Pencarian populer

5 Drama Korea yang Bertema Kepolisian

Drama korea bertema kepolisian Foto: Berbagai sumber

Cerita soal kepolisian menjadi salah satu tema yang sering disajikan dalam drama Korea. Dengan genre action yang dibumbui komedi, percintaan, bahkan yang misterius, dan horor sekalipun, tema yang satu ini selalu menarik perhatian pencinta drama Korea.

Jalan ceritanya pun beragam. Ada yang dibuat serius, ada juga yang sederhana dan menghibur. Beberapa bahkan menceritakan kisah yang membuat penonton penasaran dengan tugas seorang polisi yang sebenarnya.

Kali ini, kumparan akan memberikan rekomendasi lima drama Korea yang bertema kepolisian. Ada yang sudah pernah kamu tonton?

1. 'You're All Surrounded'

'You're All Surrounded' adalah serial Korea Selatan yang tayang di SBS pada 2014, dibintangi oleh Lee Seung Gi, Cha Seung Won, Go Ara, Ahn Jae Hyun, Park Jung Min, Oh Yoon Ah, dan Sung Ji Ru.

Drama ini bercerita soal detektif muda yang baru saja lulus dari akademi kepolisian, Kim Ji Yong (Lee Seung Gi), ia memilih menjadi detektif setelah ibunya dibunuh saat dirinya masih sangat muda. Untuk menutupi identitasnya dari sang pembunuh, ia mengganti namanya menjadi Eun Dae Gu.

Ji Yong bersama Eo Soo Sun (Go Ara), Park Tae Il (Ahn Jae Hyeon), dan Ji Kook (Park Jung Min), tergabung dalam Tim 3 yang dipimpin oleh Seo Pan Seok (Cha Seung Won), di Kepolisian Distrik Gangnam. Distrik tersebut dikenal sering menghadapi banyak sekali kasus kejahatan.

Diceritakan tidak ada satupun dari keempat tokoh yang memiliki mimpi menjadi detektif. Mereka memiliki alasan sendiri mengapa akhirnya memutuskan bekerja sebagai detektif. Namun kisah persahabatan dan kasus-kasus yang dihadapi, akhirnya membuat mereka berempat berjuang agar bisa menjadi detektif sesungguhnya.

Tidak melulu bercerita soal kasus kejahatan yang serius, drama ini juga dibumbui komedi, dan kisah romantis antara para polisi muda.

2. 'Live'

Drama ini bercerita tentang para polisi dari beragam jabatan. Mulai dari kadet lapangan dan petugas patroli terendah, hingga atasan mereka termasuk korporat, kapten, dan lainnya. Mereka membentuk tim 'Live' di divisi patroli Hongcheon. Setiap perwira memiliki kisah mereka sendiri, dan bekerja keras di bagian masing-masing.

Drama yang tayang di tvN pada Mei 2018 ini, dibintangi oleh Jung Yu Mi sebagai Han Jung Oh. Ia adalah perwira wanita yang sebelum masuk ke akademi kepolisian, sangat sulit mendapatkan pekerjaan. Saat di akademi kepolisian ia bertemu dengan Sang Soo (Lee Kwang Soo).

Sang Soo sempat magang di perusahaan air. Ia sangat ingin menjadi pekerja tetap dan bekerja keras hingga tak pernah istirahat. Namun karena suatu hari ia bekerja sama dengan perusahaan penipu, akhirnya ia memilih untuk menjadi polisi.

Jung Oh dan Sang Soo menjalani hari yang berat selama di akademi polisi yang dipimpin oleh instruktur kejam, Yang Chon (Bae Sung Woo). Setelah selesai pelatihan di akademi polisi, Jung Oh dan Sang Soo memulai pekerjaannya di divisi patroli Hongcheon.

Drama ini lebih bercerita soal kegembiraan dan kesedihan perwira polisi menjalani pekerjaannya. Sebagai polisi mereka harus tetap teguh menjunjung tinggi nilai kehidupan dan juga keadilan.

3. 'Two Cops'

Drama dengan unsur fantasi ini bercerita soal detektif emosional, keras kepala, dan semaunya sendiri, Cha Dong Tak, yang diperankan oleh Jo Jung Suk. Sifatnya tersebut semakin memburuk setelah rekan kerjanya mati dibunuh dan para atasan seolah menutup-nutupi kejadian tersebut. Tak tahan, Dong Tak memilih untuk mencari pelaku dan penyebab kematian rekannya, sendirian.

Selain berpusat pada detektif Cha Dong Tak, drama ini juga menceritakan seorang reporter pemula Song Ji An (Lee Hyeri) dan penipu bernama Kim Seon Ho (Gong Su Chang).

Kim Seon Ho digambarkan sebagai sosok yang baru keluar dari penjara. Ia tiba-tiba dituduh sebagai pembunuh, dan Dong Tak merupakan salah satu orang yang sangat ingin menangkapnya. Namun dalam suatu kejadian, Dong Tak dan Seon Ho tercebur ke Sungai Han. Ketika sadar setelah 49 hari koma, mereka berdua tiba-tiba sudah saling bertukar jiwa.

Sementara Song Ji An merupakan reporter pemula yang sering mengikuti Dong Tak agar mendapatkan berita eksklusif. Karena sering bersama, hubungan Ji An dan Dong Tak pun berubah jadi cinta.

Drama polisi ini bisa dibilang sangat berbeda dengan drama lain, karena selain memecahkan kasus pembunuhan, 'Two Cops' mampu memadukan genre komedi, fantasi, misteri, dan action dalam satu cerita.

4. 'Voice'

Drama 'Voice' mungkin merupakan salah satu drama bertema kepolisian yang paling terkenal. Saking terkenal dan banyak yang menyukai tayangan ini, pihak produksi membuat sekuel bertajuk 'Voice 2'.

Bercerita soal Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk), detektif populer yang kerap kali menangani kasus besar. Namun setelah istrinya mati dibunuh, hidupnya menjadi tak karuan karena merasa bersalah tidak bisa melindungi sang istri.

Di sisi lain, Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) seorang lulusan akademi kepolisian yang memiliki kemampuan pendengaran luar biasa, memulai pekerjaannya di call center darurat, 112. Ketika sedang bekerja, ia menerima sambungan dari korban pembunuhan, saat itu pula ayahnya terbunuh dan Kwon Joo mendengar semuanya.

Jin Hyuk dan Kwon Joo kemudian dipertemukan dan keduanya bertekad untuk mencari tersangka pembunuhan keluarga mereka.

Tidak hanya berkutat pada penyelesaian kasus pembunuhan, drama ini pun menceritakan berbagai kasus-kasus kecil yang akhirnya mengarahkan mereka pada kasus pembunuhan yang tengah diselidiki.

5. 'Tunnel'

Drama 'Tunnel' bercerita soal polisi yang tidak sengaja menjelajah waktu saat sedang menyelesaikan kasus pembunuhan berantai. Diperankan oleh Choi Jin Hyuk, detektif Park Gwang Ho hidup di tahun 1986.

Ketika hampir menangkap tersangka pembunuhan di sebuah terowongan, ia menjelajah waktu hingga ke tahun 2017.

Pembunuhan berantai ternyata berlanjut hingga 30 tahun kemudian. Di masa depan, Detektif Park Gwang Ho bekerja bersama Detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan Professor Kriminal Shin Jae Yi (Leee Yoo Young) untuk menangkap pembunuh tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: