kumparan
6 Feb 2019 20:36 WIB

4 Kontroversi yang Dilakukan Komedian Kim Gura

Komedian Korea, Kim Gura. Foto: Facebook/@MBCentertain
Kim Gura, pembawa acara sekaligus komedian tenar Korea Selatan, bukanlah sosok yang tanpa kontroversi. Sejak memulai karier di tahun 1993, pria ini sudah melakukan berbagai hal kontroversial yang kerap kali membuat publik naik pitam.
ADVERTISEMENT
Namun, hingga kini, Kim Gura masih aktif berkarier di dunia hiburan. Seolah kontroversi-kontroversi ini tidak memberatkan namanya, pria dengan nama asli Kim Hyun Dong ini terus beraktivitas, bahkan dianugerahi penghargaan terbesar (Daesang) oleh MBC Entertainment Awards pada 2015. Seperti apa sih hal-hal kontroversial yang pernah dilakukan oleh Kim Gura? Berikut kumparanK-Pop merangkum empat di antaranya. 1. Melakukan pelecehan seksual di depan kamera
Baru-baru ini, sebuah video berisi tayangan yang dibintangi oleh Kim Gura menjadi viral. Meski sedikit sekali informasi mengenai apa nama tayangan dan kapankah persisnya acara itu mengudara, netizen sangat terkejut melihat konten video tersebut.
Dalam video yang pertama kali diunggah oleh akun @tuna1can itu, terlihat sosok Kim Gura yang dianggap melakukan pelecehan seksual di depan kamera. Ia tampak menilai payudara beberapa wanita, bahkan menyentuh payudara mereka dengan jarinya.
ADVERTISEMENT
Melihat video ini, tak sedikit netizen yang geram. Mereka mempertanyakan, bagaimana program seperti itu bisa ditayangkan dan mengapa Kim Gura bisa tersenyum setelah melakukan tindakan seperti itu di depan kamera. 2. Berkomentar soal payudara Lee Hyori
Kim Gura dan Lee Hyori. Foto: Facebook/@MBCentertain, Elle
Sebelum sering tampil di acara televisi seperti sekarang, Kim Gura pernah aktif membawakan siaran internet bersama rekan sesama komedian yang bernama Hwang Bong Al. Selama sekitar tahun 2001 hingga 2005, pria itu membicarakan mengenai berbagai hal tanpa menahan omongannya dan menjadi sensasi di internet. Namun, ada beberapa ucapan yang membawa masalah kepada dirinya sendiri. Misalnya, saat ia membicarakan mengenai gosip operasi payudara yang dilakukan oleh Lee Hyori. Sports Hankuk melansir, ketika itu, Kim Gura menyebutkan kata-kata yang bernada 'seperti makian' terhadap Lee Hyori. Karena kejadian ini, pria kelahiran 1970 itu pernah mengatakan dia paling merasa bersalah kepada Lee Hyori. Ia mengatakan ingin meminta maaf kepada sang idola bila memiliki kesempatan. Pada 2013, kedua selebriti ini akhirnya terlihat berpelukan dan berdamai dalam sebuah acara berjudul 'Hwashin'. 3. Membuat komentar pedas di Radio Star
ADVERTISEMENT
Video
Kim Gura adalah salah satu pembawa acara tetap dalam variety show MBC, 'Radio Star'. Dalam acara ini, ia biasa membicarakan berbagai topik bersama host dan juga tamu lainnya. Akan tetapi, Kim Gura dianggap sering memberikan komentar yang terlalu pedas dalam acara tersebut. Misalnya, saat dia membicarakan mengenai kebotakan yang dialami Peniel BTOB saat grup idola K-Pop, Sechskies, bertamu ke 'Radio Star'. Saat sedang membicarakan Kang Sung Hoon eks Sechskies yang mewarnai rambutnya, Kim Gura tiba-tiba membicarakan mengenai kebotakan yang dialami oleh Peniel. Komentar yang dirasa tidak sensitif ini kemudian membuat Melody, fans BTOB, naik pitam.
"Bukankah ada idola yang baru-baru ini mengatakan kalau dia mengalami kebotakan dini di acara lain, padahal dia baru berusia 20-an?" ujar Kim Gura.
ADVERTISEMENT
"Tapi, kulihat, tidak ada satu pun di antara kalian (Sechskies) yang menderita karena kebotakan sekalipun kalian sudah berusia 40-an," imbuhnya.
Satu tahun setelah kejadian ini, Kim Gura kembali membuat komentar bermasalah. Pada 2017, dia dianggap membicarakan mengenai presenter televisi, Kim Saeng Min, dengan tidak sopan. Kim Saeng Min dikenal sebagai sosok yang selalu berusaha berhemat dalam hidupnya. Namun, Kim Gura justru mengkritik sifat ini dan mengatakan Kim Saeng Min pelit. "Jadi pelit itu bukanlah menjadi dewasa. Aku melihat naskah Kim Saeng Min dan berpikir, kenapa dia begitu? Apakah kita harus menganggap kelakukannya ini dewasa?" tanyanya.
Pertanyaan ini menuai protes keras dari penonton acara 'Radio Star'. Mereka merasa ucapan Kim Gura tidak sopan dan meminta agar komedian itu, juga pihak produksi 'Radio Star', meminta maaf.
ADVERTISEMENT
Menuruti protes penonton, pihak 'Radio Star' dan agensi Kim Gura mengeluarkan permintaan maaf.
4. Berkomentar soal korban perbudakan seks dan pekerja seks komersil
Comfort woman statue. Foto: flickr/YunHo LEE
Ini adalah salah satu kasus kontroversi terbesar Kim Gura. Pada 2012, sebuah file audio berisi rekaman webcast Kim Gura di 2002 tersebar luas. Ketika itu, pria ini membuat komentar tidak pantas mengenai pekerja seks komersil dan korban perbudakan seks di era Jepang.
"Sekitar 80 pekerja seks komersil memperjuangkan hak mereka terhadap para polisi. Mereka duduk di bus sewaan menuju Komisi Hak Asasi Manusia Nasional untuk mengajukan protes. Mungkin, ini adalah pertama kalinya para pekerja seks komersil menaiki bus (seperti ini) sejak para wanita korban perbudakan seks (melakukannya di era Perang Dunia kedua)," ujar Kim Gura, seperti dikutip Soompi.
ADVERTISEMENT
Tak berhenti di situ, Kim Gura juga mengatakan, "Aku yakin, pengemudi bus itu juga ereksi."
Komentar ini pun mengundang kemarahan yang sangat dahsyat dari kalangan publik Korea Selatan. Sebab, tanpa komentar Kim Gura pun, topik mengenai para korban perbudakan seks sangatlah sensitif di Korea Selatan.
Akibatnya, publik meminta agar Kim Gura berhenti muncul di televisi Korea Selatan. Komedian itu kemudian sempat meminta maaf dan mundur dari semua acara yang dibintanginya, meski akhirnya kembali muncul di layar kaca setelah beberapa bulan kemudian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan