Pencarian populer

3 Dugaan Kasus Narkoba yang Menyeret Selebriti Korea

Seungri, Hwang Ha Na dan Robert Holley terkena dugaan kasus narkoba. Foto: Berbagai sumber

Dunia hiburan Korea Selatan tengah dihebohkan dengan beberapa kasus besar yang menyeret banyak selebriti. Mulai dari kasus molka, atau rekaman video cabul yang diambil diam-diam, dugaan suap, hingga kasus narkoba membawa sederet selebriti pada kasus hukum.

Beberapa selebriti yang saat ini namanya tengah 'populer' lantaran terseret kasus narkoba, adalah Seungri, Hwang Ha Na, dan Robert Holley.

Seperti apa kasus dugaan narkoba yang membawa nama ketiga selebriti ini? Berikut ulasannya.

1. Seungri

Seungri, salah satu personel Band K-Pop Big Bang, tiba di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, di Seoul, Korea Selatan, Kamis (14/3). Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji

Seungri saat ini tengah terseret berbagai macam kasus hukum, mulai dari dugaan suap layanan seksual, prostitusi jaringan internasional, penggelapan dana, hingga penyebaran rekaman seks ilegal. Ia pun diduga menggunakan narkoba.

Jaringan telivisi Korea Selatan, TV Chosun, melaporkan bahwa polisi telah menerima kesaksian dari sumber di kelab Burning Sun, yang menyatakan bahwa Seungri menggunakan narkoba. Seungri pun secara pribadi telah dipanggil untuk diinterogasi mengenai dugaan penggunaan narkoba ini pada 18 Maret 2019.

Unit investigasi metropolitan dari Kepolisian Metropolitan Seoul pun telah memulai penyelidikan apakah kesaksian orang yang menyatakan Seungri menggunakan narkoba, faktual atau tidak.

TV Chosun menyebut polisi melihat kesaksian tersebut cukup kredibel. Namun, karena tidak memiliki rincian konkret tentang waktu dan lokasi, mereka mengalami kesulitan untuk mengkonfirmasi.

Dilansir dari Soompi, Seungri telah membantah tuduhan penggunaan narkoba, dan tes narkoba yang dilakukan ketika dia secara sukarela menyerahkan diri untuk diperiksa pada 27 Februari, hasilnya negatif.

2. Hwang Ha Na

Hwang Ha Na. Foto: Instagram/@shinebright_love0225

Mantan tunangan Yoochun JYJ sekaligus online blogger Korea, Hwang Ha Na, mengakui bahwa dirinya menggunakan narkoba. Ia mengeklaim, memakai narkoba setelah disarankan oleh seorang teman selebriti.

Hwang Ha Na diduga menggunakan Philopon (suatu bentuk metamfetamin) antara Mei hingga Juni dan September 2015. Dia juga secara ilegal mengonsumsi dua obat yang mengandung Clonazepam, obat psikotropika, pada April tahun lalu.

Pada September 2015, Hwang Ha Na juga pernah didakwa melanggar Undang-Undang Kontrol Narkotika dengan tuduhan menggunakan 0,5 gram Philopon bersama seorang mahasiswa yang diidentifikasi bernama Cho di distrik Gangnam.

Saat ini, Pengadilan Distrik Suwon telah mengeluarkan surat perintah penahanan pra-persidangan untuk Hwang Ha Na sejak Sabtu (6/4). Pengadilan mengatakan, ada kekhawatiran bahwa dia mungkin melarikan diri, jadi ada kebutuhan untuk menahannya.

Hwang Ha Na. Foto: Instagram/@shinebright_love0225

Selama interogasi, Hwang Ha Na dan pengacaranya mengakui semua tuduhan pemakaian narkoba. Mereka menjelaskan bahwa dia pertama kali menggunakan Philopon pada tahun 2015.

Ha Na sempat berhenti selama tiga tahun sampai teman selebritasnya 'A', menyarankan agar dia menggunakan obat itu lagi. Ia pun kembali menggunakan obat itu dari akhir 2018, hingga beberapa hari terakhir sebelum ditangkap. Tampaknya penyelidikan akan terus berkembang setelah pengakuan Ha Na soal selebriti 'A'.

Hwang Ha Na sendiri dikenal sebagai satu-satunya cucu perempuan dari pendiri Namyang Dairy Products. Dia juga seorang online blogger yang namanya melejit setelah mulai berkencan dengan Park Yoochun pada April 2017. Namun, pasangan ini putus pada Mei 2018.

3. Robert Holley

Robert Holley. Foto: JTBC Abnormal Summit

Robert Holley merupakan pengacara naturalisasi Korea Selatan yang sering muncul di berbagai acara televisi. Ia telah ditangkap atas dugaan penggunaan narkoba pada Senin (8/4), oleh Tim Kejahatan Maya, Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Nambu.

Dilaporkan bahwa Robert Holley diduga membawa Philopon (suatu bentuk metamfetamin) di rumahnya di Seoul setelah membelinya secara online.

Menurut polisi, dia mengaku membeli Philopon secara online, dan menyuntikkannya di rumahnya di Seoul. Urinnya juga dinyatakan positif mengandung obat tersebut.

Polisi mengumpulkan sampel urin dan rambut Robert untuk pemeriksaan atas seizinnya, lalu mengirimkannya ke National Forensic Service (NFS). Hal ini dilakukan karena pihak kepolisian ingin meminta pendapat ahli tentang tes narkoba Robert.

Polisi juga menyatakan bahwa mereka telah memverifikasi bahwa Robert Holley mengirim ratusan ribu won ke rekening bank pengedar narkoba akhir bulan lalu. Meskipun jumlah Philopon yang dibeli belum dapat dikonfirmasi, polisi percaya bahwa Robert Holley menyuntikkan narkoba sendirian.

Mengenai penampilannya di acara siaran TV MBC, 'Radio Star', dan di TV Chosun, 'How Much Is It?', kedua pihak produksi telah mengonfirmasi, bahwa penampilan Robert akan diedit sebanyak mungkin dari acara mereka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23