Pencarian populer

3 Kolaborasi Suga BTS bersama Penyanyi Korea Selatan

Suga dan penyanyi Korea Selatan Foto: Berbagai Sumber

Suga BTS adalah penyanyi idola yang aktif sebagai rapper sekaligus produser lagu. Tidak cuma tampil di atas panggung bersama boyband BTS, pria berusia 26 tahun ini juga kerap membuat lagu untuk grupnya atau penyanyi lain.

Kali ini, kumparanK-Pop membahas tiga lagu hasil kolaborasi Suga bersama beberapa penyanyi Korea Selatan lain. Pria asal Daegu itu pernah melakukan featuring sebagai rapper, juga menjadi produser untuk solois-solois terkenal.

Berikut tiga lagu hasil kolaborasi Suga dengan penyanyi Korea Selatan lainnnya.

1. Suran – Wine (feat. Changmo)

‘Wine’ adalah salah satu lagu kolaborasi Suga BTS yang paling terkenal. Dalam lagu keluaran 2017 ini, Suga bekerja sama dengan Suran, solois yang pernah menyumbangkan suaranya untuk Suga dalam lagu ‘So Far Away’ (2016).

Lagu ini diproduseri oleh Suga dan dinyanyikan oleh Suran bersama rapper Changmo. 'Wine' memiliki gaya R&B-ballad yang melankolis, dipadukan dengan suara Suran yang merdu dan khas. Sementara, liriknya menceritakan mengenai seseorang yang masih belum bisa melupakan mantan kekasihnya.

Lagu ini berhasil membawa Suran kepada penghargaan 'R&B/Soul', juga penghargaan 'Hot Trend Award' bersama Suga BTS di ajang Melon Music Awards 2017.

2. Lee Sora – Song Request (Prod. By Tablo)

Video

Pada Januari 2019, solois veteran Korea Selatan, Lee Sora, merilis lagu berjudul ‘Song Request’. Karya ini merupakan hasil kolaborasi antara Lee Sora dan Suga BTS, diproduseri oleh Tablo Epik High.

Dalam 'Song Request', pelantun ‘The Wind Blows’ itu membawakan nyanyian tentang seseorang yang sedih dan ingin dihibur lewat siaran radio. Nyanyian Lee Sora kemudian ditimpali dengan rap oleh Suga, yang seolah berperan sebagai DJ radio.

Lagu ballad ini sempat meraih predikat all-kill, atau merajai seluruh chart musik digital di Korea Selatan secara real time.

3. Heize – We Don’t Talk Together (feat. Giriboy)

Video

Setelah bekerja sama dengan Suran dan Lee Sora, pemilik nama asli Min Yoongi itu berkolaborasi dengan solois sekaligus rapper Korea, Heize.

Pada 7 Juli 2019, Heize merilis lagu yang berjudul ‘We Don’t Talk Together (feat. Giriboy)’. Lagu bergaya R&B/Urban ini menceritakan mengenai sepasang kekasih yang hubungannya telah mendingin.

Hingga seminggu setelah dirilis, lagu yang diproduseri Suga BTS ini masih berada di posisi 10 besar berbagai chart musik digital Korea Selatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.64