kumparan
29 Agu 2019 9:39 WIB

5 Fakta X1, Boyband Jebolan 'Produce X 101'

Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Ajang survival show Mnet 'Produce' berhasil mendebutkan grup-grup yang populer. Mulai dari 'Produce 101' yang mendebutkan girlband I.O.I., 'Produce 101 Season 2' yang melahirkan boyband Wanna One, 'Produce 48' dengan IZ*ONE, dan yang terbaru boyband X1 dari seri 'Produce X 101'.
ADVERTISEMENT
'Produce X 101' sendiri baru saja mendebutkan boyband baru mereka X1, Selasa (27/8). Boyband beranggotakan Yohan, Wooseok, Seungwoo, Seungyoun, Hangyul, Junho, Dongpyo, Minhee, Eunsang, Hyeongjun, dan Dohyon itu merilis mini album pertama mereka bertajuk 'Quantum Leap'.
Terlepas dari kontroversi yang melibatkan Mnet terkait manipulasi data final 'Produce X 101' kehadiran boyband ini tetaplah dinanti-nantikan. Seperti apa sih fakta-fakta menarik yang meliputi boyband rookie ini? Simak ulasan singkatnya berikut ini ya.
1. Promosi selama 5 tahun
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Berbeda dengan grup-grup jebolan 'Produce' lainnya, X1 akan melakukan promosi selama lima tahun. Hal ini sudah diungkapkan bahkan sebelum acara survival show ditayangkan.
"Dua setengah tahun akan dihabiskan secara eksklusif untuk mempromosikan dengan grup, dan dua setengah tahun lainnya dapat digabungkan dengan kegiatan di masing-masing agensi anggota," ujar Kim Yong Beom dari Mnet, seperti dikutip dari Soompi.
ADVERTISEMENT
Meski bakal lebih lama melakukan promosi, dikabarkan oleh SPOTV News , X1 tidak dapat tampil di beberapa stasiun televisi utama, seperti MBC 'Music Core', SBS 'Inkigayo' dan KBS 'Music Bank'. Terbaru, kepada Newsen perwakilan dari X1 mengatakan, pihaknya sedang berdiskusi dengan stasiun televisi tersebut, agar X1 bisa ditampil.
2. Masuk chart Billboard sebelum debut
Boyband K-Pop X1 Foto: Facebook/@x1official101
Bisa masuk dalam chart musik sekelas Billboard pastinya menjadi kebanggaan tersendiri bagi One It -- sebutan fans X1. Sebelum debut, X1 berhasil masuk dalam dua chart Billboard, yaitu Social 50 dan Emerging Artist.
Pada chart Social 50, X1 berada di peringkat keenam di minggu kedua bulan Agustus. Kategori ini dijelaskan sebagai peringkat artis paling aktif di situs jejaring sosial terkemuka dunia.
ADVERTISEMENT
Sementara dalam chart Emerging Artist X1 berada di posisi 11. Chart ini memberi peringkat artis 'berkembang' paling populer dalam sepekan.
3. Menggelar premier show-con
Video
Debut boyband X1 digelar dalam acara premier show-con yang bertempat di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan, Selasa (27/8). Dalam acara ini ke-11 anggota membawakan lagu-lagu baru dari mini album mereka 'Quantum Leap', seperti 'Stand Up', 'Like Always', 'I'm Here For You', dan tidak ketinggalan single debut mereka yang berjudul 'Flash'.
Selain karya baru, Yohan cs juga membawakan lagu-lagu dari concept evaluation 'Produce X 101'. Diketahui dua lagu dari concept evaluation ini dimasukkan dalam mini album 'Quantum Leap' yaitu 'Move' dan 'U Got It' dengan versi X1.
ADVERTISEMENT
Gelaran konser ini tidak hanya menampilkan aksi panggung X1, tapi juga diputarkan video wawancara singkat dengan 11 anggotanya. Dalam wawancara tersebut, ketika disinggung soal mimpi dan cita-cita yang ingin dicapai, salah satu anggota, Kang Minhee mengaku ingin mendapatkan rookie award.
"Aku ingin mendapatkan Rookie Award, jadi dalam profile kami akan tertulis 'Rookie Award'," ujar Kang Minhee.
4. Memiliki reality show sendiri
Video
X1 juga memiliki reality show berjudul 'X1 Flash'. Program ini akan memperlihatkan sisi nyata dari kehidupan para anggota sebelum debut. Fans dapat menyaksikan langkah awal X1 menjadi sebuah grup, perjuangan, serta tantangan yang harus dihadapi.
Fans juga bisa melihat proses dibalik layar pembuatan album, mulai dari proses rekaman, latihan koreografi, hingga pengambilan foto konsep dan video musik. Para One It bisa menyaksikan reality show ini melalui channel TV, Mnet dan tvN.
ADVERTISEMENT
5. Berada di puncak tangga lagu
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Sehari setelah perilisan, album 'Quantum Leap' melesat dan berada di peringkat 1 chart iTunes di 19 negara. Beberapa negara tersebut di antaranta Hong Kong, Malaysia, Singapura, Ukraina, Ekuador, Indonesia dan lain-lain.
Title track 'Flash' berada di posisi teratas real time chart Korea termasuk Melon dan Naver. Lagu ini juga masuk lima besar tangga lagu lainnya seperti Mnet, Bugs dan Soribada. Album fisik 'Quantum Leap' juga terjual lebih dari 260.000 kopi pada hari pertama dan berada di peringkat nomor satu di chart album harian Hanteo.
Pencapaian ini membuktikan popularitas tinggi yang didapat X1. Fans dari berbagai negara menunjukkan dukungan mereka lewat streaming lagu di situs-situs musik yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan