kumparan
4 Mar 2019 12:44 WIB

K-Profile: Park Bom, Idola Korea Pencetak Lagu Hits

Mantan member grup K-Pop 2NE1. Foto: Dok. YG Entertainment
Mantan anggota girlband 2NE1, Park Bom, dikabarkan akan segera melangsungkan comeback solo pada 13 Maret 2019. Salah satu lagu comeback tersebut akan dinyanyikan bersama mantan anggota girlband 2NE1 lainnya, Sandara Park.
ADVERTISEMENT
Idola kelahiran 24 Maret 1984 ini, sebelum akhirnya menjadi idola di Korea, pernah menempuh pendidikan SMP dan SMA di Amerika serikat.
Ia masuk ke Akademi Gould di Bethel, Maine dan berhasil menyelesaikan pendidikannya selama enam tahun sampai akhirnya lulus. Setelah itu, Bom masuk ke Universitas Lesley di Cambride, Massachusetts, jurusan psikologi.
Saat duduk di bangku SMA, dia tertarik dengan musik karena kecintaannya kepada Mariah Carey, yang ia katakan sebagai salah satu musisi berpengaruh di hidupnya. Namun keinginannya mengejar karier di bidang musik ditentang kedua orang tuanya.
Tetapi salah seorang bibinya mendukung keinginan Bom. Lalu dia pun pindah kuliah ke Berklee College of Music tanpa sepengetahuan orang tuanya.
Park Bom Foto: Facebook @2NE1
Park Bom pertama kali debut di dunia hiburan Korea Selatan pada 2009 dengan girlband di bawah naungan YG Entertainment, 2NE1.
ADVERTISEMENT
Sebelum resmi debut, ia sempat berkolaborasi dengan grup satu agensinya, BIGBANG, dengan lagu yang berjudul 'We Belong Together' dan 'Forever With U' pada 2007 atau tiga tahun sejak ia menjadi trainee YG.
Sebelum akhirnya diterima menjadi trainee di YG Entertainment, ia harus melakukan audisi selama tiga tahun. Berkat usahanya yang tak kenal lelah, akhirnya Park Bom berhasil debut dan menjadi idola K-Pop hingga saat ini.
Saat masih bersama 2NE1, ia telah menelurkan banyak karya, salah satunya adalah lagu debut yang berjudul 'I Don't Care'. Lagu tersebut menuai banyak cinta dari publik dan menjadi salah satu lagu tersukses di sepanjang karier 2NE1.
Berkat 'I Don't Care', 2NE1 berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan termasuk song of the year dari Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2009 dan menjadikan mereka sebagai grup rookie pertama yang meraih daesang (penghargaan utama).
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan berbagai macam kegiatannya bersama 2NE1, Park Bom memulai debut solonya dengan merilis lagu 'You and I' pada November 2011. Lagu tersebut meraih chart nomor satu di Gaon selama empat minggu berturut-turut.
Lagu itu juga memenangkan best digital single dari MAMA 2010. Lalu di akhir 2011, lagu 'You and I' telah diunduh sebanyak 4,48 juta kali, dan menjadi salah satu lagu yang meraih penjualan terbaik di sejarah musik Korea Selatan.
Park Bom Foto: Facebook @2NE1
Pada 21 April 2011, Park Bom merilis lagu keduanya yang berjudul 'Don't Cry'. Lagu tersebut meraih kesuksesan masif dan meraih perfect all-kill dengan mendapatkan posisi nomor 1 di 7 chart musik lokal Korea Selatan.
Lalu di tahun yang sama, idola yang menyukai jagung ini berkolaborasi dalam lagu 'Having an Affair', bersama G-Dragon dan komedian Park Myeong Su dalam proyek 'GG' untuk acara 'Infinite Challenge Music Festival'.
ADVERTISEMENT
Rekan satu agensinya tersebut sangat menganggumi Park Bom dan mengatakan, "Semua lagu yang dinyanyikan oleh suaranya, menjadi hit. Suaranya sangat lah bagus." Lagu 'Having an Affair' menjadi lagu yang paling banyak diunduh di sepanjang tahun 2011.
Namun sayangnya, kesuksesan Park Bom itu terhenti ketika dia terlibat dalam skandal penggunaan obat-obatan terlarang pada 2014. Ia pun hiatus selama beberapa waktu dari kegiatannya sebagai penyanyi.
Ia kembali tampil di televisi bersama 2NE1 di acara MAMA 2015. Lalu pada November 2016, YG mengumumkan girlband tersebut dibubarkan dan mereka merilis lagu terakhir berjudul 'Goodbye'. Park Bom pun memilih hengkang dari YG Entertainment.
Penyanyi Korea Selatan, Park Bom. Foto: Dok. YG Entertainment
Setelah keluar dari YG Entertainment, Park Bom bergabung dengan agensi D-Nation sejak Juli 2018. Kini, ia tengah menyiapkan comeback-nya setelah hampir dua tahun hiatus dari dunia hiburan Korea.
ADVERTISEMENT
Menuju comeback-nya pada 13 Maret 2019, ia telah membuat channel layanan streaming V Live dan meresmikan nama fandomnya, Bomshell.
Salah satu lagunya yang dinyanyikan dengan Sandara Park diciptakan oleh Brave Brothers yang berjudul 'Spring'.
Dalam sebuah wawancara dengan XSportsNews, produser terkenal itu mengungkapkan rincian tentang lagu barunya untuk Park Bom.
Dia menggambarkan lagu itu sebagai trek mid-tempo R&B yang akan menghadirkan Bom yang berbeda. Dia juga mengatakan, sejauh ini, 'Spring' adalah lagu terbaik yang dia buat untuk penyanyi wanita.
Sudah siap menantikan comeback solo Park Bom?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan