kumparan
30 Nov 2018 18:59 WIB

7 Comeback Idola K-Pop di Akhir Bulan November

Idola K-Pop rilis lagu di akhir November 2018. (Foto: Berbagai sumber)
Di akhir November 2018, para idola K-Pop terus mengejutkan penggemar dengan karya baru mereka. Sederet penyanyi idola berbondong-bondong merilis lagu terbaru mereka. Ada juga yang mulai menjajal karier sebagi solois.
ADVERTISEMENT
Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum tujuh rilis terbaru K-Pop di akhir November 2018. Ada karya penyanyi favoritmu?
1. Mino Winner
Video
Rapper boyband Winner, Song Mino, merilis album berjudul 'XX' pada 26 November 2018. Ini merupakan pertama kalinya Mino merilis sebuah studio album solo, sejak mulai berkarier bersama Winner pada 2014.
Kali ini, lagu yang menjadi andalan Mino adalah title track yang berjudul 'Fiance'. Lagu ini menarik perhatian karena menggabungkan Bahasa Korea kuno, ke dalam sebuah lagu hip-hop modern.
2. Lovelyz
Video
Girlband K-Pop besutan Woollim Entertainment, Lovelyz, kembali dengan mini album 'Sanctuary' pada 26 November 2018. Ini merupakan karya keempat yang dirilis Lovelyz pada 2018, setelah mini album 'Heal', digital single 'Wag Zak', dan album instrumental 'Muse on Music'.
ADVERTISEMENT
Lagu yang menjadi andalan Lovelyz dalam 'Sanctuary' adalah title track berjudul 'Lost N Found'. Lagu pop bernada ceria ini mengisahkan gadis yang sedang jatuh hati, tapi tidak berani menyatakan perasaannya.
3. Nu'est W
Video
Sub-unit boyband Nu'est, Nu'est W, kembali dengan mini album 'Wake'N' pada 26 November. Karya ini disebut-sebut sebagai karya terakhir Nu'est W, karena direncanakan kembali dengan formasi lengkap, bersama Hwang Minhyun, mulai tahun 2019.
Kali ini, Nu'est W mengandalkan title track 'Help Me' yang menggabungkan elemen rock dengan pop. Hingga saat ini, 'Help Me' dan lagu-lagu dari mini album 'Wake'N' tengah memuncaki chart musik digital Naver.
4. Key SHINee
Video
Anggota SHINee, Key, kembali ke industri musik Korea, dengan menjajal kemampuannya sebagai solois. Ia merilis album debut solo berjudul 'Face' pada 26 November.
ADVERTISEMENT
Lagu yang menjadi andalan Key dalam album ini adalah 'One of Those Nights'. Lagu dengan sentuhan EDM yang dinyanyikannya bersama solois Crush ini bercerita soal pria yang terus merindukan mantan kekasihnya.
5. Yubin eks Wonder Girls
Video
Lima bulan setelah merilis 'Lady', Yubin eks Wonder Girls kembali dengan single bertajuk '#TUSM' pada 27 November. Lewat single berisi tiga buah lagu ini, mantan rapper Wonder Girls itu kembali mengeksplorasi gaya musik retro.
Khususnya, dalam title track yang berjudul 'Thank U Soooo Much'. Lagu berjenis future retro ini menceritakan mengenai sindirian terhadap mantan kekasih yang dinilai memberikan 'terlalu banyak informasi' saat meminta putus.
6. Mamamoo
Video
Menjelang akhir tahun, girlband Mamamoo terus menunjukkan produktivitas di industri K-Pop. Setelah beberapa kali merilis karya di tahun 2018, grup beranggotakan empat orang ini merilis mini album terbaru, 'Blue;s', pada 29 November.
ADVERTISEMENT
Setelah mengusung musik Latin dalam 'Egotistic', kali ini, grup idola besutan RBW itu kembali dengan lagu pop yang berjudul 'Wind Flower'. Dilansir Soompi, dalam bahasa bunga, wind flower melambangkan penantian, cinta yang tak dapat dimiliki, juga rasa sedih setelah perpisahan. Lagu ini pun dibuat segaris dengan pengertian tersebut.
7. Red Velvet
Video
Sesudah menghadirkan konsep ceria dalam 'Power Up' pada musim panas 2018, Red Velvet kembali lewat mini album 'Really Bad Boy'. Karya ini dirilis tepat pada akhir bulan, 30 November 2018.
Kali ini, title track andalan Red Velvet berjudul 'Really Bad Boy' dengan konsep dark. Secara judul, lagu ini mungkin mengingatkan kepada lagu Red Velvet yang sebelumnya, yaitu 'Bad Boy'. Namun, musik kali ini, nyaris tak ada persamaan antara kedua lagu tersebut.
ADVERTISEMENT
'Bad Boy' dibuat dengan genre R&B, sementara 'Really Bad Boy' adalah lagu pop yang memamerkan kemampuan vokal para anggota Red Velvet.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan