kumparan
23 Apr 2019 15:08 WIB

K-Profile: Jang Jane, Solois Bersuara Khas yang Luluhkan Nam Tae Hyun

Solois Korea, Jang Jane Foto: Instagram @jangjane_
Nama Jang Jane kini tengah menjadi topik hangat di kalangan penggemar K-Pop, karena tengah berpacaran dengan mantan anggota boyband Winner, Nam Tae Hyun. Penyanyi kelahiran 1991 ini, berpacaran dengan Nam Tae Hyun setelah terlibat cinta lokasi dalam variety show siaran TV kabel tvN, 'Studio Vibes'.
ADVERTISEMENT
Belum banyak yang mengetahui profile Jang Jane sebagai penyanyi solo wanita. Jang Jane yang lahir di Gwangju ini, pertama kali dikenal di dunia hiburan Korea Selatan saat mengikuti ajang pencarian bakat 'Superstar K2' pada 2010. Di ajang pencarian bakat yang diadakan oleh stasiun TV Mnet, Jane berhasil bertahan hingga mendapatkan posisi ketiga.
Video
Kala itu, Jane memimpin voting online selama empat minggu berturut-turut sebelum memasuki Top 3 Week, di mana dia tersingkir saat membawakan lagu 'Lemon Tree' milik Fools Garden.
Video
Dalam audisi 'Superstar K2', ia membawakan lagu 'Head Over Feet' dari penyanyi Kanada, Alanis Morissette. Lalu, di babak selanjutnya, ia menyanyikan lagu miliknya sendiri, 'That Place'.
Selama melakukan audisi di 'Superstar K2', Jang Jane punya ciri khas yang membuatnya mudah diingat, yaitu menyanyi sambil bermain gitar. Ia beberapa kali bernyanyi sembari bermain gitar di hadapan para juri. Ditambah, suaranya yang unik, membuat juri seperti PSY dan Park Jin Young terpesona.
ADVERTISEMENT
Video
Namun, sayangnya di ajang pencarian bakat ini, Jane harus puas mengikuti kompetisi hingga 3 besar saja.
Video
Setelah 'Superstar K2' usai, Jang Jane menjadi salah satu peserta yang cukup dikenal di kalangan para penggemar ajang pencarian bakat tersebut. Hal ini dibuktikan saat ia masuk nominasi 'Best New Female Artists' di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2011.
Lalu, Jang Jane mulai merilis beberapa lagu setelah keluar dari 'Superstar K2', dan memulai kariernya di dunia hiburan Korea Selatan sebagai penyanyi solo dengan genre neo soul, ballad, dan folk.
Sejak 2011, dia telah merilis 11 lagu, baik itu dirilis secara single atau pun album. Lagu-lagu yang telah ia rilis adalah 'That Place' dalam album 'Early Days', 'You Are So Childish' featuring Kim Jisoo dalam album 'Day Breaker', 'Winter Night', 'No One Else But You', '0 (zero)', 'Love Me Do', 'My Satellite' dalam album 'Liquid', 'Carmin', 'Velvet', 'Button', dan 'Seoul Noir'.
ADVERTISEMENT
Video
Selain merilis lagu secara pribadi, ia juga telah merilis lagu kolaborasi. Salah satunya dengan Suho EXO dalam lagu 'Do You Have A Moment' dan 'Dinner'.
Bukan hanya dengan Suho, Jane juga sempat berkolaborasi dengan musisi Korea Selatan lainnya. Ia pernah merilis lagu bersama peserta 'Superstar K2' lainnya, Kim Jisoo, dalam lagu 'Gimbap', lalu merilis lagu 'Christmas Wishes' bersama Park Ji Yoon, Lim Kim, dan Puer Kim.
Jane juga merilis lagu 'Memory' bersama Yoon Jong Shin, 'Dumb Dumb' bersama Giant Pink dan PERC%NT, 'Amateur' bersama Yoon Jong Shin, dan 'Sangsu Station Exit 2' bersama 015B.
Video
Jang Jane juga telah beberapa kali bekerja sama dalam mengisi soundtrack drama Korea. Salah satu yang paling dikenal ialah saat mengisi soundtrack drama Korea 'Kill Me Heal Me' berjudul 'Hallucination'. Berkat lagu ini, ia memenangkan nominasi 'OST Award' di Seoul Music Awards pada 2016.
ADVERTISEMENT
Selain 'Kill Me Heal Me', ia tercatat telah mengisi 11 soundtrack drama Korea lain. Mulai dari drama 'Athena: Goddess of War', 'Arang and the Magistrate', 'Remember', 'Shopping King Louie', dan 'Return'.
Meski kariernya terbilang cukup mulus, namun Jang Jane pernah menderita penyakit yang akhirnya membuat dia harus hiatus selama 2 tahun. Ia terserang penyakit kelainan otot yang disebut dystonia.
Loading Instagram...
Akibat penyakit tersebut, Jang Jane mengalami kesulitan saat bermain gitar. Ia bahkan mengaku tubuh bagian kirinya seperti bukan tubuh miliknya, karena dia merasa ada sarafnya yang rusak. Walaupun begitu, Jang Jane mengaku bahwa kini dirinya telah sehat.
"Aku jauh lebih baik sekarang, dan sangat senang bisa kembali setelah sekian lama. Aku ingin bekerja keras sekarang," ujar Jang Jane dalam sebuah wawancara pada 2014, setelah selesai melakukan berbagai macam perawatan.
ADVERTISEMENT
"Dulu aku berpikir bahwa semuanya harus sempurna, tetapi setelah penyakit ini, aku telah memutuskan bahwa tidak ada lagi yang akan menurunkan (semangatku). Aku pikir karakterku telah berubah sedikit," ungkapnya seperti dikutip Soompi.
Karier Jang Jane pun kini semakin sukses, meski belum merilis lagu sejak 2018, namun dia tengah disibukkan dengan tampil di berbagai acara televisi, seperti 'Studio Vibes' yang mempertemukannya dengan sang kekasih, Nam Tae Hyun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan