kumparan
2 Apr 2018 15:30 WIB

Infografik: Survival Show yang Menghasilkan Grup Idola K-Pop Berbakat

Infografik survival show K-Pop. (Foto: kumparan/Putri Saraf Arifira)
Tidak semua grup idola K-Pop dibentuk dari hasil pemilihan trainee yang diputuskan secara internal oleh agensi. Ada kalanya grup idola K-Pop dibentuk dengan melibatkan penggemar, misalnya, dalam acara-acara survival show.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa tahun terakhir, ada begitu banyak survival show yang dibentuk oleh stasiun televisi. Contohnya, acara 'Produce 101' yang begitu populer di kalangan fans K-Pop.
Dalam acara ini, ratusan idola dari berbagai agensi hiburan menunjukkan kebolehan mereka dalam bernyanyi, menari, juga nge-rap. Tujuan mereka hanya satu, yaitu memperebutkan posisi atas demi bisa beraktivitas selama jangka waktu tertentu bersama grup pemenang.
Bila dibandingkan dengan grup idola yang dibentuk langsung oleh satu perusahaan, masa aktif grup temporer lulusan survival show memang sangat singkat. Namun, biasanya, mereka memiliki popularitas yang sangat tinggi. Contohnya, dalam kasus girlband IOI dan boyband Wanna One yang memiliki banyak penggemar dan banjir prestasi.
Selain itu, ada juga survival show yang hanya melibatkan para calon idola dari perusahaan yang sama. Misalnya, dalam acara-acara seperti 'Sixteen' (2015) oleh JYP Entertainment yang mencetak Twice, atau 'WIN: Who is Next' (2013) oleh YG Entertainment yang mencetak Winner.
ADVERTISEMENT
Walau berasal dari satu perusahaan yang sama, para calon idola ini harus melakukan yang terbaik dan tak boleh ragu bersaing dengan yang lain. Meski pun sistem ini bisa jadi dirasa terlalu kejam oleh sebagian orang, para idola yang telah bertahun-tahun berlatih bersama ini tidak boleh ragu supaya mereka akhirnya bisa debut.
Acara semacam survival show ini dibuat sudah sejak lama. Pada 2006, YG Entertainment menciptakan program bernama 'Real-Docu BIGBANG' yang mencetak grup papan atas BIGBANG di tahun 2006. Selain itu, ada juga 'Hot Blooded Men' pada 2008 yang menghasilkan boyband 2PM dan grup vokal 2AM.
Kira-kira, grup mana saja yang dibentuk melalui ajang survival show? Yuk, simak dalam infografik berikut!
Infografik survival show boyband K-Pop. (Foto: kumparan.com/Putri Sarah Arifira)
Infografik survival show girlband K-Pop. (Foto: kumparan/Putri Sarah Arifira)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan