kumparan
20 Okt 2018 13:20 WIB

K-Popedia: Fenomena Bromance di Kalangan Fans K-Pop

Bromance (Foto: Berbagai sumber)
Para fans K-Pop punya istilah khusus untuk menggambarkan persahabatan antara dua artis Korea Selatan, yaitu bromance. Hampir mirip dengan konsep OTP (one true pairing), bromance juga didasarkan dari pengamatan para fans soal kedekatan dua artis pria.
ADVERTISEMENT
Bila menilik dari asal katanya, bromance merupakan gabungan dari kata bro dan romance. Meski demikian, istilah ini bukan digunakan untuk menggambarkan asmara di antara dua orang pria. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan persahabatan karib di antara mereka.
Misalnya, persahabatan yang ditunjukkan aktor Korea, Kim Woo Bin dan Lee Jong Suk dalam 'School 2013'. Dalam drama Korea itu, kedua artis ini digambarkan sebagai sahabat yang akhirnya kembali akrab setelah bisa mengatasi kesalahpahaman.
Meski keakraban mereka dibentuk lewat naskah, hingga drama itu usai pun, para penggemar kedua artis itu masih menganggap mereka akrab. Fans juga menggolongkan interaksi antara Woo Bin dan Jong Suk sebagai bromance.
Selain itu, contoh bromance lain dapat dilihat dari keakraban para idola K-Pop. Misalnya, Baekhyun dan Chanyeol EXO, atau Jimin dan Jungkook BTS. Para idola ini disebut memiliki bromance yang kuat, karena mereka berteman sangat akrab, saling mempedulikan satu sama lain, dan tak canggung dalam melakukan skinship (kontak fisik).
ADVERTISEMENT
Tak jarang, pasangan artis yang melakukan bromance ini disebut dengan julukan khusus. Misalnya, Chanbaek untuk Chanyeol dan Baekhyun atau JiKook untuk Jimin dan Jungkook.
Tak cuma para artis, sebenarnya, Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un pun tak lepas dari fenomena bromance buatan fans. Saat kedua kepala negara itu hadir di hadapan publik untuk pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan, mereka terlihat akrab dan bahkan berpegangan tangan.
Secara bercanda, para fans K-Pop pun menyebut interaksi antara kedua kepala itu sebagai bromance.
Kalau kamu, apakah kamu punya pasangan bromance favorit?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan