kumparan
8 Jul 2018 9:05 WIB

7 Lagu B-Side Milik f(x) yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Girlband K-Pop f(x). (Foto: Wikimedia Commons)
Girlband beranggotakan Victoria, Luna, Krystal, serta Amber ini memang punya musik yang unik dan berbeda dari girlband K-Pop kebanyakan. Bahkan banyak yang menyebut f(x) sebagai versi girlband dari boyband SM, SHINee.
ADVERTISEMENT
Tak heran memang jika sebutan itu melekat pada grup debutan 2009 ini. Mereka banyak bereksperimen dengan genre musik yang tak semua girlband cocok membawakannya.
Meski sudah hampir dua tahun menjalani hiatus, namun lagu-lagu mereka masih populer dan digemari banyak fans K-Pop. Tak hanya title track-nya, lagu-lagu dari b-side album milik f(x) juga menjadi favorit banyak fans.
Apa saja lagu-lagu b-side f(x) yang tidak boleh kamu lewatkan? Berikut rekomendasi tujuh b-side track milik f(x).
1. Jet (제트별)
Video
Dirilis lewat mini album kedua 'Electric Shock' pada 2012, lagu K-Pop ini menjadi favorit banyak fans karena memberikan energi, dan semangat bagi pendengarnya. Tak hanya itu, penampilan f(x) saat membawakan lagu ini dengan ceria juga menjadi alasan 'Jet (제트별)' banyak digemari fans.
ADVERTISEMENT
2. Shadow
Video
Lagu ini bisa dibilang menjadi salah satu b-side terbaik f(x) dalam album 'Pink Tape', yang rilis pada 2013. Warna musik yang easy listening dengan perpaduan vokal kelima anggota f(x) saat itu, membuat lagu ini wajib ada dalam playlist kamu.
3. Goodbye Summer
Video
Bagi kamu penikmat musik easy listening. 'Goodbye Summer' milik f(x) bisa menjadi pilihan lagu yang harus kamu tambahkan ke dalam playlist-mu. Lagu ini dirilis juga lewat album 'Pink Tape', dan mengajak D.O 'EXO' untuk berkolaborasi lewat single ini.
4. Airplane
Video
Sama seperti 'Goodbye Summer' dan 'Shadow', 'Airplane' juga dirilis lewat album f(x) bertajuk 'Pink Tape'. Lagu ini dijadikan lagu pendamping saat f(x) mempromosikan title track 'Rum Pum Pum'. Lagu berjenis dance-pop ini punya musik yang manis.
ADVERTISEMENT
5. Paper Heart
Video
Pada awal lagu, 'Paper Heart' memiliki unsur musik country dan terdengar seperti lagu-lagu yang dibawakan oleh Taylor Swift di awal debutnya. Namun tentu, lagu f(x) yang satu ini punya keunikan tersendiri, termasuk perpaduan suara yang harmonis oleh kelima anggotanta.
6. Ending Page
Video
Album f(x) bertajuk 'Pink Tape' memang punya banyak track 'bersinar'. Salah satunya 'Ending Page'. Meski pada bagian awal musiknya terdengar seperti sebuah lagu rock, namun sebenarnya, 'Ending Page' dikategorikan sebagai salah satu lagu ballad oleh f(x).
7. Milk
Video
Single yang satu ini ada dalam album f(x) bertajuk 'Red Light' yang dirilis pada 2014 lalu. Lagu ini juga jadi album terakhir f(x) dengan formasi lima anggota, sebelum Sulli memutuskan untuk bersolo karier.
ADVERTISEMENT
'Milk' sendiri menjadi lagu pendamping untuk title track 'Red Light'. Musik yang punya unsur timur tengah, dipadukan dengan harmonisasi dari kelima anggota f(x) menjadikan lagu ini begitu mudah menjadi favorit banyak pencinta musik K-Pop.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·