Pencarian populer

7 Grup Idola K-Pop yang Berusia 7 Tahun di 2019

Grup berusia 7 tahun Foto: Berbagai sumber

Tahun ketujuh adalah masa krusial dalam karier idola K-Pop. Banyak kontrak eksklusif antara idola dengan perusahaan yang berakhir di tahun ketujuh, membuat para idola harus memilih untuk terus melangkah bersama grupnya ataukah mencoba jalur karier baru.

Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum profil tujuh grup idola K-Pop yang debut di tahun 2012. Di tahun ketujuh ini, ada di antara mereka yang meraih kesuksesan, ada juga yang harus vakum karena alasan tertentu.

Siapa sajakah mereka dan bagaimana nasib mereka kini? Yuk, simak.

1. BAP

Video

Grup yang bernaung di bawah TS Entertainment, BAP, melangsungkan debut pada 26 Januari 2012 dengan lagu yang berjudul ‘Warrior’. Mereka beraktivitas dengan formasi enam orang anggota, yaitu Yongguk, Himchan, Youngjae, Daehyun, Jongup, serta Zelo.

Sepanjang kariernya, grup ini mengukuhkan gaya sebagai boyband K-Pop dengan konsep kuat. Mereka kerap mencetak lagu-lagu powerful yang mengentak, seperti ‘Warrior’, ‘One Shot’, hingga ‘No Mercy’.

Video

Sayangnya, grup peraih penghargaan ‘Rookie of the Year’ dari berbagai ajang penghargaan ini tengah vakum hingga waktu yang belum ditentukan. Setelah anggotanya satu per satu hengkang dari TS Entertainment sejak Agustus 2018, para anggota BAP kini tengah menempuh jalannya masing-masing.

2. BTOB

Video

Boyband Cube Entertainment, BTOB, melangsungkan debut pada 21 Maret 2012 dengan lagu ‘Insane’. Grup ini berdiri dengan formasi tujuh orang, yaitu Eunkwang, Hyunsik, Peniel, Ilhoon, Changsub, Minhyuk, serta Sungjae.

Meski berbakat, BTOB bisa dibilang cukup lama meraih kesuksesan mainstream. Grup ini baru mendapatkan hasil yang baik di chart musik Korea Selatan lewat lagu ballad, ‘It’s Okay’, pada Juni 2015. Mereka kemudian memenangkan acara musik Korea Selatan untuk pertama kalinya pada Oktober 2015, dengan lagu ballad, ‘Way Back Home’. Kesuksesan ini juga dibarengi dengan menanjaknya nama salah satu anggota, Sungjae, sebagai idola K-Pop dengan kemampuan akting yang mumpuni.

Video

Sejak saat itu, BTOB beberapa kali merilis lagu ballad yang meraih kesuksesan di pasar musik Korea Selatan, seperti ‘Remember That’ dan ‘Only One For Me’.

Saat ini, BTOB juga tengah hiatus. Tiga orang anggotanya, yaitu Eunkwang, Changsub, dan Minhyuk, sedang menjalani wajib militer. Tinggal menunggu waktu hingga para anggota BTOB yang lain menyusul mereka bertiga. Kecuali, Peniel yang tidak berkewarganegaraan Korea dan tak wajib militer.

3. EXO

Video

Boyband besutan SM Entertainment, EXO, debut pada 8 April 2012 dengan lagu berjudul ‘MAMA’. Saat itu, grup ini aktif dalam dua sub-unit yang bernama EXO-K (Korea) dan EXO-M.

Meski awalnya aktivitas mereka dipecah sesuai sub-unit, EXO berganti strategi di tahun 2013. Saat itu, ke-12 orang anggota EXO bersatu dalam satu grup dan mempromosikan lagu ‘Wolf’, yang kemudian dilanjutkan dengan ‘Growl’.

Video

Mereka pun meraih kesuksesan besar lewat ‘Growl’ dan albumnya, ‘XOXO’. Album ini bahkan menjadi karya pertama yang menembus penjualan 1 juta kopi di Korea Selatan setelah 12 tahun lamanya.

Sejak saat itu, EXO lebih banyak beraktivitas sebagai satu grup. Namun, grup ini sempat mengalami kendala, saat ketiga anggota yang berasal dari China, yaitu Kris, Luhan, dan Tao satu per satu memilih hengkang dari grup tersebut, dengan alasannya masing-masing. Mau tidak mau, EXO pun harus berganti formasi.

Meski demikian, hingga kini, EXO tetap dikenal sebagai grup idola papan atas Korea Selatan. Ini terbukti dari besarnya fanbase lokal dan internasional grup tersebut, juga besarnya jumlah penjualan album grup ini.

4. NU’EST

Video

Boyband besutan Pledis Entertainment, NU’EST, mengawali karier pada 15 Maret 2012 dengan lagu berjudul ‘Face’. Sejak awal, mereka berdiri dengan formasi lima orang anggota, yaitu Aron, Minhyun, Baekho, JR, juga Ren.

Boyband ini juga memiliki perjalanan yang cukup panjang menuju kesuksesan. Setelah bertahun-tahun berusaha mendapatkan posisi dalam persaingan yang ketat, mereka akhirnya bersinar setelah berpartisipasi dalam survival show ‘Produce 101 Season 2’. Penampilan mereka dalam acara stasiun TV Mnet ini merebut hati begitu banyak penonton, meski NU’EST harus bersaing dengan para junior di acara tersebut.

Video

Setelah ‘Produce 101 Season 2’, grup ini sempat beraktivitas sebagai sub-unit bernama NU’EST W, lantaran salah satu anggotanya, Minhyun, terpilih untuk beraktivitas dengan boyband Wanna One. Mereka pun menelurkan lagu-lagu berkualitas, seperti ‘Dejavu’’ dan ‘Help Me’, menjawab kerinduan para fans yang telah menantikan aktivitas mereka setelah ‘Produce 101’.

Kini, setelah Minhyun selesai beraktivitas dengan Wanna One, tiba waktunya bagi NU’EST untuk kembali beraktivitas dengan formasi lengkap.

5. EXID

Video

Girlband yang bernaung di bawah Banana Culture, EXID, debut pada 16 Februari 2012 dengan lagu ‘Whoz That Girl’. Ketika itu, mereka memiliki enam orang anggota, yaitu Yuji, Dami, LE, Hani, Junghwa, dan Haeryung. Grup ini kemudian mengalami perubahan formasi pada April 2012 dan kini berdiri dengan anggota Hani, LE, Junghwa, Solji, serta Hyelin.

Seperti beberapa grup idola lain, EXID juga tergolong sebagai ‘late bloomer’. Grup ini baru berkembang kariernya saat fancam salah satu anggota, Hani, viral di tahun 2015. Dalam video yang diambil fans itu, Hani terlihat menarikan koreografi seksi dari ‘Up and Down’, lagu yang sebenarnya dirilis pada 2014.

Setelah kejadian tersebut, agensi EXID memutuskan untuk kembali mempromosikan lagu ‘Up and Down’ di berbagai acara musik Korea Selatan dan menjadikan nama EXID dikenal.

Video

Hingga kini, EXID terus beraktivitas dengan lagu-lagu yang bertema seksi atau sensual. Meski vokalis utamanya, Solji, sempat hiatus karena sakit, sejak 2018, grup ini sudah beraktivitas dengan formasi lengkap lagi.

6. VIXX

Video

VIXX adalah boyband beranggotakan enam orang yang bernaung di bawah Jellyfish Entertainment. Grup ini debut pada 24 Mei 2012 dengan lagu ‘Super Hero’.

Sejak saat itu, grup beranggotakan Ravi, Leo, N, Hongbin, Ken, dan Hyuk ini terus beraktivitas di dunia hiburan dengan lagu-lagu bergaya kelam atau seksi. Misalnya, dalam lagu ‘Chained Up’, ‘Error’, ‘Voodoo Doll’, hingga ‘Shangri-La’.

Video

Selain beraktivitas sebagai grup, para anggota VIXX juga memiliki karier solo yang cukup mumpuni. Ada di antara mereka yang berkarier sebagai penyanyi solo dan menjajal dunia musikal, ada yang beraktivitas sebagai aktor, dan ada pula yang beraktivitas sebagai rapper dengan deretan mixtape-nya.

7. AOA

Video

Grup idola FNC Entertainment, AOA, mengawali karier pada 9 Agustus 2012 dengan lagu ‘Elvis’. Meski awalnya memiliki delapan orang anggota, grup ini kemudian beraktivitas dengan formasi tujuh orang anggota.

Awalnya, AOA didesain untuk beraktivitas sebagai grup idola dengan konsep ‘dance’ dan ‘band’. Artinya, akan ada saatnya AOA beraktivitas dengan membawakan koreografi di atas panggung, ada pula masanya AOA beraktivitas dengan membawakan alat musik.

Video

Namun, konsep ini hanya bertahan pada awal masa debut mereka saja. Kini, grup itu beraktivitas dengan lagu-lagu hits yang sering kali seksi, seperti ‘Like A Cat’, ‘Miniskirt’, juga ‘Excuse Me’.

Pada Juni 2017, grup ini ditinggalkan oleh salah satu anggota terpopulernya, Choa. Mereka pun beralih formasi dan beraktivitas dengan enam orang saja.

Sayang, kini grup itu tidak terlalu aktif mengeluarkan lagu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38