kumparan
20 Mar 2019 18:32 WIB

Bahasa Jadi Kesulitan yang Dihadapi Z Girls dan Z Boys

Z Boys dan Z Girls. Foto: Masajeng R / kumparan
Dua grup idola besutan Zenith Media, boyband Z Boys dan girlband Z Girls, baru saja mengawali karier mereka di dunia hiburan pada 22 Februari 2019. Mereka adalah 14 orang penyanyi idola yang berasal dari tujuh negara yang berbeda.
Pada Rabu (20/3), kedua grup yang biasa disebut sebagai Z Star Idol ini melangsungkan konferensi pers di Bilangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Mereka menyapa awak media dan juga puluhan fans yang telah menunggu.
Dalam konferensi pers, para anggotanya membicarakan mengenai berbagai hal, termasuk kesulitan berkomunikasi. Hal ini bisa dibilang wajar, karena para anggota Z Boys dan Z Girls berasal dari tujuh negara yang berbeda, yaitu Taiwan, Vietnam, India, Indonesia, Jepang, Thailand, dan Filipina.
Girlband Z Girls. Foto: Masajeng R / kumparan
Vanya, anggota Z Girls yang berasal dari Indonesia, tidak memungkiri bahwa terkadang ada kesulitan berkomunikasi di antara mereka.
“Komunikasi dari tujuh negara itu susah. Jadi sometimes kita pakai visualisasi,” tuturnya di hadapan awak media.
Meski demikian, ini tidak berarti mereka tidak akrab. Menurut lulusan acara televisi ‘The Next Boy/Girl Band’ ini, masing-masing grup tinggal satu rumah dan sering mencurahkan hati kepada satu sama lain.
Meski sempat kesulitan, namun bahasa juga yang mempersatukan mereka. Tak lain saat mereka menemukan kata atau kalimat yang sama, dalam bahasa antar negara yang berbeda.
“Aku sama Carlyn (anggota dari Filipina) sekamar. In our language, ada beberapa bahasa yang sama. Misalnya, sakit,” tutur Vanya.
Ia dan Carlyn kemudian saling berpelukan dengan senang karena menemukan persamaan tersebut.
Z Boys. Foto: Masajeng R / kumparan
Hal ini kemudian ditanggapi oleh Mavin, anggota Z Boys yang juga berasal dari Indonesia. Menurutnya, mereka juga mengalami kesulitan yang serupa.
Boys biasanya kalau enggak ngerti bahasanya, kita dengar dari nadanya. Kalau udah tinggi, berarti marah,” ungkapnya.
Z Boys dan Z Girls sendiri merupakan grup idola yang dibentuk melalui audisi bertajuk ‘Let’s Begin’. Saat ini mereka telah menelurkan lagu berjudul ‘No Limit’ untuk Z Boys dan ‘What You Waiting For’ untuk Z Girls.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan