kumparan
7 Jan 2018 11:11 WIB

9 Lagu BTS untuk Menemanimu Menggapai Impian

BTS (Foto: Facebook/방탄소년단)
Salah satu hal yang menjadi daya tarik BTS adalah lagu-lagu mereka yang dipenuhi pesan positif. Tak hanya membahas masalah sosial yang ada, lagu-lagu grup beranggotakan tujuh orang ini juga kerap diisi dengan pesan-pesan untuk menyemangati penggemarnya meraih impian.
ADVERTISEMENT
Dalam artikel ini, tim kumparan (kumparan.com) telah merangkum sembilan contoh lagu BTS yang bisa dijadikan penyemangat bagi mereka yang sedang dalam proses meraih impian. Manakah yang jadi favoritmu?
1. 'No More Dream'
Video
BTS mengawali karier mereka di tahun 2013 dengan lagu yang berjudul 'No More Dream'. Melalui lagu yang dibalut dengan irama hip-hop ini, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, serta Jungkook menantang pendengarnya untuk menemukan impian mereka. Mereka juga bertanya apakah pendengarnya berani mengambil langkah untuk mengejar cita-cita itu.

Try asking yourself about your dream's profile. Try becoming the main subject of your life that has always been suppressed.

- BTS, 'No More Dream'

2. 'Tomorrow'
Pada tahun 2014, BTS merilis album berjudul 'Skool Luv Affair'. Salah satu lagu yang terdapat dalam album tersebut adalah 'Tomorrow'. Lagu ini menyerukan ajakan untuk mengikuti impian dan tak menyerah di tengah jalan, sekalipun semuanya terasa sulit.
ADVERTISEMENT

Follow your dream like breaker. Even if it crumbles, don't run backwards, never.

- BTS, 'Tomorrow'

3. 'Born Singer'
Hingga saat ini, ada satu lagu yang dianggap sangat sakral dan emosional oleh para penggemar BTS, juga oleh para anggota grup idola itu sendiri. Lagu itu berjudul 'Born Singer', sebuah cover dari 'Born Sinner' oleh rapper Amerika Serikat, J.Cole, yang dibawakan oleh BTS pada tahun 2013.
Lagu ini menceritakan mengenai perjuangan grup pemenang penghargaan 'Top Social Artist' dalam ' Billboard Music Awards 2017' itu dalam meraih impian mereka. Berbagai emosi ditumpahkan dalam lagu ini, mulai dari rasa yakin untuk mengejar impian karena ada orang yang mendukung mereka, hingga pengakuan rasa takut karena beratnya beban yang mereka pikul.
ADVERTISEMENT
Lagu ini bisa menyemangati mereka yang sedang mengejar mimpi karena menunjukkan bahwa pasti ada tantangan dalam meraih impian. Namun, itu tak berarti seseorang harus berhenti karenanya.

I'm a born singer. Perhaps this is an early confession, but I am very happy. I'm good.

- BTS, 'Born Singer'

4. Agust D - 'So Far Away'
Salah satu rapper BTS, Suga, sempat merilis lagu berjudul 'So Far Away' sebagai bagian dari proyek mixtape pribadinya, 'AGUST D' di tahun 2016.
Ada dua versi lagu yang tersedia, yaitu versi orisinal yang dinyanyikan Suga bersama solois Suran, kemudian versi yang dinyanyikan oleh Suga bersama dua anggota grupnya, yaitu Jin dan Jungkook. Versi manapun yang dipilih oleh pendengar, pesan yang ingin disampaikan oleh pria kelahiran 1993 itu tetap sama.
ADVERTISEMENT
Melalui lagu ini, pria bernama asli Min Yoon-gi itu menceritakan mengenai penderitaan seseorang yang hidup tanpa arah. Tak cuma itu, Suga juga mengutip ayat Injil dan mendoakan supaya kehidupan pendengarnya akan baik-baik saja.

Dream. Your beginnings will seem humble, so prosperous will your future be.

- Agust D (Suga of BTS), 'So Far Away'

5. 'INTRO: O!RUL8,2?'
'INTRO: O! RUL8,2?' (dibaca 'Oh, are you late, too?') adalah lagu pembuka album dengan judul serupa yang dirilis oleh BTS pada tahun 2013. Meski berdurasi sangat singkat, lagu yang dibawakan oleh leader grup, RM, ini berisi ajakan untuk benar-benar menjalani hidup, karena setiap orang hanya hidup satu kali.

You only live once. So live your life, not any other’s lives. Take chances and never regret, never.

- BTS, 'O! RUL8,2?'

ADVERTISEMENT
6. 'Not Today'
Video
'Not Today', salah satu lagu dalam album repackage 'You Never Walk Alone', berisi ajakan untuk tak pernah menyerah. Tak hanya memiliki lirik yang menyemangati, lagu ini juga dibuat dengan musik yang bisa membuat pendengarnya merasa bersemangat.

All the underdogs in the world, a day may come when we lose. But it is not today. Today we fight!

- BTS, 'Not Today'

7. '2! 3!'
'2! 3!', salah satu lagu dalam album 'Wings' dan 'You Never Walk Alone', adalah lagu yang didedikasikan oleh BTS kepada penggemarnya. Lagu ini berisi pengakuan jujur BTS kepada para A.R.M.Ys, juga sebagai penghibur bagi para fans. Karena kontennya yang menghibur, lagu ini cocok untuk didengarkan, terutama pada saat seseorang merasa sedih atau letih.
ADVERTISEMENT

It's okay. Now say 1, 2, 3 and forget it. Erase every sad memories, let's hold each other's hands and smile.

- BTS, '2! 3!'

8. Rap Monster - 'I Believe'
Salah satu hal yang terpenting dalam mengejar dan impian adalah rasa percaya diri. Hal ini pun dituangkan oleh leader grup, RM, ke dalam lagu yang berjudul 'I Believe'. Lagu ini merupakan bagian dari mixtape pertamanya, 'RM', yang dirilis pria bernama asli Kim Nam-joon itu di tahun 2015.
Seperti judulnya, lagu yang memiliki nada ringan ini menceritakan mengenai bagaimana RM percaya bahwa ia bisa melakukan apa yang telah menjadi cita-citanya. Lagu ini bisa dijadikan penyemangat bagi mereka yang juga tengah berusaha percaya kepada diri sendiri.
ADVERTISEMENT

Wherever I am, whatever I do. I believe, I believe. Wherever I am, I believe that I will protect myself, I believe.

- RM of BTS, 'I Believe'

9. 'Epilogue: Young Forever'
Video
Akan ada waktunya ketika seseorang harus menerima bahwa mereka sudah tak bisa mengejar impian mereka lagi. Akan ada waktunya saat seseorang harus berhenti dan melepaskan apa yang sudah mereka bangun dengan susah payah.
Hal ini pun diakui oleh BTS dalam lagu berjudul 'Epilogue: Young Forever'. Mereka menyadari bahwa tak ada dunia yang sempurna, juga tak ada penonton maupun sorakan yang abadi. Meski demikian, grup besutan BigHit Entertainment ini mengatakan bahwa mereka akan terus berlari mengejar mimpinya, meskipun harus terjatuh dan mungkin merasa sakit.
ADVERTISEMENT

Dream, hopes, move forward, move forward.

- BTS, 'Epilogue: Young Forever'

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·