Pencarian populer

7 Drama Korea yang Mengedukasi Penonton Soal Profesi

Drama Korea Voice (Foto: Facebook @OCN.TV)

Salah satu hal yang paling menarik dari drama Korea Selatan adalah jalan ceritanya. Dengan menampilkan jalan cerita yang tidak terlalu bertele-tele, drama produksi negeri ginseng ini selalu menarik untuk dinikmati.

Bukan hanya sebagai hiburan, banyak juga drama yang mampu memberikan pesan positif, serta mengedukasi para penontonnya. Berikut ini tim kumparan (kumparan.com) akan membahas drama Korea Selatan yang memperkenalkan sebuah profesi lewat karakter utama dalam drama.

Bukan hanya sekedar karakter, drama ini mampu mengubah sudut pandang seseorang saat menilai suatu profesi. Kamu sudah nonton yang mana?

1. Beethoven Virus

Drama yang tayang pada tahun 2008 ini mengangkat kisah seorang maestro orkestra terkenal yang perfeksionis dalam membuat karyanya. Drama ini menyoroti kenyataan tidak adil dalam membandingkan seseorang yang harus bekerja keras untuk mencapai musikalitas yang hebat dengan seseorang yang terlahir sebagai genius alami.

Dengan dibintangi oleh Kim Myung-min dan Lee Ji-ah, drama ini akan membuat para penonton sadar jika seorang maestro orkestra juga harus bekerja keras hanya untuk memciptakan sebuah nada.

2. Another Miss Oh

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui jika dibalik pembuatan sebuah film atau drama ada direktur suara yang harus bekerja keras. Drama ini menampilkan Park Do-kyung yang berprofesi sebagai direktur suara dalam suatu perusahaan perfilman.

Drama ini menampilkan bagaimana Park Do-kyung harus berpikir keras agar suara dalam film atau drama yang dihasilkannya bisa terdengar jelas dan lebih nyata. Dibintangi oleh Eric Mun 'Shinhwa' dan Seo Hyun-jin, drama ini menjadi salah satu drama yang cukup populer di 2016.

3. The Producers

Mereka yang gemar menonton reality show mungkin akan tertarik dengan drama yang satu ini. Dengan mengangkat kisah nyata yang terjadi dalam industri hiburan Korea Selatan, drama ini akan menjelaskan proses dibalik terciptanya sebuah tayang di TV.

Pentingnya rating program acara, perjuangan untuk mengedit video yang layak tayang, hingga pentingnya kreativitas ditampilkan dalam drama ini. Drama ini tayang pada 2015 lalu dan dibintangi oleh Cha Tae-hyun, Gong Hyo-jin, Kim Soo-hyun, dan IU.

4. Pinocchio

Ini menjadi salah satu drama yang wajib ditonton oleh para jurnalis. Drama ini mengangkat cerita perjuangan seorang wartawan dalam mengangkat sebuah berita. Penonton bisa melihat bagaimana besarnya kekuatan suatu media dalam mengubah pola pikir masyarakat.

Dalam drama ini, plot cerita mengajarkan para jurnalis dan media untuk menyampaikan berita yang jujur dan objektif. Tayang pada 2014 lalu, drama ini menampilkan aktor dan aktris populer Lee Jong-suk dan Park Shin-hye.

5. It’s Okay That’s Love

Drama yang dibintangi oleh Jo In-sung dan Gong Hyo-jin. Drama ini mengajarkan para penonton untuk menyaksikan kesabaran dan kekuatan mental yang diperlukan untuk menjadi seorang psikiater. Drama ini juga memperkenalkan berbagai macam penyakit kejiwaan.

Alur cerita dalam drama ini dianggap sarat nilai dan mampu mengubah stigma yang melekat pada pasien Schizophrenia ke arah yang positif dan empati. Drama ini bahkan mendapat penghargaan dari Komunitas Korea Selatan untuk Penelitian Schizophrenia.

6. Voice

Banyak orang yang tidak mengetahui jika ada pekerjaan bernama voice profiling. Drama ini mengangkat bagaimana seorang voice profiler menentukan suara apa yang didengarnya.

Drama ini menceritakan Kang Kwon-joo seorang polisi wanita yang berbakat dengan keterampilan psiko-akustik. Ia mampu mengidentifikasi suatu suara yang didengarnya dengan kemampuannya yang luar biasa.

7. Punch

Drama ini menampilkan bagaimana kotor dan kejamnya dunia politik. Menceritakan mengenai profesi seorang jaksa yang harus mampu bertahan dengan kejujurannya ditengah teror orang-orang yang serakah akan kekuasaan dan kedudukan.

Menampilkan Kim Rae-won dan Kim Ah-joong sebagai pemeran utama, drama ini mengajak para penonton untuk mengenal pekerjaan sebagai jaksa yang berintegritas memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20