kumparan
3 Mei 2018 17:18 WIB

9 Seleb Korea Selatan yang Dikenal Taat Beragama

Seleb Korea Selatan (Foto: Berbagai sumber)
Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara dengan masyarakat yang menganut Atheis, atau mereka yang tidak percaya Tuhan. Namun tentu, tidak semua masyarakatnya punya kepercayaan tersebut. Termasuk beberapa selebriti Korea Selatan yang dikenal taat beragama.
ADVERTISEMENT
Meski dianggap sebagai isu sensitif dan menjadi bagian privasi seseorang, namun banyak selebriti Korea yang tak sungkan untuk mengungkapkan agama yang mereka anut. Bukan hanya itu, mereka juga kerap kali memperlihatkan kecintaan mereka pada agama yang dianut melalui wawancara ataupun media sosial.
Berikut ini tim kumparanK-pop telah merangkum sembilan selebriti K-Pop yang diketahui taat beragama.
1. Siwon 'Super Junior'
Siwon Super Junior. (Foto: Instagram/siwonchoi)
Saat menjalani wawancara dengan CNN, anggota Super Junior ini mengatakan ia ingin menjadi misionaris di masa depan. Ia ingin menyebarkan kasih yang sudah banyak diterimanya selama menjadi musisi, kepada orang-orang yang membutuhkan.
Belum lama ini ia juga berpartisipasi dalam sebuah proyek kemanusian yang bertajuk 'You Matter' dan 'Jonghyun Legacy'. Proyek ini dilakukannya bersama dengan sebuah komunitas musik Kristen kontemporer, 3rd Wave Music. Lewat kampanye ini, Siwon dan 3rd Wave Music ingin menyadarkan publik betapa pentingnya menjadi pendengar yang baik antar sesama manusia. Bukan hanya harus menjadi pendengar yang baik, mereka juga berharap lewat proyek ini masyarakat bisa lebih dekat dangan Tuhan.
ADVERTISEMENT
2. Taeyang 'BIGBANG'
Taeyang 'BIGBANG' (Foto: Facebook @TAEYANG)
Taeyang yang menganut agama Kristen memperlihatkan rasa cinta kepada agama yang ia anut lewat tampilannya. Ada beberapa tato di tubuhnya yang bergambar salib dan bagi Taeyang, gereja adalah salah satu tempat kesukaannya. Tak hanya itu, Alkitab adalah hal yang selalu ia bawa di dalam tas.
Renungan Alkitab saat pagi hari merupakan rutinitas yang wajib ia lakukan setiap harinya. Sebelum resmi menjalani wajib militer, pelantun 'Darling' ini menjalani pemotretan dengan brand fashion Fendi. Dalam pemotretan yang dilakukannya tersebut ia menggunakan konsep 'kasih', 'iman', dan 'pengharapan', yang merupakan dasar paling penting untuk umat Kristen.
3. Mark 'NCT'
Mark 'NCT' (Foto: Facebook @NCT.smtown)
Penggemar NCT mungkin sudah tahu kalau Mark adalah sosok yang religius. Penyanyi kelahiran 1999 tersebut tak pernah ketinggalan untuk mengucapkan rasa terima kasihnya pada Tuhan setiap kali menerima penghargaan. Contohnya, saat ia dan grupnya menerima penghargaan Rookie Awards di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2016 dan Gaon K-Pop Chart Awards 2017.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, ia juga sering menuliskan kalimat religius yang dikutipnya dari Alkitab di acara fansign. Sejak tinggal di Vancouver, Kanada, keluarga Mark aktif dalam pelayanan di gereja.
4. Bobby 'iKON'
Bobby 'iKON' (Foto: Facebook @OfficialYGiKON)
Bobby dikenal sebagai salah satu idola yang tidak sungkan untuk membahas agama yang dianutnya. Rapper iKON ini lahir dan dibesarkan dari keluarga yang sangat taat dengan agama. Sebelum bergabung dengan YG Entertainmnet ia merupakan anggota pemuda di gerejanya yang berada di Amerika Serikat.
Bahkan, dalam video klip solonya yang bertajuk 'Runaway' ia menyisipkan sebuah ayat Alkitab di awal dan di akhir video. Ayat tersebut merupakan pegangan hidup Bobby yang diambil dari Mazmur 118:5 yang mengatakan "Dalam kesesakan aku telah berseru kepada Tuhan. Tuhan telah menjawab aku dengan memberi kelegaan."
ADVERTISEMENT
5. Daesung 'BIGBANG'
Daesung 'BIGBANG'. (Foto: Instagram/@daesung89)
Saat menjalani wawancara dalam acara 'Healing Camp' Daesung mengatakan Alkitab merupakan pedoman hidupnya. Sama seperti Taeyang, Daesung juga selalu berusaha menyempatkan diri untuk melakukan renungan Alkitab setiap pagi. Dalam acara tersebut ia mengatakan gereja merupakan tempat yang paling nyaman untuknya, bahkan jika dibandingkan dengan sebuah rumah.
Dalam acara 'Run, BIGBANG Scout' menajernya mengatakan, Daesung lebih banyak menghabiskan waktu kosong dengan melakukan pelayanan di gereja. Tak mengherankan, sebab keluargan Daesung juga merupakan pengurus gereja.
6. Bewhy
Bewhy (Foto: Instagram @bewhy.meshasoulja)
Bila dunia rapper undereground dikenal dengan kehidupan kelam, maka hal tersebut tak berlaku bagi Bewhy. Rapper kelahiran 1993 ini merupakan umat Protestan yang taat. Saat menjalani wawancara dalam acara 'Show Me the Money 5' ia mengaku dirinya memiliki iman yang kuat untuk setia dengan agama yang dianutnya.
ADVERTISEMENT
Dengan jujur ia mengatakan imannya sebagai seorang Kristiani telah mengubah banyak hidupnya. Ia juga sering menyisipkan kalimat religius dari alkitab dalam lirik lagunya seperti dalam 'Day Day' dan 'Forever'.
Ia menyadari bahwa musiknya akan susah diterima oleh orang-orang yang memiliki kepercayaan yang berbeda dengannya. Namun, ia dengan tegas mengatakan bahwa dirinya bisa ada diposisi saat ini karena imannya sehingga ia tidak akan berubah mengikuti apa yang dunia inginkan.
7. Minzy
Minzy (Foto: Instagram @_minzy_mz)
Mantan anggota 2NE1 ini memang memiliki latar belakang keluarga yang religius. Mungkin ini pula yang mendorong Minzy mengambil jurusan Ilmu Agama di BaekSeok University. Ia merupakan anggota sebuah komunitas Kristiani yang berisikan selebriti Korea Selatan bersama Luna f(x), dan beberapa anggota SNSD seperti Tiffany, Sooyoung, Yoona dan Hyoyeon.
ADVERTISEMENT
Ia juga sering mengunggah video yang menampilkan dirinya sedang menyanyikan lagu rohani. Minzy juga merupakan Worship Leader atau pemimpin pujian dalam gerejanya.
"Aku ingin menjadi pastor yang dapat membuat anak-anak dekat dengan agamanya,” tulis Minzy di salah satu kolom koran universitasnya.
8. Kim Tae-hee
Kim Tae-hee (Foto: Instagram @taehee35)
Istri dari penyanyi Rain ini dikenal sebagai 'Legendary Sister of Church'. Julukan ini diberikan oleh netizen karena foto-foto Kim Tae-hee yang sedang beribadah banyak beredar di internet. Sejak kecil ia sudah bergabung dengan pemudi katolik di gereja. Bukan hanya itu, ia juga aktif dalam 'Bible Study' atau kegiatan untuk memperdalam ilmu mengenai Alkitab.
Bahkan sebuah foto yang menampilkan dirinya sedang berdoa di gereja menjadi viral setelah ditayangkan oleh stasiun TV MBC. Foto tersebut diambil saat ia melayani di sebuah perkemahan wajib militer.
ADVERTISEMENT
9. Rose 'Blackpink'
Rose 'Blackpink' (Foto: Instagram @blackpinkofficial)
Sebelum bergabung dengan YG Entertainmet, Rose merupakan anggota paduan suara gereja di Australia. Tak hanya sebagai anggota paduan suara, ia juga melayani gereja dengan menjadi pemain piano dan gitar. Setelah melangsungkan debut dengan Blackpink, foto-foto saat ia melayani di gereja, banyak beredar di internet.
Saat ia pulang ke Australia tahun lalu, ia mengaku menghabiskan waktunya lebih banyak digereja. Dengan jujur ia mengatakan menemukan kedamaiaan saat berada di gereja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·