kumparan
31 Mei 2018 18:52 WIB

7 Girlband K-Pop yang Pernah Mengusung Konsep 'Girl Crush'

Girlband K-Pop konsep 'girl crush'. (Foto: Berbagai sumber.)
Di industri K-Pop, ada banyak konsep yang diusung sebuah grup. Salah satu konsep yang saat ini tengah menjadi tren disebut dengan girl crush concept. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gaya para idola wanita yang percaya diri, berani, dan memikat.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, ada beberapa grup idola yang pernah tampil menggunakan konsep girl crush. Misalnya, 2NE1, Blackpink, hingga (G)I-DLE. Melalui penampilan yang penuh percaya diri, tak heran jika mereka menarik banyak fans, tak hanya fanboy namun juga para fangirl, yang kemudian memanggil para idola dengan sebutan 'girl crush' atau pujaan hati wanita.
Kira-kira, seperti apa saja konsep mereka?
1. 2NE1
Video
Saat masih menjalani karier di dunia K-Pop, girlband besutan YG Entertainment, 2NE1, kerap menggunakan konsep girl crush. Konsep ini mereka terjemahkan dalam penampilan yang dipenuhi rasa percaya diri, karismatik, dan tangguh.
Contohnya, saat membawakan lagu-lagu seperti 'I'm The Best' dan 'Come Back Home'.
2. Blackpink
Video
Girlband Blackpink, yang menjadi junior dari 2NE1, juga membawakan konsep girl crush. Meski tetap menggunakan gaya fashion yang feminin dan terkadang tampil imut, Blackpink selalu terlihat percaya diri dan powerful dalam membawakan lagu-lagunya.
ADVERTISEMENT
Contohnya, dalam membawakan lagu 'Boombayah' dan 'As If It's Your Last'.
3. (G)I-DLE
Video
Sejak mengawali karier mereka di Mei 2018, girlband terbaru Cube Entertainment, (G)I-DLE, sudah mulai menggunakan konsep girl crush.
Meski membawakan lagu mengenai cinta, mereka menampilkan lagu ini dengan koreografi yang kuat dan bertenaga. Misalnya, dalam lagu debut mereka yang berjudul 'Latata'.
Video
Sepanjang kariernya, girlband besutan Cube, 4Minute, pernah beberapa kali menggunakan konsep girl crush. Misalnya, dalam lagu 'Crazy' dan 'Hate'.
Kedua lagu ini memiliki gaya musik yang kuat dan arti yang dipenuhi rasa percaya diri. Hal itu pun tercermin dalam fashion dan cara grup idola ini membawakan lagu-lagu tersebut. Dalam penampilan panggung kedua lagu itu, 4Minute tampil powerful, dilengkapi dengan riasan yang tegas.
ADVERTISEMENT
5. CLC
Video
Konsep girl crush CLC paling terlihat dalam 'Hobgoblin', lagu utama dari mini album 'Crystyle' yang dirilis pada 2017.
'Hobgoblin' adalah sebuah lagu cinta, dibawakan dari sudut pandang perempuan yang dominan dan percaya diri. Saat menyanyikan lagu ini, CLC bertransformasi dari girlband yang biasa membawakan konsep pop-funky menjadi grup yang powerful dan percaya diri.
6. IOI
Video
Girlband pemenang acara televisi 'Produce 101', IOI, pernah mengusung konsep girl crush dalam lagu 'Whatta Man'. Saat itu, mereka tampil sebagai wanita yang tidak ragu-ragu menyatakan rasa cintanya secara dominan.
7. Red Velvet
Video
Red Velvet, grup besutan SM Entertainment, adalah salah satu girlband yang cukup konsisten mengusung konsep girl crush. Meskipun tidak selalu tampil dengan penampilan yang tangguh maupun boyish, Red Velvet disebut sebagai girl crush karena selalu tampak cantik, percaya diri, dan memikat sekalipun dari sudut pandang fans wanita.
ADVERTISEMENT
Selain ketujuh grup ini, menurtmu, girlband mana yang pernah membawakan konsep girl crush?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan