 'Match Point' itu menolak untuk menggunakan lift dan memilih untuk menaiki tangga. Alhasil, dua pemeran utamanya, Christina Ricci dan Jason Biggs, terpaksa menaiki tangga sebanyak tiga kali untuk mencapai lokasi konferensi pers.
Woody Allen. (Foto: AFP/Loic Venance)
Walau Allen memiliki banyak kekhawatiran, hal itu tidak membuatnya berhenti berkarier di dunia hiburan. Hingga kini, Allen telah mengantongi 4 piala Oscar, 10 piala BAFTA, dan 2 piala Golden Globe.
ADVERTISEMENT
Neurosis sendiri adalah gangguan psikologis fungsional yang diakibatkan dari konflik emosional. Contohnya, rasa cemas, histeria, obsesi kompulsi, atau fobia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan