kumparan
16 Jul 2018 18:41 WIB

5 Rapper Wanita Korea Selatan Paling Karismatik

5 Rapper Wanita Korea Selatan Paling Karismatik (Foto: Berbagai sumber)
Pembicaraan mengenai industri musik Korea Selatan tidak selalu mengenai musik pop dan penyanyi idolanya. Industri ini juga memiliki para rapper wanita yang karismatik dan punya talenta yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
ADVERTISEMENT
Meski sebagian dari rapper ini tak begitu familiar di telinga pecinta musik Korea, namun dedikasi mereka pada musik rap sudah tidak diragukan lagi. Prestasi dan karya mereka sudah diakui musisi dan netizen di Korea Selatan.
Lalu siapa saja para rapper wanita Korea yang paling karismatik versi kumparanK-Pop? Berikut ulasannya.
1. Tasha/Yoon Mirae
Video
Yoon Mi Rae atau yang juga dikenal dengan nama panggung Tasha adalah salah satu rapper wanita terbaik Korea Selatan. Sejak mulai beraktivitas di tahun 1997, wanita yang merupakan bagian dari grup hip hop 'MFBTY' ini telah menunjukkan kemampuan bernyanyi dan juga membawakan rap yang sama-sama mumpuni.
Baru-baru ini, wanita berdarah campuran Korea dan Afrika-Amerika ini kembali dengan album terbaru berjudul 'Gemini 2' pada 5 Juli 2018. Sekali lagi, Yoon Mirae pun menunjukkan kemampuan dan karismanya dalam membawakan lagu-lagu rap, termasuk melalui 'KawiBawiBo' yang terdapat di album itu.
ADVERTISEMENT
Dalam 'KawiBawiBo', wanita yang juga dikenal sebagai istri dari Tiger JK ini tampil swag, penuh karisma dan kepercayaan diri, menjadikan lagu hip-hop itu terdengar semakin megah.
2. Cheetah
Video
Cheetah, pemenang kompetisi 'Unpretty Rapstar', juga dikenal sebagai salah satu rapper wanita Korea Selatan yang berkarisma. Ia selalu tampil percaya diri di atas panggung dan membawakan rap dengan flow yang seolah tanpa cela.
Contohnya, saat ia tampil di acara 'Unpretty Rapstar'. Wanita dengan nama asli Kim Eun-young ini selalu menguasai panggung dengan kemampuan rapnya dan juga aura yang penuh percaya diri.
Sayangnya, bila dibandingkan dengan kontestan 'Unpretty Rapstar' lain, misalnya Heize dan Jessi, Cheetah terhitung jarang merilis lagu dan tampil di layar kaca.
ADVERTISEMENT
3. Jessi
Saat ini, Jessi atau Jessica Ho sedang beraktivitas di dunia tarik suara Korea sebagai seorang penyanyi solo. Ia baru saja merilis lagu berjudul 'Down' pada 6 Juli dan menjadi topik pembicaraan. Pasalnya, video klip dan lirik lagu itu begitu sensual dan dinilai provokatif oleh sebagian orang.
Namun, selain beraktivitas sebagai seorang penyanyi, Jessi sebenarnya juga dikenal sebagai seorang rapper. Anggota dari grup Lucky J ini berkompetisi dalam 'Unpretty Rapstar' bersama Cheetah pada 2015.
Saat membawakan rap, wanita bersuara husky ini selalu mendominasi panggung. Ia tidak pernah ragu menampilkan kepribadian aslinya yang jujur dan tegas dalam lirik-lirik lagunya yang juga sangat lugas.
4. CL eks 2NE1
Video
CL eks 2NE1 adalah salah satu rapper wanita idola yang paling terkenal. Kemampuannya membawakan nyanyian rap sudah diakui sejak dia masih beraktivitas sebagai leader dari grup idola tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satu poin kuat CL sebagai rapper adalah karismanya saat berada di atas panggung. Kemampuannya membawakan rap, berpadu dengan kemahirannya menarikan koreografi energik khas K-Pop. Menjadikan aksi panggungnya selalu menarik untuk dilihat.
Selain itu, CL juga dikenal dengan penampilannya yang seolah keluar dari stereotip penyanyi idola K-Pop wanita. 'The Baddest Female CL' tidak pernah ragu membawakan lagu-lagu dengan lirik yang terkadang cukup provokatif, misalnya dalam lagu 'Hello Bitches'.
Kini, CL tak hanya memiliki lagu dalam bahasa Korea, tetapi juga lagu-lagu berbahasa Inggris yang menyasar pasar internasional, seperti 'Dr. Peppper' dan 'Lifted'.
5. LE EXID
Video
Ahn Hyo-jin atau yang lebih dikenal dengan nama panggung LE EXID adalah penyanyi idola K-Pop dengan latar belakang yang unik. Sebelum beraktivitas dengan EXID, wanita kelahiran 1991 ini pernah beraktivitas bersama grup rapper underground, Jiggy Fellaz, dengan nama panggung Elly.
ADVERTISEMENT
Dengan kemampuan rap yang berasal dari hari-harinya sebagai rapper underground, LE adalah salah satu rapper girlband terbaik yang dimiliki idola K-Pop.
Kemampuannya ini dapat dilihat jelas dari caranya membawakan lagu-lagu EXID. Dengan suaranya yang khas, LE selalu membawakan rap dengan percaya diri dan tegas, memberikan warna unik kepada lagu-lagu girlband itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan