kumparan
2 Jul 2019 17:33 WIB

K-Profile: Perjalanan Karier Aktris Korea Selatan Jeon Mi Sun

Jeon Mi Sun Foto: Berbagai sumber
Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan, salah satu aktris berbakatnya, Jeon Mi Sun, ditemukan tewas pada Sabtu (29/6). Dia diduga meninggal karena bunuh diri di kamar mandi hotel di daerah Jeonju, Jeolla Utara.
ADVERTISEMENT
Sepanjang kariernya, Jeon Mi Sun dikenal sebagai salah satu aktris berbakat. Ia banyak menerima penghargaan atas kemampuan aktingnya yang sudah diakui banyak pihak. Yang menarik, Jeon Mi Sun kerap memerankan karakter seorang ibu dalam tayangan drama.
Jeon Mi Sun pertama kali muncul di televisi saat masih berusia 16 tahun pada 1986, dalam siaran televisi MBC, 'MBC Best Theater 'What Is Santa Claus?''
Sejak saat itu, Mi Sun muda pun mulai berperan di beberapa drama seperti 'Land', 'Encounter', 'Country Diaries', 'Years of Ambition', 'West Wind', hingga 'Eyes of Dawn'.
Video
Tidak hanya berakting di layar kaca, pada 1990, aktris kelahiran 1970 ini mulai melebarkan karier aktingnya dengan bermain film. Debut aktingnya di layar lebar adalah lewat film 'Well, Let's Look at the Sky Sometimes' yang dirilis pada 1990. Di film tersebut, dia berperan sebagai karakter Eun Kyung.
ADVERTISEMENT
Tawaran demi tawaran untuk bermain seni peran diterima Mi Sun. Ia juga semakin sering mengerjakan proyek film. Salah satu film yang membawanya ke puncak karier ialah 'Sado Sade Impotence' (1994). Berkat aktingnya di film tersebut, dia mendapatkan penghargaan 'Best New Actress' dari '17th Golden Cinematography Awards'.
Video
Meski usianya tak lagi muda, Jeon Mi Sun tetap membuktikan eksistensinya di dunia seni peran Korea Selatan. Dia pun beberapa kali berperan di drama-drama populer seperti 'The Moon Embracing The Sun', 'Who Are You: School 2015', 'Reply 1988', 'Love in the Moonlight', 'Andante', 'Six Flying Dragon', dan drama terakhirnya sebelum meninggal ialah 'He Is Psychometric'.
Jeon Mi Sun juga tetap eksis menelurkan karya lewat film-film berkualitas. Bahkan dia sukses memerankan karakter Min Ji dalam film bergenre misteri 'Hide and Sake' (2013). Dia berhasil memboyong dua penghargaan sekaligus, yakni 'Excellence Award, Actress in Film' dan 'Best Supporting Actress'.
ADVERTISEMENT
Salah satu film terbaru yang ia bintangi adalah 'The King's Letters', dan belum dirilis. Film ini berkisah soal sejarah Raja Sejong yang berusaha membuat alfabet atau hangul untuk rakyat Korea. Dalam film yang jadi karya terakhirnya ini, Jeon Mi Sun memerankan karakter Queen Sohun. Film ini dijadwalkan rilis pada 24 Juli mendatang.
Video
Selain aktif berakting di televisi dan juga film, Mi Sun juga pernah mengerjakan dua proyek teater. Proyek teater pertama yang ia perankan berjudul 'No Suicides Allowed in Spring' (2009), dan 'Our Mother, 3 Days and 2 Nights'.
Diketahui, kunjungan Jeon Mi Sun ke Jeonju sebelum kematiannya adalah dalam rangka penampilan teater 'Our Mother, 3 Days and 2 Nights'. Dalam karya tersebut, dia berperan sebagai anak perempuan bernama Mi Young.
ADVERTISEMENT
Nahas, sang aktris justru ditemukan tewas bunuh diri. Meski meninggal dengan cara yang tragis, namun karya-karya Jeon Mi Sun tetap dikenang oleh publik Korea Selatan, dan para penggemar drama Korea.
Selamat jalan Jeon Mi Sun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·