kumparan
20 Mei 2018 10:25 WIB

7 Lagu K-Pop yang Ceritakan Pengalaman Hidup Sang Penyanyi

Musisi Korea Selatan. (Foto: Berbagai sumber)
Dalam membuat lagu tentunya setiap orang punya sumber inspirasi tersendiri. Mulai dari kisah cinta, cerita orang lain, hingga pengalaman hidup sendiri bisa dibuat menjadi sebuah lagu.
ADVERTISEMENT
Termasuk ketujuh musisi K-Pop berikut ini, yang menceritakan pengalaman hidup mereka lewat sebuah lagu.
Berikut ini tim kumparanK-Pop telah merangkum tujuh artis K-Pop yang membuat lagu mereka perjuangan hidup yang pernah mereka rasakan.
Ada lagu favoritmu?
1. Mino 'Winner'- 'Fear'
Video
Lagu ini merupakan proyek kolaborasi Mino dengan Taeyang 'BIGBANG' untuk acara survival rapper 'Show Me The Money 4'. Meskipun mengusung genre musik hip-hop yang upbeat, lagu ini memiliki lirik mendalam yang emosional.
Seakan sedang bercerita, Mino menuliskan perjalanan kariernya sebelum bergabung dengan Winner. Dalam video klipnya, lagu ini dibuka dengan pesan bahwa lagu tersebut merupakan cerita perjalanan hidup Mino, ketika memasuki dunia musik Korea Selatan.
Mino sendiri sudah dua kali mengalami kegagalan untuk meraih cita-citanya sebagai idola sebelum akhirnya ia debut dengan Winner.
ADVERTISEMENT
Dalam lagu ini, pria berusia 25 tahun tersebut mengatakan bahwa ia sempat mengalami depresi karena kegagalan yang ia alami. Namun, dukungan keluarganya menjadikan percaya dirinya kembali.
2. Zion.T - 'Yanghwa BRDG'
Video
Zion.T bercerita mengenai masa lalu keluarganya yang sulit dalam lagu ini. Meskipun lirik yang ia gunakan sangat sederhana, namun setiap kata yang ada dalam lagu ini mengandung arti yang sangat dalam.
Melalui lirik lagu ini, ia bercerita bahwa saat ia kecil, ia merasa kesepian. Ini karena sang ayah bekerja sebagai seorang supir taksi, dan setiap hari pulang pagi. Sang ayah selalu meneleponnya dan mengatakan ia sedang berada di jembatan Yanghwa.
Selain itu Zion.T juga bercerita bahwa ia merupakan anak bungsu dengan dua orang kakak perempuan.
ADVERTISEMENT
Lagu ini cocok didengarkan saat sedang mengingat jasa kedua orang tua dan keluarga dalam hidup kita.
3. Lee Hyori - 'Seoul'
Video
Lirik lagu yang digunakan oleh Lee Hyori dalam lagu ini terdengar seperti sebuah puisi yang memiliki nada. 'Seoul' merupakan bentuk interpretasi diva Korea Selatan ini akan perjalanan hidupnya.
Seperti yang diketahui penyanyi berusia 38 tahun ini meninggalkan gemerlapnya kehidupan sebagai artis di ibu kota sejak ia menikah.
Lee Hyori bercerita bahwa ketika hidup di pedesaan ia merasakan rindu akan kehidupan Seoul. Ia mengenang semua kehidupannya sebelum menikah dan saat masih menjadi diva Korea Selatan lewat lagu ini.
4. BIGBANG - 'Still Alive'
Tahun 2011 bisa menjadi tahun yang paling berat bagi BIGBANG dan para penggemarnya. Pada tahun tersebut tiga dari lima anggota BIGBANG terkena skandal. Hal itu membuat banyak orang memandang rendah kepada grup dipimpin oleh G-Dragon ini.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya kehilangan banyak penggemar, namun banyak juga stasiun TV yang menolak menayangkan segala hal mengenai BIGBANG. Tak cukup sampai disitu, banyak juga yang merasa karier BIGBANG akan hancur dan menyarankan agar YG Entertainment membubarkan grup asuhannya tersebut.
Tak ingin terjatuh lebih dalam lagi, para anggota BIGBANG kembali bangkit dan merilis mini album 'Alive' ditahun 2012. Lagu 'Still Alive' merupakan lagu intro dalam album tersebut. Dalam lagu ini para anggota bercerita mengenai keterpurukan mereka alami saat itu. Namun mereka berhasil mengalahkan semua rasa takut dan pandangan negatif publik mengenai mereka lewat lagu ini.
5. iKON - 'Climax'
Video
Bagi penggemar yang mengikuti iKON sejak masih berstatus Team B pasti paham betapa kerasnya perjuangan para anggota. Cerita kehidupan para anggota iKON selama menjalani masa training sebagai idola mereka tuangkan kedalam bentuk lagu.
ADVERTISEMENT
Awal lagu dibuka dengan rap yang dibawakan oleh Bobby dengan mengatakan bahwa ia sering merindukan ibunya selama menjalani training di Korea Selatan. Ia juga mengungkit janji-janji yang pernah ia ucapkan kepada orang tuanya jika sukses.
Tak hanya Bobby, di bagian rap B.I mengatakan bahwa ia bertanggung jawab atas masa depan kelima anggotanya. Sebagai leader ia mengaku sudah bekerja keras dan berharap masa depan mereka bisa secerah yang mereka impikan. Lagu ini diciptakan saat final acara 'Who is Next?' pada 2013 lalu.
6. Epik High - 'It's Cold'
Tablo 'Epik High' pernah mengalami masa tersulit dalam hidupnya karena fitnah yang dilakukan oleh orang-orang yang membencinya. Pada tahun 2011 ia dituduh memalsukan pendidikannya. Saat itu banyak orang yang tidak percaya bila ayah Lee Haru ini merupakan alumni dari Stanford University.
ADVERTISEMENT
Beberapa penggemar yang percaya akan tuduhan tersebut berubah menjadi haters. Dan banyak orang yang memanggilnya sebagai pelaku kriminal saat itu.
Karena tuduhan dan hinaan yang ia terima menyebabkan dirinya sempat mengalami keterpurukan. Sang ayah bahkan meninggal dunia karena tidak kuat melihat hujatan, makian, dan tuduhan yang diberikan orang-orang kepada Tablo. Masalah ini kemudian mulai mereda saat pihak Stanford University sendiri yang membenarkan bahwa Tablo merupakan alumni mereka.
Lewat lagu ini Tablo menceritakan hatinya yang sangat kosong dan kesepian saat itu. Dengan lirik emosional, lewat lagu ini ia mengungkapkan kesedihan mendalam yang dirasakannya. Meskipun saat itu sedang musim semi, namun ia merasa hatinya dan perasaan orang-orang sangat dingin padanya.
7. Dynamic Duo - 'Father'
ADVERTISEMENT
Video
Dengan lirik yang sedih, lagu ini bercerita tentang seorang anak yang pernah membenci ayahnya. Lagu ini sebenarnya menceritakan bagaimana kedua anggota Dynamic Duo merasa sangat kehilangan setelah ayah masing-masing meninggal dunia. Mereka merasa tak cukup memberikan banyak cinta pada sang ayah.
Lewat lagu ini Dynamic Duo mengungkapkan rasa penyesalannya karena tidak bisa mengurus dan mengungkapkan rasa cintanya kepada sang ayah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan