Pencarian populer

4 Agensi yang Pernah Merilis Film Konser dan Dokumenter K-Pop

Ilustrasi film dokumenter dan film konser K-Pop. (Foto: Berbagai Sumber)

Rekaman konser dan dokumenter idola K-Pop sudah cukup lama menjadi komoditas agensi hiburan Korea Selatan. Selama bertahun-tahun lamanya, berbagai agensi membuat video dokumenter dan konser idola dalam bentuk DVD.

Namun, sejak 2012, perusahaan di Korea mulai berinovasi dengan menghadirkan film konser serta dokumenter K-Pop dalam format layar lebar. Tidak cuma disiarkan di bioskop Korea Selatan, film-film ini juga dipasarkan hingga ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Indonesia.

Dalam story ini, kumparan K-Pop merangkum daftar agensi yang pernah membuat film konser dan dokumenter K-Pop dalam format layar lebar. Film agensi mana yang sudah pernah kamu tonton?

1. SM Entertainment

Agensi ini bisa disebut sebagai salah satu yang paling awal mengulik konsep film konser dan dokumenter K-Pop. Pada 2012, perusahaan yang merupakan 'rumah' bagi TVXQ, Super Junior, SHINee, hingga EXO ini menelurkan film dokumenter berjudul 'I AM'.

Dalam film ini, SM menghadirkan sosok ke-32 orang artisnya yang tengah bersama-sama menggelar konser SM Town di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat pada 2012. Film ini tidak cuma berisi cuplikan konser keluarga tersebut, tetapi juga menghadirkan kisah belakang layar para artis SM Entertainment.

Tiga tahun setelahnya, perusahaan yang diprakarsai oleh Lee Soo Man ini kembali menghadirkan dokumenter lain, yang kali ini berjudul 'SM Town: The Stage'. Film ini berisi rekaman kisah para artis idola SM dalam tur konser dunia 'SM Town Live World Tour IV'.

Tak cuma bermain di ranah dokumenter, SM Entertainment juga berkreasi di bidang film konser. Pada 2015, agensi ini merilis film konser dengan format surround viewing di Jepang dan Korea. Lewat film ini, fans yang berada dalam lokasi pemutaran, bisa menyaksikan konser SM Town yang sedang berlangsung secara realtime.

2. YG Entertainment

YG Entertainment, perusahaan yang menaungi BIG BANG, iKON, Winner, serta Blackpink, juga sudah pernah bereksperimen di ranah film konser dan dokumenter.

Setelah rutin menghadirkan DVD konser para artis-artisnya, pada 2016, perusahaan ini menghadirkan film dokumenter 'BIGBANG10 the Movie: BIGBANG MADE' untuk merayakan anniversary BIG BANG yang ke-10 pada 2016. Melalui film ini, penggemar bisa melihat keseruan tur konser dunia 'MADE' milik BIG BANG, juga adegan-adegan di balik layar konser tersebut.

Dua tahun setelahnya, agensi ini menghadirkan film dokumenter 'Kwon Ji Yong Act III: Motte' pada 2018. Film yang disajikan lewat YouTube Premium ini menceritakan soalperjuangan dan pergumulan batin leader BIG BANG, G-Dragon (Kwon Ji Yong), dalam konser solo terakhirnya sebelum menjalani wajib militer, 'Act III: M.O.T.T.E 'Moment of Truth The End’.

3. JYP Entertainment

Pada 2012, JYP Entertainment bereksperimen dengan film dokumenter yang berjudul 'Beyond the One Day: Story of 2PM & 2AM'. Film ini menghadirkan perkembangan dua grup idola JYP, yaitu 2AM dan 2PM, dengan footage dari konser 'JYP Nation in Japan 2011'. Film ini ditayangkan di Jepang pada Juni 2012.

Setelahnya, pada 2019, JYP menayangkan 'Twiceland', film konser Twice yang dibuat untuk format ScreenX (tiga layar lebar dalam satu bioskop). Film ini bisa dinikmati oleh para Once (fans Twice) di Indonesia pada 17-20 Januari 2019.

4. Big Hit Entertainment

Pada 2018, perusahaan yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment, menghadirkan film dokumenter berjudul 'Burn The Stage: The Movie'. Film ini ditayangkan secara serentak di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, pada 15 November 2018.

Film ini menghadirkan footage konser dan juga interview balik layar BTS, saat mereka menjalani tur konser 'Wings' di berbagai belahan dunia pada 2017. Sebelumnya, film ini sudah terlebih dahulu disajikan dalam YouTube Red pada sekitar Maret 2018. Kemudian, berdasarkan laporan NME.com, film ini rencananya kembali dapat disaksikan oleh penonton lewat format YouTube Premium mulai Jumat, 18 Januari 2019.

Setelah memperoleh kesuksesan besar dengan film tersebut (ditonton oleh sekitar 1,4 juta penonton dari seluruh dunia), perusahaan yang dikepalai produser Bang Shi Hyuk itu kemudian menghadirkan film konser 'BTS World Tour: Love Yourself in Seoul'. Film ini akan ditayangkan secara serentak di 95 negara pada 26 Januari 2019, termasuk di Indonesia.

Melalui film ini, penonton akan bisa menyaksikan keseruan pertunjukan pembuka tur konser dunia 'Love Yourself' milik BTS, yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan, pada Agustus 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: