Pencarian populer

'Ice Bucket Challenge' Kembali Populer di Kalangan Selebriti Korea

Ice Challenge Bucket (Foto: Berbagai sumber)

Tantangan ice bucket challenge kembali populer. Kali ini tagar #icebucketchallenge2018 pun ramai digunakan di media sosial, termasuk di kalangan selebriti Korea Selatan.

Ice bucket challenge sendiri merupakan kegiatan berupa menyiram seember air dingin atau air berisi batu es ke kepala seseorang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit Sklerosis Lateral Amiotrofik (Dikenal juga dengan nama Amyotrophic Lateral Sclerosis atau disingkat ALS) dan mendorong sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut.

Belum lama ini ice bucket challenge kembali populer di kalangan selebriti Korea Selatan. Dan tahun ini dimulai oleh salah satu anggota duo hip hop Jinusean, Sean.

Loading Instagram...

Kegiatan ini dilakukannya untuk membantu orang-orang yang menderita penyakit yang sama dengan Park Seung-il, mantan pemain sepak bola Korea Selatan yang terkena penyakit ALS. Penyakit langka ini menyerang sel-sel saraf dan mengurangi fungsi pada otot yang disuplai.

Sean merekam aksinya melakukan ice bucket challenge tepat disebelah Park Seung-il.

Setelah melakukan kegiatan tersebut ia kemudian menantang publik figur Korea selatan lainnya yaitu Sooyoung 'SNSD', Daniel Henney, dan Park Bogum.

Loading Instagram...

Tentu tantangan ini disambut oleh Sooyoung, yang kemudian melakukan ice bucket challenge. Ia juga menantang anggota SNSD, Seohyun, aktor Dong Hyun-bae, dan komedian Kwon Hyuk-soo. Sedangkan Park Bogum menantang rekannya sesama aktor Kwak Dong-yeon, Lee Joon-hyuk, dan Yeo Jin-goo.

Video

Seohyun kemudian menerima tantangan itu dan melakukan ice bucket challenge serta melemparkan tantangannya kepada rekannya di SNSD, Hyoyeon, aktor Kim Jung-hyun, dan aktris Hwang Seung-eon. Tak jauh berbeda dengan maknae (anggota termuda) SNSD tersebut, Yeo Jin-goo sendiri menantang para aktor senior seperti Jung Woo-sung, Jo Jin-woong, dan juga Minah 'Girl’s Day'.

Loading Instagram...

Semua publik figur yang namanya disebut selalu menerima tantangan ini. Melihat tingginya partisipasi mereka, tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak selebriti Korea Selatan yang akan melakukan hal serupa.

Setiap selebriti yang ditantang selalu mengucapkan rasa syukur mereka karena bisa berpartisipasi dalan kegiatan yang mulia ini. Mereka juga menyampaikan dukungan mereka kepada orang-orang yang menderita ALS dan keluarganya.

Saat melakukan ice bucket challenge sendiri, setiap peserta harus merekam aksinya dan mengunggah video tersebut di media sosial. Di awal video, para peserta harus mengatakan bahwa ia menerima tantangan yang ice bucket challenge yang diajukan oleh teman atau pun kerabat dekatnya.

Loading Instagram...

Dengan dibantu oleh orang lain ataupun dilakukan sendiri, wadah yang berisi air dan es akan dituangkan di atas kepala peserta. Setelah itu ia akan menantang orang lain yang ia kenal untuk melakukan ice bucket challenge.

Peserta yang ditantang bisa memilih untuk menyumbangkan, melakukan tantangan, atau melakukan keduanya. Dalam salah satu versi tantangan, peserta diharapkan untuk menyumbangkan $10 atau sekitar Rp 138.000 jika mereka telah menuangkan air es di atas kepala mereka atau menyumbangkan $100 (Rp 1,3 juta) jika mereka tidak melakukannya.

Tantangan menyiram air es ini sendiri diibaratkan seperti perasaan para penderita ALS yang otot-ototnya mati rasa dan mengalami kelumpuhan. Mereka yang menyiramkan air es ini pun kabarnya merasakan sensasi dingin yang membuat otot tubuh terasa kebal.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55