kumparan
11 Des 2018 9:42 WIB

Dituding Curang, MAMA 2018 Respons Isu Manipulasi Terkait IZ*ONE

MAMA 2018 (Foto: Twitter @MnetMAMA)
Ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 hari pertama, sukses digelar pada 10 Desember. Acara tersebut dimeriahkan oleh para artis rookies K-Pop populer saat ini seperti IZ*ONE, (G)I-DLE, Stray Kids, fromis_9, The Boyz, VINXEN, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Sayang di balik kemeriahannya, acara ini menyisakan pertanyaan yang memicu perdebatan di antara netizen. Banyak orang yang mempertanyakan kredibilitas penerima penghargaan, terutama kategori 'Best New Female Artist' kali ini.
Seperti yang diketahui bahwa 'Best New Female Artist 2018' diberikan kepada IZ*ONE, girlband yang terbentuk lewat acara survival Mnet 'Produce 48'. Grup beranggotakan 12 orang yang berasal dari Korea dan Jepang ini, memulai debutnya pada 29 Oktober lalu dengan merilis mini album 'COLOR*IZ', dengan lagu utamanya bertajuk 'La Vie en Rose'.
Netizen merasa bahwa grup baru asuhan Cube Entertainment, (G)I-DLE, lebih pantas menerima trofi 'Best New Female Artist 2018', ketimbang IZ*ONE. Pasalnya grup yang debut pada 2 Mei dengan mini album 'I Am' dan title track 'Latata' ini, berhasil unggul dalam proses voting online, yang dilakukan oleh pihak penyelenggara. Dalam acara tersebut (G)I-DLE hanya berhasil membawa pulang penghargaan 'Best of Next 2018'.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil voting, (G)I-DLE berhasil menguasai posisi pertama dengan total suara 51,91 persen. Sedangkan IZ*ONE berada diurutan kedua dengan hasil voting hanya sebesar 17,64 persen.
Namun hal yang berbeda terjadi pada boyband Stray Kids. Grup asuhan JYP Entertainment ini berhasil menjadi jawara dalam proses voting online dan membawa pulang penghargaan 'Best New Male Artist 2018' dalam acara tersebut.
Hal ini tentu saja menimbulkan banyak spekulasi negatif dari para netizen yang merasa bahwa MAMA 2018 tidak adil. Bahkan banyak netizen yang menganggap MAMA 2018, telah melakukan manipulasi demi memberikan penghargaan tersebut kepada IZ*ONE, grup bentukan Mnet.
Atas kontroversi tersebut, pihak panitia MAMA 2018 akhirnya buka suara. Mereka membantah adanya tindakan manipulasi atau pun interferensi yang dilakukan oleh pihak panitia.
ADVERTISEMENT
"Memang benar jika (G)I-DLE memenangkan hasil poling. Namun, harus diketahui, jika dalam penjualan digital, (jumlah) mereka lebih rendah dari IZ*ONE. Tidak ada manipulasi atau pun interferensi dalam ajang penghargaan tersebut," ujar salah satu perwakilan penyelenggara seperti dilansir dari Soompi.
Selain dari poling, sebelumnya pihak Mnet juga mengumumkan jika pemenang akan ditentukan dengan penilaian dari berbagai aspek. Beberapa aspek yang jadi penentu adalah 20 persen perolehan suara melalui voting Mwave, 30 persen dari keputusan panel hakim (dengan hakim Korea dan internasional), 30 persen dari penjualan digital, dan 20 persen dari penjualan album fisik.
Ini bukan pertama kalinya, Mnet Asian Music Awards dinilai kurang adil, saat memberikan penghargaan 'Best New Female Artist'. Sebelumnya juga pernah terjadi hal serupa saat Blackpink meraih penghargaan kategori 'Best of Next', sementara 'Best New Female Artist' diberikan kepada I.O.I, grup bentukan Mnet.
ADVERTISEMENT
Pada acara MAMA 2017, kontroversi yang sama kembali terjadi. Trofi 'Best New Female Artist' diberikan kepada girlband PRISTIN, dan solois Chungha mendapatkan penghargaan 'Best of Next'. Dalam kesempatan yang sama Wanna One, boyband yang terbentuk berkat acara survival Mnet 'Produce 101 Season 2' meraih penghargaan 'Best New Male Artist' dan 'Best of Next' 2017 sekaligus.
Ajang penghargaan MAMA 2018 masih akan dilanjutkan dua hari ke depan. Hari kedua pergelaran acara ini akan dilaksanakan pada 12 Desember mendatang di Jepang. MAMA 2018 akan ditutup pada hari ketiga dan akan digelar di Hong Kong pada 14 Desember 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan