kumparan
29 Nov 2018 19:47 WIB

6 Selebriti Korea yang Pernah Mengalami Body Shaming

Idola K-Pop yang pernah mengalami body shaming. (Foto: Berbagai sumber)
Cantik dan tampan, mungkin ini salah satu kesan pertama yang kita pikirkan ketika membahas selebriti Korea. Bentuk tubuh yang ideal serta memiliki wajah yang rupawan menjadi salah satu alasan mereka dikagumi para penggemar.
ADVERTISEMENT
Namun, tak sedikit juga idola K-Pop yang mengalami body shaming, karena bentuk tubuh yang dianggap tidak ideal oleh netizen. Tak jarang hinaan tersebut mampu membuat mereka jadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Tetapi masih banyak juga selebriti yang tak peduli dengan komentar negatif yang diterimanya, dan mengaku bangga dengan penampilannya.
Seperti apa cerita para selebriti Korea yang pernah mengalami body shaming. Berikut ceritanya.
1. CL
CL, seorang penyanyi, penari, dan rapper K-pop. (Foto: Instagram @chaelincl)
Mantan leader 2NE1 ini sempat membuat para penggemarnya terkejut, saat terlihat di bandara Incheon menuju ke Singapura Agustus lalu. Bentuk tubuhnya yang seksi kini berubah menjadi lebih berisi. Hal ini membuat banyak netizen yang melontarkan komentar buruk terkait penampilan CL tersebut.
Seorang hater pernah meninggalkan komentar buruk di foto yang diunggah dalam Instagram pribadinya, @chaelincl. Padahal, saat itu CL hanya bernostalgia dengan mengunggah foto lama, saat dirinya masih mempromosikan diri sebagai anggota 2NE1.
ADVERTISEMENT
"Foto lama? Siapa? Itu bukan kau, cari saja cermin dan lihat dirimu sendiri! Kau cewek gendut dengan bobot 78 kg dan pembohong besar. Ew!, tulis akun tersebut.
Mendapat komentar pedas seperti itu, pelantun 'Lifted' ini tidak tinggal diam. Alih-alih marah dan berkata kasar, CL membalas komentar hater tersebut dengan bijak.
"Baru saja melihat ke cermin dan aku tidak akan bohong! Aku SUKA apa yang aku lihat," tulis pemilik nama asli Lee Chaerin tersebut.
2. Xiumin EXO
Video
Kini tampil maskulin dengan proporsi tubuh ideal, siapa menduga jika Xiumin pernah dianggap memiliki berat badannya terlalu gemuk. Karena hal tersebut, pria yang memiliki nama asli Kim Min Seok ini, sempat menjadi bahan bully-an para netizen di Korea.
ADVERTISEMENT
Tak ingin ambil pusing, Xiumin menjadikan semua komentar pedas yang dilontarkan para netizen menjadi motivasi. Saat melangsungkan comeback dengan lagu 'Growl' bersama EXO, idola berusia 28 tahun tersebut membuat kagum penggemar dengan bentuk tubuhnya yang lebih berotot.
Saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara 'Super Junior Kiss The Radio', Xiumin mengatakan jika berat badannya berkurang secara drastis. Demi mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kurus, ia berjuang dengan mengatur pola makan yang baik serta sering berlatih menari.
3. Jessi
Video
Jessi merupakan salah satu selebriti Korea yang berani mengaku dirinya telah melakukan operasi plastik, khususnya di bagian payudara. Keputusannya untuk jujur kepada publik ternyata tetap membuatnya mendapatkan kritikan dari netizen. Saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara 'Happy Together', ia berani buka suara terkait komentar negatif yang ditujukan padanya.
ADVERTISEMENT
“Aku juga manusia, jadi aku juga melihat semua komentar negatif. Banyak dari mereka berbicara tentang betapa jelasnya implan payudara yang kumiliki. Aku membayar semua proses operasi dengan uangku sendiri. Mengapa aku harus menyembunyikannya?," ujar Jessi.
Ia pun merasa heran dengan fakta bahwa banyak orang yang malu mengakui jika mereka telah melakukan operasi plastik. Penyanyi yang memiliki nama asli Jessica Hyun Ju Ho ini, mengajak semua orang, khususnya kaum wanita untuk lebih percaya diri dengan perubahan yang telah mereka dapatkan melalui operasi plastik.
4. Jimin BTS
Video
Dancer BTS ini juga sempat merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang sedikit gemuk. Saat melakukan syuting video klip BTS berjudul 'Run' versi Jepang, ia mengungkapkan rasa khawatir yang dimilikinya.
ADVERTISEMENT
"Meski pun aku melakukan proses syuting dengan baik, namun banyak bagian dari penampilanku (di video klip) yang mengecewakan. Belum lama ini aku bertambah gemuk, sehingga aku sedikit khawatir dengan hal itu," ujarnya.
Jimin sendiri pernah mendapatkan kritikan karena berat badannya yang dianggap gemuk, untuk ukuran seorang idola K-Pop. Lewat buku BTS 'WINGS Concept Book', Kpop idol berusia 23 tahun ini mengungkapkan, kalau dirinya pernah melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
Mengutip dari Allkpop, Jimin juga sempat merasakan tekanan untuk menjadi seorang idola yang sempurna. Saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara 'Please Take Care of My Refrigerator' ia mengatakan hanya makan sekali dalam sehari, selama 10 hari ketika sedang diet.
ADVERTISEMENT
"Aku berjuang dengan keras untuk menurunkan berat badanku demi mendapatkan penampilan yang lebih baik," ujarnya.
5. Ailee
Video
Saat tampil sebagai bintang tamu dalam acara 'Hidden Singer', Ailee sempat menangis ketika membahas kritikan ia terima karena bentuk tubuhnya. Seperti yang diketahui bahwa pelantun 'Heaven' tersebut cenderung memiliki bentuk tubuh sintal.
"Aku sedih. Aku seharusnya menjadi penyanyi yang bernyanyi, tetapi aku harus menurunkan berat badanku dulu untuk bisa tampil di panggung," ceritanya.
Penyanyi yang memiliki nama asli Amy Lee tersebut kemudian menceritakan ia sempat memiliki bobot tubuh sebesar 49 hingga 50 kilogram, ketika artikel mengenai berat badannya diangkat oleh media. Ia mengatakan bahwa saat-saat itu merupakan momen yang paling membuatnya stres, karena harus diet ketat dengan hanya mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya.
ADVERTISEMENT
6. Shindong Super Junior
Video
Anggota Super Junior ini bisa dibilang menjadi idola asal SM Entertainment satu-satunya, dengan tubuh gemuk.
Sama seperti kebanyakan idola lainnya, ia juga sempat berjuang untuk menurunkan berat badannya dengan melakukan diet yang ketat. Setelah menyelesaikan wajib militernya, ia sempat berencana untuk menurunkan berat badannya hingga 30 kilogram.
"Sejujurnya aku sering diet. Aku sempat konsultasi (dengan dokter) dan mendapatkan pil untuk diet setelah keluar dari wajib militer. Ternyata mereka mengatakan bahwa tubuhku kebal dengan berbagai jenis obat-obatan. Sehingga aku menggunakan metode diet yang lain dan mengurangi porsi makananku. Tetapi hal tersebut ternyata sangat susah karena aku tidak dapat mengontrol nafsu makanku," ujarnya seperti dikutip dari Allkpop.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan