kumparan
10 Okt 2018 19:18 WIB

Yura Yunita Tak Kuasa Menahan Air Mata saat Nyanyi Bareng Tuna Netra

Yura Yunita. (Foto: Munady)
Yura Yunita merilis album kedua bertajuk 'Merakit' pada 21 September lalu. Sebagai permulaan, ia merilis single perdana berjudul 'Buka Hati' berserta video klipnya pada 27 September.
ADVERTISEMENT
Masih dalam rangkaian promo album 'Merakit', penyanyi berusia 27 tahun tersebut menggelar showcase di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Rabu (10/10). Dalam kesempatan itu, perempuan berdarah Sunda itu bercerita alasan utamanya menjadikan 'Buka Hati' sebagai single perdana.
"Lagu 'Buka Hati' itu sebenarnya Yura ciptakan berdua sama Tulus. Jadi, waktu itu lagi di rumah dan kita cerita tentang hidup. Kemudian ada satu pembahasan yang rasanya cocok untuk dijadikan lagu. Terciptalah lagu 'Buka Hati' yang terinsiprasi dari doa-doa malam saat kita berharap orang yang kita cintai bisa buka hati dan mencintai kita," ungkap Yura.
Menurut pelantun lagu 'Kataji' itu, single tersebut bisa mewakili perasaan di hatinya selama beberapa waktu belakangan. Selain itu, Yura Yunita berharap single 'Buka Hati' yang berirama sangat tenang dan syahdu bisa menyentuh banyak dan mewakili doa malam orang banyak.
ADVERTISEMENT
"Karena kan dari berbagai usaha-usaha kita, usaha paling terakhir kita itu kan ada pada saat kita doa. Jadi, kenapa engga saat-saat berdoa itulah yang saya gubah jadi lagu," tuturnya.
Yura Yunita. (Foto: Munady)
Jika mengacu pada video klip, Yura terlihat sangat tersentuh hingga menangis saat menyanyikan lagu 'Buka Hati'. Lagi-lagi, penyanyi berambut ikal itu larut dalam haru saat menyanyikan lagu tersebut dalam showcase yang digelarnya.
"Mungkin ada kekuatan magisnya ya. Seketika air mata aku keluar gitu. Padahal enggak ada apa-apa hari ini. Tapi pas nyanyi malah jadi emosional. Pas syuting itu juga 8 kali take, aku selalu nangis," ujarnya.
Meski selalu terharu kala menyanyikan lagu 'Buka Hati', ada single lain yang difavoritkan Yura dari album terbarunya. Adalah 'Merakit', lagu yang bercerita secara gamblang tentang bagaimana Yura jatuh bangun saat berkarya di industri musik sejak empat tahun belakangan ini.
ADVERTISEMENT
"Lirik per liriknya itu adalah menceritakan proses perjalanan Yura sampai sekarang. Selama berkarier aku pernah merasa dibatasi, dikungkung, tapi aku merasa jiwa dan seni itu tak bisa dihalangi," kata Yura.
Loading Instagram...
Saat akan membawakan lagu tersebut, Yura mengajak empat orang tuna netra ke atas panggung untuk bersama-sama menyanyikan lagu 'Merakit'. Ia menjelaskan mengapa mengajak empat orang yang memberikan banyak inspirasi dalam album keduanya itu.
"Waktu itu aku sedang drop, tapi aku harus nyanyi di panti tuna netra di Bandung. Ternyata, teman tuna netra di sana spirit-nya besar sekali untuk bisa merakit mimpinya. Ada satu anak di sana, dia aku ajak nyanyi juga, dia tuh suaranya bagus sekali," kata Yura sebelum terhenti dan mulai berkaca-kaca.
ADVERTISEMENT
"Saat itu, mungkin buat dia menyanyi seperti itu sedehana, tapi saat dia bilang, 'Aku pengin deh bisa kayak Kak Yura, bisa bikin senang banyak orang'. Dari situ aku merasa tertampar dan terinspirasi untuk menulis lagu," Yura menjelaskan terbata-bata sambil memeluk satu per satu empat penyanyi tuna netra di panggung.
Selama bernyanyi dengan keempat tuna netra itu, Yura tak kuasa menahan air mata yang sudah terbendung di pelupuk mata. Ia pun menangis dan tak lagi mampu melantunkan bait-bait lagu tersebut dengan kalimat yang jelas.
Rekan duet Glenn Fredly tersebut lalu menerangkan bahwa dirinya tak hanya mengapresiasi para penyanyi tuna netra di panggung showcase. Yura juga menempatkan mereka sebagai salah satu unsur penting dalam album 'Merakit'.
Yura Yunita. (Foto: Munady)
Menurut Yura, keberadaan teman-teman tuna netranya itu sejajar dengan Tulus yang membantunya menulis lagu 'Buka Hati', dan Yovie Widianto yang menciptakan lirik lagu 'Harus Bahagia'.
ADVERTISEMENT
"Karena inspirasi dari mereka, aku semakin terpacu membuat album ini dan karena itu akhirnya aku mengajak teman-teman tuna netra ini untuk mengisi suara di lagu 'Merakit'," kata Yura disambut tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir.
Album 'Merakit' dari Yura Yunita kini telah tersedia secara digital di Spotify dan album fisik. Album tersebut berisikan sembilan lagu, termasuk 'Intuisi' dan 'Harus Bahagia' yang telah terlebih dahulu menjadi single.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan