Pencarian populer

5 Konser K-Pop yang Pernah Dibatalkan di Indonesia

Konser K-Pop yang Dibatalkan. (Foto: FNC Entertainment, SH Entertainment)
Bisa melihat penampilan panggung idola K-Pop secara langsung adalah hal yang diimpikan oleh begitu banyak penggemar. Tentu ketika konser itu tiba-tiba dibatalkan, timbul rasa kecewa dari para penggemar.
ADVERTISEMENT
Kekecewaan soal pembatalan konser K-Pop memang sudah sering terjadi, namun tentu membuat banyak fans mengalami kerugian materiel dan moral.
Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum lima cerita soal batalnya konser K-Pop yang pernah terjadi di Indonesia.
Video
Band asal Korea, CNBLUE, pernah dijadwalkan untuk menggelar tur konser 'Bluestorm in Jakarta' pada 26 November 2011. Namun, konser ini dibatalkan beberapa hari sebelum acara.
Pihak yang menaungi CNBLUE, FNC Music, mengatakan bahwa keputusan ini terpaksa diambil karena mereka tidak berhasil mempercayai dan mencapai kesepakatan dengan promotor acara.
Sementara, Starlight Creative Management selaku promotor mengatakan, acara terpaksa dibatalkan karena mereka tidak berhasil memenuhi persyaratan FNC. Agensi Korea itu meminta agar venue terisi hingga 80 persen, namun target itu tidak tercapai hingga H-3.
ADVERTISEMENT
Starlight mengatakan bahwa mereka akan mengembalikan dana dari para pembeli tiket. Namun, hingga 2012 pun, masih banyak penggemar yang mengeluhkan belum kembalinya uang mereka.
Saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai pengembalian dana oleh Starlight.
2. M Countdown
Pada 2013, penggemar K-Pop Indonesia sempat dibuat gembira oleh stasiun televisi Korea Mnet dan promotor Big Daddy. Mereka mengatakan akan mengadakan 'M Countdown Halo-Indonesia' di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta, pada 3 Juli 2013.
Acara ini disebut-sebut akan menghadirkan 16 artis K-Pop, termasuk Shinhwa, 2NE1, 2PM, BEAST, Roy Kim, After School, juga Sistar. Sebagian dari musisi ini bahkan sudah merilis video greeting bagi para penggemarnya di Indonesia.
Video
Sayangnya, harapan penggemar harus kandas. Dua hari sebelum acara dilangsungkan, Mnet mengumumkan bahwa acara ini harus dibatalkan karena 'kondisi setempat (di Jakarta)'. Selebihnya, mereka bungkam dan tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai pembatalan tersebut.
ADVERTISEMENT
Alasan ini tentunya tidak memuaskan penggemar, namun mereka tidak memiliki pilihan selain menerima keadaan itu.
Hingga saat ini, belum ada wacana pergelaran 'M!Countdown' di Indonesia.
3. Best of Best Concert in Jakarta
Pada Januari 2015, para penggemar K-Pop di Indonesia seharusnya bisa menyaksikan konser 'Best of Best (BoB) Concert in Jakarta'. Konser ini sudah ditunggu-tunggu penggemar lantaran disebut akan menghadirkan nama-nama seperti SNSD, BTS, SHINee, juga Winner dalam satu panggung.
Namun, harapan itu terkikis pelan-pelan. Pihak promotor, SH Entertainment, mengundur acara itu hingga 23 Mei. Alasannya, penjualan tiket yang belum mencapai target.
Akan tetapi, rencana tersebut juga berakhir nihil. Pada Maret 2015, pihak promotor mengatakan bahwa konser itu resmi dibatalkan dan bahwa mereka akan mengembalikan dana para calon penonton yang sudah terlanjur membeli tiket.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, proses pengembalian dana itu belum juga selesai. SH terakhir kali memberikan update mengenai proses pengembalian dana B.O.B pada 16 Oktober 2017.
Boyband besutan Starship Entertainment, Monsta X, sudah dua kali batal bertandang ke Indonesia.
Pertama, saat mereka dijadwalkan melaksanakan fan meeting pada 10 Desember 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD. Empat hari sebelum acara atau pada 6 Desember, SH Entertainment selaku promotor menyatakan bahwa fan meeting itu harus ditunda karena alasan keamanan.
Melalui edaran yang dibagikan melalui Twitter, mereka menyatakan bahwa alasannya, saat itu tengah banyak demonstrasi yang dilakukan di Jakarta.
Tentu saja, hal ini membuat Monbebe, fans Monsta X, berang. Namun, tidak ada yang bisa dilakukan. Saat itu, opsinya adalah meminta pengembalian dana atas tiket yang sudah terlanjur dibeli, atau mempercayakan dana tersebut untuk ditukar dengan tiket baru bila acara fan meeting jadi dilaksanakan.
ADVERTISEMENT
Namun, fan meeting ini tidak pernah terjadi. Berselang sekitar lima bulan sejak kejadian tersebut, SH mengumumkan bahwa alih-alih membuat fan meeting, mereka akan menggelar tur konser dunia pertama Monsta X, 'Beautiful in Indonesia' pada 2 September 2017.
Nahas, dua bulan setelah pengumuman, SH menyatakan bahwa konser ini juga dibatalkan. Hingga saat ini, proses pengembalian uang oleh SH belum juga usai.
5. Nu'est W
Pada Maret 2018, penggemar Nu'est di tanah air mendapat kabar gembira. Sub-unit grup tersebut, Nu'est W dikabarkan akan menggelar konser solo bertajuk 'Double You in Jakarta' pada 12 Mei 2018 di The Kasablanka Hall, Mal Kota Kosablanka, Jakarta.
Seharusnya, ini akan menjadi kedatangan pertama boyband besutan Pledis Entertainment itu ke Jakarta, meski tanpa Minhyun. Momen bahagia itu terasa semakin nyata ketika Mecimapro merilis video sapaan oleh Nu'est W kepada penggemar di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Video
Sayangnya, seminggu sebelum acara dilaksanakan, Mecima dan Pledis mengumumkan bahwa konser akan dibatalkan hingga 2019. Mereka tidak menyebutkan alasan dibalik pembatalan, juga belum mengumumkan jadwal baru untuk konser tersebut.
Para penggemar tentu dibuat kecewa sekaligus bingung oleh hal ini. Pasalnya, tahun 2019, personel Nu'est, Minhyun, sudah akan kembali beraktivitas bersama boyband tersebut. Kalaupun tahun depan Pledis akan membuat konser di Indonesia, maka besar kemungkinan itu akan menjadi konser Nu'est, bukan Nu'est W.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86